RICO DKK DI GANGGA CUP I, RA UMUM MENANG TERUS

ANIS MERAH RA UMUM

Terus Naik Perfomanya, Siap Unjuk Gigi ke Borobudur Cup dan Tugu Muda Cup 2

Ada hal baru yang tampak dari anis merah Ra Umum dalam beberapa penampilan terakhir. Yang jelas terlihat, sangkar yang berubah ke warna putih. Selain itu, ada sedikit perubahan pakan dan seting.

Hal ini disampaikan oleh sang mekanik andalan Robert Pantau, Rico. Ide menggunakan sangkar baru, diakui datang dari Rico sendiri. “Soalnya karena bos punya sangkar baru, jadi ya coba saya pakai. Setelah dicoba dan dicermati, tampak auranya masih kuat yang lama. Jadi, ada rencana balik lagi ke yang lama saja.”

Selain perubahan sangkar, hal yang tak terlihat secara langsung oleh kebanyakan kicaumania, Rico juga sudah mencoba mengubah pakan berikut rawatan harian hingga setingan lomba. Ia mencampur antara Tory Daily dan Tory Fighter.

“Sebelumnya sudah saya coba pada burung lain dulu. Setelah konsisten memberikan efek yang bagus, seperti kotoran konsisten kecil-kecil dan kering, bulu lebih mulus dan gilap, dan lebih penting adalah lebih rajin berkicau, suara lebih jernih dan lebih keras, tidak gampang lelah, saya pun mulai berani memberikan pada Ra Umum,” imbuh Rico.

 

TORY, pakan premium untuk Anda yang benar-benar menyayangi burungnya, menyediakan varian sesuai kebutuhan. Merapat ke kios burung terdekat atau hubungi agen dengan KLIK DI SINI

 

Tentu tidak secara frontal. Rico memberikan secara perlahan-lahan. Mulanya untuk harian, diberikan Tory Daily dengan porsi campuran lebih sedikit dari pakan sebelumnya. Setelah proses adaptasi mulai berjalan, porsi terus ditingkatkan.

Setelah itu, Tory Fighter mulai diberikan ketika hendak lomba. Porsi jangkrik dikurangi, tapi tetap ada, Rico tak berani menghilangkannya secara total. “Jangkrik, kroto, itu sudah jadi kebiasaan menjelang lomba yang disukai. Kalau untuk hal-hal yang disukai, ya tetap kita berikan meski jumlahnya lebih kecil.”

Dari dua kali penampilan mulai di event Malioboro Vaganza dan Gangga Cup I, terlihat sudah ada peningkatan. “Dari prestasi juga meningkat drastis, awalnya juara 1 dan 3, lalu menjadi 1, 1, dan 3.”

 

SESI ANIS MERAH MULAI MERIAH TERUS

 

Diakui Rico, dari sesi yang sudah diikuti, sempat ada momen terlambat tampil, juga ada momen berhenti di tengah jalan. “Itu hal lumrah. Insya Allah sudah ketemu masalahnya, optimis di gelaran berikutnya sudah bisa tampil lebih optimal,” harap Rico.

Sudah beberapa tahun belakangan ini, Ra Umum jadi salah satu anis merah yang disegani. Juara tak terhirung, dari mulai event lokal, regional, hingga nasional. Juara juga diraih secara lintas blok, bahkan juga sampai menyeberang ke Bali, yang dikenal sebagai pusatnya anis merah tanah air.

Ada beberapa pihak yang mengkritik Ra Umum, gaya telernya dianggap kurang pules. Namun Ra Umum juga memiliki keunggulan yang tak bisa ditolak, yaitu pada power atau volume dan materi lagu. Pada penampilan terbaiknya, semua mengakui bila Ra Umum memang punya nilai lebih pada sisi power dan materi lagu, yang secara pakem berpeluang mengalahkan burung yang lebih mengandalkan pada gaya.

 

KATA KUNCI: anis merah ra umum borobudur cup tugu muda cup 2 robert pantau rico tory premium bird food

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp