LB JANTAN IPIN & PRESTASINYA

AHMAD ROIS K

Begini Cara Tampilkan Love Bird Jantan Untuk Lomba Ngekek

 

 

Sebagian besar petarung adalah love bird betina, karena dianggap lebih fighter. Belakangan banyak muncul juara dari jenis jantan, bahkan beberapa di antaranya konslet. Ahmad Rois Kurniawan dari BCB SF berbagi tips seting love bird jantan untuk lomba.

Love bird merupakan burung paruh bengkok yang berasal dari benua Afrika. Burung koloni yang biasanya memiliki kelompok-kelompok tertentu pada habitat liarnya.

Di Indonesia, love bird mulai digemari, mulai dari masalah breeding sampai burung lombaan. Penggemar terbanyak dan “merakyat” saat ini adalah pada kelompok suara, atau biasa disebut sebagai love bird ngekek.

Dengan gaya nyeklek dan ngekek ini membuat orang-orang jatuh hati bermain love bird. Belakangan penggemar benar-benar meningkat, hingga para kewalahan memenuhi keinginan para love bird mania.

Hampir semua gantangan perlombaan, love bird full peserta. Banyak yang diturunkan sampai beberapa kelas. Sebagian yang dimainkan adalah love bird betina, karena dianggap lebih fighter, juga lebih muda merawat dan menyetel untuk lomba.

Bagaimana dengan love bird jantan? Apakah burung love bird jantan tidak bisa dibuat untuk lomba? Tentunya sangat bisa. Memang ada sedikit kesulitan dalam menstabilkan birahi love bird jantan kaitannya dengan lomba.

Susahnya menyeting burung jantan ini kerap membuat pemain love bird putus asa dan akhirnya pindah ke love bird betina yang lebih mudah perawatannya.

Banyak para pemain yang geram ketika bermain love bird jantan. Misalnya punya burung dengan durasi tergolong panjang, tetapi saat digantang tidak bekerja, hanya turun ke bawah, atau sering disebut “ngepel”, gigit ruji, ngering, dan yang terparah gesek pangkringan “gespang”. Hal ini memicu sebagian pemain menjadi malas.  

Berikut ini tips dan trik sederhana dalam merawat love bird jantan, sebagaimana dibagikan oleh Ahmad Rois Kurniawan, melalui burungnews.com. Ahmad Rois sebelumnya sudah sukses mengorbitkan Ipin.

 

  1. Mental dan Trah

Dalam memilih burung juga harus diperhatikan, mungkin hal ini bisa berguna 80% : 20%. Artinya jika anda memilih burung trah, 80% akan membentuk mental yang baik juga dibandingkan burung biasa. Namun, bukan berarti burung biasa tidak memiliki potensi.

 

  1. Selalu atukan dengan pasangannya

Cara kedua ini dilakukan agar burung tetap stabil dengan birahinya, karena burung love bird jantan lebih mudah naik birahinya, dan sulit untuk diturunkan jika tidak dipasangkan. Jadi ketika burung love bird jantan Anda birahi, jangan dipaksakan dengan cara-cara yang tidak masuk diakal.

 

  1. Penjemuran

Penjemuran ini dilakukan dengan pasangannya, jadi bukan dipisah-pisah. Tetap dalam satu kandang box, agar tetap bisa bergerak bebas dibanding kurungan kapsul.

 

  1. Pakan

Pakan harian cukup milet putih, tidak diberi campuran apa pun apalagi dicampur canaryseed, hanya sekadar milet putih polos yang sudah disterilkan (cuci, jemur, dan sangrai).

Untuk extra foodingnya tetap memkai jagung dan kangkung, dengan pemberian seling 2:1. Perbandingannya adalah jagung setiap hari senis, selasa, kangkung hari rabu, kemudian lanjut jagung lagi, dan begitu seterusnya sampai H-1 sebelum lomba.

Tujuannya agar nutrisi tetap terjaga, jangan sampai gara-gara lomba anda menurunkan makanan dan vitamin sesuka hati, karena makhluk hidup juga butuh nutrisi layaknya manusia.

 

  1. Mandi

Burung love bird jantan dimandikan tiap pagi saja, bersama pasangannya tetap dalam box tanpa glodok. Pemandian dilakukan sampai basah kuyup, setelah dijemur kurang lebih sampai 2 jam. Setelah dijemur baru dimandikan, lalu diangin-anginkan dibawah atau dicantolkan ditembok.

 

  1. Kesabaran

Kunci yang terakhir ini adalah dasar dari segala kunci, karena burung love bird susah-susah gampang, ketika anda sudah menyerah diawal, maka terus dan terus anda akan gagal, maka dari itu diperlukan keuletan dan kesabaran dalam menghadapi love bird jantan.

 

Dari trik diatas tinggal memadukan dengan karakter burung, jadi untuk pemilik harus mengetahui karakter burungnya juga. Anda harus menyatu dengan love bird kesayangan anda agar bisa mengerti bagaimana kondisi atau istilahnya “feeling” dalam perlombaan.

Trik di atas sangat berguna bagi anda yang sibuk bekerja dan hanya ada waktu luang dihari-hari weekend. Terbukti trik di atas dapat membawa love bird “Ipin” koncer di lapangan.

Bahkan “Ipin” dipental dari box pada saat hari H di pagi hari, lalu dimandikan basah, dianginkan, diberi EF jagung (opsional) jika birahinya stabil tidak usah, lalu krodong sampai arena perlombaan tidak dibuka sama sekali, kecuali untuk membersihkan kotoran dan mengambil pakan.

Ingin kenal lebih dekat dan berbagi pengalaman dengan Ahmad Rois, bisa kontak via WA 085736764681 

Sebagai catatan tambahan dari burungnews.com, sejumlah love bird papan atas ternyata juga berkelamin jantan. Sebut saja Awe We, Sarap, Candy, dan Arnold. Ada kesamaan dalam hal perawatan antara yang dipaparkan oleh Ahmad Rois dengan ketiga love bird ini, yaitu hariannya selalu bersama dengan pasangannya di kandang glodok.

Beberapa hal juga bisa dilakukan bila jagoan love bird Anda kurang gacor, kurang fighter, atau bahkan macet. Anda bisa mencobanya dengan memberikan asupan Moncer1.

Untuk tahap awal bila sebelumnya belum pernah memakai, bisa diberikan rutin selama seminggu dulu, barulah setelah kondisi pulih, diberikan hanya beberapa hari menjelang hari H, hingga pagi hari di hari H bila dianggap perlu. Cara ini sejalan dengan yang selalu diajarkan oleh H. Sigit WMP terkait dengan penampilan Kusumo.

 

KATA KUNCI: ahmad rois k ipin

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp