ADY BERADA DI DEPAN KANDANG BREEDING MURAI BATUNYA


ADY BIRD FARM JOMBANG: Tinggalkan Bidang Pertanian, Sukses Berternak Murai Batu

Jombang boleh dibilang gudangnya burung kicau dan love bird. Banyak gaco bermunculan di kota ini hingga membuat big bos luar kota kepincut untuk datang. Satu di antaranya adalah Ady Bird Farm yang sukses menangkarkan murai batu hingga rela meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai petani.

Ady Bird, begitu ia biasa disapa adalah pemain burung lawas dan juga peternak kondang murai batu asal Jombang. Ady Bird mengaku berkarier di bidang penangkaran burung sejak 2000. Namun, pada saat itu masih bergelut di burung perkutut. Ia juga sempat mengisi kandangnya dengan kacer, dan baru pada 2003, murai batu masuk ke kandang breedingnya.

 

 

 

Sebelum benar-benar menekuni breeding murai batu, Ady Bird mengaku sempat menjalani pekerjaan sebagai seorang petani. Ia menyukai burung sejak kecil. Hobinya itu terbawa oleh kebiasaan orangtuanya yang pada waktu itu gemar memelihara branjangan. Pada waktu masih kecil, Ady sudah terbiasa meloloh burung sehingga baginya dunia breeding burung tidak asing lagi.  

“Setelah bertahun–tahun lamanya saya menggeluti dunia ternak burung, mulai 2000 perkutut sampai 2001, dilanjut membuat penangkaran burung kacer dan dicampur dengan murai batu sampai 2010, pada 2010 kacer dan indukan murai batu pun dijual semua dan diganti dengan produkan murai batu yang kualitasnya nomer satu hingga meraih sukses seperti  sekarang ini,” kisah Ady.

 

INDUKAN MURAI BATU JUARA YANG MASUK KANDANG ADY BF

 

Ditemui Burungnews.com di rumahnya yang berada di Desa Tamping  Mojo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Ady menjelaskan jika saat ini ia memiliki 25 kandang indukan yang isi semua. Ia pun masih mencoba membangun penangkaran lagi dengan mendatangkan indukan trah juara. Baik itu untuk jantannya atau atau betinanya.

Dari tangan dingin Ady ini ia berhasil mengorbitkan murai batu yang cukup terkenal di antaranya Cendono, Bogel, Tni jr, Trisula, dll. “Sampai saat ini pesanan masih begitu banyak, tidak hanya dari Jawa, namun sampai seluruh Indonesia. Belum lama ini kami juga kirim trotol murai ke NTT,” kisah Ady.

 

TROTOLAN DARI KANDANG ADY BF, CUKUP PRODUKTIF

 

Kesuksesan Ady dalam menangkarkan murai batu bukan tanpa kendala. Hal itu terjadi di awal-awal mulai melakukan breeding dulu. Namun, berkat kesabaran dan ketekunannya, ia pun akhirnya berhasil dan sukses hingga saat ini.

“Stok trotolan ada banyak, namun untuk trotolan yang dari indukan tertentu, mesti pesan dulu,” pungkas Ady yang juga dikenal sebagai pemain burung cukup lawas tersebut.

Bagi Anda para breeder, ada kabar baik, Twister produk pakan burung dengan jaminan kualitas yang selalu dijaga, sudah mengeluarkan produk baru untuk meloloh piyik / trotol, yaitu Twister Trotol. Sudah banyak yang mencoba dan mengaku cocok, piyik jadi sehat, tidak mudah sakit apalagi sampai mati, cepat besar, juga kelak cepat bunyi, suaranya lebih jernih dengan volume yang keras, lebih cerdas atau mudah dimaster. [ANGGA]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

BERBAGI TIPS MEMBERIKAN LOLOHAN UNTUK TROTOL:

 

ADY DAN TROPI JUARANYA, CUKUP BANYAK

 

SALAH SATU SUDUT KANDANG BREEDING ADY BF JOMBANG

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: ady bird farm jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp