RONALD & ACHUN (KANAN), SIAP RAMAIKAN LAGI ANIS MERAH (dok. AGROBUR)

ACHUN OWEN #1

Anis Merah Dirgayu & Tjaplok Siap Panaskan Piala Pandawa Sakti

 

 

Achun Owen adalah tokoh lawas yang cukup melegenda, demikian pula dengan sejumlah jago-jago anis merahnya. Sejumlah even legendaris juga pernah digelar di Jakarta. Sempat menepi bertapa, kini sudah kembali dan langsung menggairahkan kelas anis merah.

Di 3 Star Semarang pada 6 Agustus yang lalu, Achun juga menyempatkan datang. Ronald sang putra datang lebih dahulu untuk mengawal dan menyiapkan jagoannya anis merah Dirgahayu.

Dirgahayu kemudian tampil sangat fantastis di sesi kedua, dan meraih koncer A mutlak. Gaya telernya memang benar-benar menawan, membuang habis sampai ujung kanan-kiri pangkringan, sementara kepalanya ditekuk sampai di bawah pangkringan.

 

 

Pada 20 Agustus yang lalu, Achun kembali turun di “kandang macan” anis merah, di even gelaran Oriq di Bandung. Jagonya, Tjaplok menang dan langsung membuat heboh dunia persilatan anis merah.

“Menang anis merah di Bandung selalu membanggakan. Musuhnya tidak sembarangan. Burung asal tampil bagus saja belum cukup untuk jadi juara, harus diimbangi dengan kualitas dan materi yang mumpuni,” jelas Achun.

 

 

Bukankah Tjaplok adalah salah satu jagoan anis merah milik Achun di jaman dulu yang melegenda? Ya, Anda betul. Yang menang di Bandung adalah jago baru yang di-take over dari Nanang PLN setahun lalu. Aslinya bernama Singo Edan, dua tahun lalu sempat hatrik di Plaza Cup Semarang.

“Sengaja dikasih nama baru Tjaplok, untuk mengingatkan pada legenda jaman dulu. Nama itu kan doa, sekalian untuk memberikan semangat agar bisa seperti Tjaplok,” imbuh Achun.

 

 

Baik di Semarang maupun Bandung, anis merah sudah menampakkan kesemarakkan. Hal yang membuat Achun semakin bersemangat. Meskipun Achun juga memiliki sejumlah jago dari jenis burung lainnya, anis merah tetaplah dipandang sebagai burung fantastis dan paling jadi favoritnya.

“Selain lagunya paling indah, didukung gaya, juga tantangannya. Secara lomba menurut saya juga paling fair, karena paling kelihatan, tidak bisa dicuri lah bagi kita-kita yang tahu. Kalau sampai ada juri mencoba main-main, yakinlah itu pasti ketahuan.”

Tantangan yang dimaksud, banyak orang bilang menampilkan anis merah itu sulit. Padahal bagi Achun, tidak ada masalah. “Bahwa namanya burung itu bukan mesin, ada kalanya kurang, ada kalanya tidak mau, ya itu bagian dari seni dan tantangan anis merah. Tapi prinsip menampilkan anis saya kira tidak susah. Bahkan dari melihat tongkrongannya saja, kita sudah bisa menerka ini burung punya bakat juara apa tidak.”

 

 

Achun pun membuktikan ucapan di atas saat membeli Dirgahayu dan Singo Edan. Dirgahayu aslinya bernama Didrgantara, milik orang Cianjur. Achun membelinya saat kondisi ngurak.

Akan halnya Singo Edan, setahun lalu dibawa pulang malah dalam kondisi rusak. Ngurak saja belum mau. Dua jago yang sedang tidak kondisi itu dibeli Achun dengan merogoh kocek cukup dalam. Kalau tak yakin dengan kualitas materi, serta rasa optimis bisa menampilkan, tentu tak akan berani melakukannya.

Di tangan Achun yang setia memberikan pakan Topsong bagi jago-jagonya, lalu menjelang lomba bila diperlukan menambahkan asupan Moncer1 produksi Superkicau Grup,  keduanya terbukti mau tampil mewah lagi, hingga meraih jaura di dua even prestise.

Penasaran seperti apa mewahnya Dirgahayu dan Tjaplok alias Singo Edan? Datang saja ke Piala Pandawa Sakti, sebelum ke Solo Vaganza Cup. Keduanya akan turun di sini, juga murai batu Bintang Jogja yang masih tinggal di Jogja.

Bukan sekadar menarungkan burung, yang sekaligus jadi ajang pemanasan menjelang Piala Raja. Achun juga ingin memantau-mantau lagi sejumlah jago dari berbagi jenis untuk menambah amunisinya, seperti di kelas campuran impor dan kenari.

Mau tahu juga bagaimana Achun akan membuat anis merah semakin menggelora, bagaimana mendeteksi anis merah dari body / tongkrongannya, merawat burung yang sedang mabung atau bahkan rusak agar mau nampil lagi, ikuti terus tulisan berikutnya di burungnews.com (bersambung)

JUARA 3 STAR SEMARANG, KLIK DI SINI

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

BROSUR PIALA PANDAWA SAKTI, KLIK DI SINI

 

 

 

KATA KUNCI: achun owen anis merah dirgahayu tjaplok murai batu bintang jogja piala pandawa sakti plaza cup semarang singo edan nanang pln anis merah dirgantara kondisi ngurak kondisi rusak

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp