SEBAGIAN PENGURUS AJS BERSAMA MANAJEMEN TOPSONG

ALIANSI JALUR SUKSES KLATEN

Arisan Unik Ala Peternak Burung Klaten

 

 

 

 

Para perternak di Klaten memiliki kegiatan rutin arisan yang cukup unik. Iurannya bukan pakai uang tunai, tapi pakai burung hasil breeding. Namanya Aliansi Jaluar Sukses, AJS. Anggota 300an orang, 140 di antaranya aktif dalam pertemuan rutin.

Sebulan sekali atau secara periodik saat digelar pertemuan, tiap anggota menyetorkan satu ekor jalak suren. Kemudian diundi untuk 7 orang setiap putaran. Dengan demikan, satu orang akan mendapatkan 20 ekor jalak suren.

Sugiyarto, salah satu tokoh peternak di Klaten mengungkapkan, AJS  sudah berlangsung cukup lama dan terbukti membuat para peternak bisa lebih terangkat.

“Ini bukan sekadar arisan atau kumpul-kumpul. Organisasi ini membuat kami jadi lebih merasa punya banyak saudara senasib, jadi rumah besar untuk saling berbagi pengalaman, apakah itu kaitannya dengan teknis, pemasaran, atau bila ada hal-hal baru yang bisa membuat wawasan kami semakin luas dan bertambah.”

Sugiyarto sendiri beternak beragam burung, mulai jalak bali, jalak putih, jalak suren, hingga murai batu. Selain itu, Sugiyarto juga menampung dan berdagang burung-burung hasil breeding, baik jenis yang disebutkan di atas, juga jenis lain seperti cucakrawa.

Di Klaten, sebagian besar adalah peternak jalak suren, selain banyak pula peternak jalak Bali, jalak Putih, Cucak Rawa, Murai Batu, Love bird, hingga Kenari. Bahkan jenis burung seperti pleci yang penggemar lombanya makan banyak, juga sudah ada yang berhasil diternak.

Khusus peternak aneka jalak, jumlah diperkirakan mencapai ribuan. “Kalau yang satu rumah punya kisaran 5 kandang, saya kira jumlahnya bisa ribuan. Sebagian juga berprofesi seperti saya, selain beternak beragam jenis burung, juga menjadi pengepul atau berdagang juga,” ujar Sugiyarto.

 

ANGGOTA AJS YAGN MENDAPAT ARISAN SEDANG MENGAMBIL BURUNG

 

Perputaran anakan burung hasil breeding di Klaten juga sangat unik. Di tempat lain, anakan burung baru beredar atau dijulan setelah usia bisa nangkring / berdiri dan makan sendiri. Di klaten, piyik indil yang baru netas umur sehari, sudah banyak yang menampung bahkan diburu.

Dengan jumlah breeder yang tak hanya ratusan tapi juga bisa mencapai ribuan, sudah barang tentu kebutuhan pokok para peternak juga cukup besar, seperti pakan utama voer, pakan tambahan atau EF jangkrik, obatan-obatan untuk berjaga bila burung sakit, dan lainnya. (bersambung)

MEMBUTUHKAN INFORMASI LEBIH DETIL TERKAIT PARA PENANGKAR DI KLATEN, silakan hubungi Suigyarto HP/WA 0857.2939.5580, 0813.2935.4288 (IJIN TANGKAR No. SK 1068/IV.K.16/KKN/2013) 

 

ASINAN HALUS. MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TERNAK, MENGHINDARKAN CACAT PADA PIYIK. COCOK UNTUK INDUKAN DAN ANAKAN. HOTLINE 0813.2941.0510

KATA KUNCI: ajs klaten aliansi jalur sukses arisan unik peternak burung klaten

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp