SUGIYARTO DI DEPAN KANDANG

ALIANSI JALUR SUKSES KLATEN #2

Hari Raya Jangkrik Sulit dan Mahal, Untung Breeder Sugiyarto Tahu Solusinya

 

 

Bagi para peternak, jangkrik termasuk kebutuhan pokok. Ketergantungan pada serangga yang satu ini cukup besar. Sayangnya, ada masa-masa tertentu harganya mahal bahkan kadang menghilang.

Bagi para penghobi terutama pelomba, harga tinggi munkgin bukan terlalu masalah selagi barangnya ada dan bisa dibeli. “Bagi penghobi semahal apa pun akan dicari dan dibeli, kalau memang diperlukan. Lain lagi bagi kami para peternak, setiap ada tambahan biaya selalu menjadi hal yang rumit,” jelas Sugiyarto, salah satu peternak Jalak Suren, Jalak Putih, Jalak Bali, juga murai batu asal Klaten, Jawa Tengah.

 

JANGKRIK, MASIH JADI KEBUTUHAN POKOK BANYAK BREEDER

 

Kalau harga naik, tentu akan berpengaruh pada biaya produksi. Sementara harga anakan, belum tentu bisa naik. Kalau kejadiannya seperti itu, para breeder jelas merugi. Bahkan menjelang hari raya dan beberapa saat setelahnya, pasar anakan burung hasil breeding juga ikut melesu.

“Jadi, kalau para penghobi, biaya mahal juga disadari, kan mereka tidak sepenuhnya hidup dari situ. Hal berbeda bagi para breeder, mungkin ada yang separuh hobi, tapi seperti kami itu kan memang hampir sepenuhnya untuk mata pencaharian, cari makan di situ. Kalau rugi, tidak ada penghasilan. Kalau terlalu lama tidak ada penghasilan, ya masalah kan,” imbuhnya.

 

INDUK JALAK SUREN

 

Ada masa-masa tertentu jangkrik sulit dicari, atau ada, tapi harganya melonjak. Misalnya saat-saat hari raya seperti sekarang ini. Barang ada, tapi harganya naik selangit. “Dulu, di saat seperti ini kami mengurangi porsi jangkrik, dengan risiko produktivitas juga menurun.”

Ada juga masa-masa jangkrik benar-benar sulit dicari. “Kalau langka, harga jelas naik. Tapi barang dicari memang benar-benar sulit. Itu pas masa pagebluk, jadi memang ada masalah di para peternak jangkriknya, banyak mati dari sananya. Kadang dari telur banyak gagal menetas, atau belum sampai panen sudah banyak yang mati.”

 

TOPSONG FOR BREEDING KEMASAN 1 KG, LEBIH EKONOMIS KETIMBANG PAKAN CURAH

 

Lebaran tahun ini, seperti rutinitas sebelumnya, harga jangkrik juga melonjak. Sugiyarto dan kawan-kawan juga banyak mengurangi porsi jangkrik. “Bedanya, sekarang tak lagi resah. Sebab, produktivitas tetap bagus, bisa dikatakan tidak ada perbedaan mencolok dengan jangkrik penuh dan jangkrik porsi pahe,” jelasnya sambil tersenyum.

Ternyata, Sugiyarto dan kawan-kawan mulai menerapkan apa yang didapat dari pertemuan/arisan Aliansi Jalur Sukses pada 15 Mei yang lalu. Waktu itu, ada pengisi dari luar seperti dokter hewan Trio Ahmad Muzakky, ada juga Ir. Toni dan Paulus Slamet Harto Moelyono dari Topsong.

 

INDUK JALAK PUTIH

 

“Sebelum pertemuan itu, kami sering mengalami masalah pada piyik. Kami melaporkan, terus bersama pabrikan mengadakan semacam pantauan. Kesimpulannya, kenapa piyik jadi sering bermasalah, ternyata karena pakan.”

Maksudnya? “Jadi sebelum ini kami di Klaten terbiasa memakai pakan voer yang punya kandungan protein tinggi untuk pertumbuhan, yang aslinya dibuat untuk anak ayam. Dulu sepertinya tidak pernah ada masalah. Belakangan kok muncul masalah, ternyata produk yang sekarang masih ada butiran jagung yang cukup besar, kasar, bahkan cenderung tajam. Nah, kita menyimpulkan di situ sumber masalahnya.”

 

VOER TOPSONG FOR BREEDING, COCOK UNTUK INDUKAN DAN ANAKAN

 

Dari situ lalu baru terbuka, para breeder baru tahu ternyata Topsong punya produk Topsong For Breeding. Bentuknya pelet kecil dan solid.

“Tapi kalau untuk lolohan, kita lunakkan dengan air, ternyata sangat halus, tidak terasa ada butiran kasar. Kandungan nutrisinya ternyata juga bagus seimbang. Kami peternak melihat dari efeknya saja, piyik tampak sehat, cepat bongsor. Buat indukan, menurut saya malah jadi lebih irit ketimbang voer yang lama. Kenapa, karena seperti dimakan semua, tidak ada yang terbuang. Jadi takaran dengan voer yang dulu malah lebih sedikit.”

 

INDUK JALAK BALI

 

Hal yang membuat lebih hemat lagi, ternyata di saat jangkrik sulit dan mahal, saat porsi jangkrik dikurangi separuhnya bahkan lebih banyak lagi, produktivitas tetap bagus seperti sedia kala. “Bahkan saya mencoba beberapa kandang benar-benar full voer tanpa jangkrik, hasilnya ternyata tetap bagus. Hanya saja karena terbiasa ngasih jangkrik, kadang ada rasa tak tega, jadi tak berani berlama-lama, meski sedikit akhirnya kita kasih secara berkala.”

Sesungguhnya cerita yang sama juga pernah disampaikan oleh Andri Kotagede, Yogyakarta, salah satu breeder cucak rawa kawakan. Andri punya puluhan kandang cucakrawa, selain sekarang juga jadi pengepul anakan hasil breeding baik cucakrawa, juga jalak bali dan jenis burung lainnya.

 

LOLOH BABY, TOPSONG FOR BREEDING DIBASAHI, HALUS & LEMBUT

 

MEMBUTUHKAN INFORMASI LEBIH DETIL TERKAIT BREEDING DI KLATEN atau produk TOPSONG for Breeding, silakan hubungi Suigyarto HP/WA 0857.2939.5580, 0813.2935.4288 (IJIN TANGKAR No. SK 1068/IV.K.16/KKN/2013).

HOTLINE TOPSONG For Breeding/ Topgrit for breeding, 0813.2941.0510

 

TERKAIT:

ALIANSI JALUR SUKSES, ARISAN UNIK PARA PETERNAK KLATEN, KLIK DI SINI 

 

ASINAN HALUS, COCOK UNTUK INDUKAN, ANAKAN, DAN BURUNG LOMBA. HINDARKAN CACAT PADA ANAK

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: aliansi jalur sukses klaten

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp