ADEEN SYAH GEMBIERA SF MOJOKERTO

ADEEN SYAH GEMBIRA SF & CH KAWI

Pemula yang Naik Daun, Apa Rahasianya?

Mulai eksis di pentas kicauan sejak bulan Mei 2017, nama Adeen Syah langsung melambung. Meski pemula, ia punya gaco fenomenal, cucak hijau Kawi yang mengoleksi puluhan prestasi papan atas. Apa saja rahasia perawatan Kawi?

Petarung hebat, hiper, ngerol di satu titik, bulu kepala jegrik, sayap ngentrok, vokal mantab, lagu roll tembak dengan isian gereja tarung, cililin, kapas tembak dan srindit, adalah gambaran kehebatan Kawi, cucak hijau andalan Adeen Syah dari Mojokerto yang bergabung dengan Gembiera SF dari Mojokerto.

 

 

CUCAK HIJAU KAWI

 

Koleksi prestasi Kawi pun bukan cap tarkam atau latber antar kampung melulu. Sejumlah even bergengsi di Mojokerto dan Jombang dijajaki dengan hasil mengagumkan. Kawi juga pernah menjajaki even akbar di Blok Tengah, Kapolres Cup Salatiga. "Di Salatiga hanya mampu meraih juara sembilan. Tapi saya sangat puas," cetusnya.

Sekitar bulan Agustus tahun lalu, Kawi mabung dan tuntas pada bulan September. Lumayan singkat proses mabungnya. 24 September dicoba turun di Kontes Prestasi BNR Mojokerto. Di kelas A dapat juara tiga dan kelas B dapat juara dua. "Performa Kawi lebih stabil setelah mabung sekitar bulan September tahun lalu. Prestasinya pun makin mantap di papan atas," ungkap Adeen Syah yang tinggal di Lawangasri, Puri, Mojokerto.


 

JANGKRIK SUMBER NUTRISI? TIDAK ADA SEDIKITPUN KERAGUAN. Tapi ingat, kalau tidak hati-hati, jangkrik juga bisa jadi agen penyakit. Pastikan jangkrik yang diberikan ke burung Anda selalu yang sehat, segar, dan bersih. Hindari berikan jangkrik yang terlihat lemas, berjamur, dan semacamnya.

Disarankan tidak memberikan jangkrik yang baru dibeli secara langsung. Karantina dulu 1-2 hari dengan media yang bersih, berikan pakan yang bersih pula, bebas dari residu kimia.

Kini juga tersedia pakan khusus jangkrik dengan kandungan nutrisi terstandar, juga mampu menetralkan zat-zat beracun yang mungkin saja terdapat dalam tubuh jangkrik. Bukankah kita tak pernah tahu persis media dan pakan yang diberikan sebelum kita beli?

 

Meskipun aksinya hebat, tongkrongannya juga mantab, perawatan Kawi tidak terlalu ribet. Untuk ekstrafooding atau EF hanya pakai jangkrik. Pagi dua ekor dan sore dua ekor. Mandi hanya pada pagi hari pakai cepuk dan penjemuran hanya sejam. "Kawi tidak pernah pakai tenggaran atau kandang umbaran. Perawatan harian dan sebelum lomba tidak ada yang beda. Sama setiap hari," bebernya.

Namun, Adeen menggarisbawahi, untuk rawatan di lapangan ada yang khusus. Begitu masuk area lapangan lomba, Kawi tidak boleh diletakkan dekan dengan gaco cucak hijau lain. Karena Kawi tipenya hiper, begitu dengar suara cucak hijau lain langsung beraksi.

 

SIAP MENGULANG SUKSES DI HARMONI CUP KEDIRI, 4 FEBRUARI

 

"Kalau dibiarkan, tenaganya terforsir sebelum turun lomba. Performanya gembos dan tidak mau bongkar lagu isian dahsyat. Intinya, Kawi tidak perlu cas," kata Adeen yang akan menurunkan Kawi di even Harmoni Cup Kediri pada 4 Februari mendatang.

Untuk menunjang performa, Kawi diberi tambahan jangkrik dua ekor sebelum digantang. "Untuk menjaga penampilannya, Kawi saya beri dua ekor jangkrik 3 sesi sebelum naik," sambungnya Adeen Syah sembari menerangkan kalau Kawi ini adalah hibahan dari temannya yang tinggal di Gunung Kawi. Karena itu, gaco andalannya ini diberi nama Kawi yang identik dengan arti penyair.

 

CATATAN PRESTASI CUCAK HIJAU KAWI ANDALAN ADEEN SYAH

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp