TEDI. SUKSES KAWAL MB MATAHARI SAKTI

2nd ANNIVERSARY KICAU BATURAN BERSATU KLATEN, #3

Makin Stabil Pasca Mabung, Matahari Sakti Menang Beruntun dalam 3 Event Terakhir + VIDEO

Matahari Sakti (MS) adalah salah satu murai batu yang prestasinya sudah dikenal secara nasional. Jago milik Sigit KM yang kesehariannya diurus oleh Teddy BKS di Jogja ini baru saja kelar mabung, dalam 6 pekan terakhir selalu menang.

Turun pertama saat Launching BnR Langit Yogyakarta (29/11/2020). Dalam cuaca hujan nyaris sepanjang hari, MS masih mau tampil apik, hingga meraih juara 1 dan 2. Dua pekan kemudian, MS kembali turun di di Special Day Anniversary Mr. Koko Srowolan (13/12), dua kali posisi runner up.

 

 

 

Teddy mulai membawa MS main jauh ke Surabaya, event BnR - Bung Tomo Cup 3 (20/12). Di event akbar yang banyak diikuti burung papan atas khususnya dari Jawa Timur ini, MS juga mampu mencuri sekali juara 1.

Berikutnya, Teddy kembali main jauh ke Road to Delta Pandawa Sidoarjo bersama PBI (27/12). Penampilan MS makin menjadi, prestasinya pun sungguh fenomenal. Melawan jago-jago papan atas level nasional, MS sanggup meraih 3 kali juara 1 alias hatrik. Ini adalah prestasi terbaik yang diraih MS pasca mabung dan pasca libur pandemi.

Hari Minggu pertama tahun 2021, tepatnya pada 3 Januari, Teddy kembali menurunkan MS ke 2nd Anniversary Kicau Baturan Bersatu Klaten. Musuhnya juga burung-burung papan atas yang, datang dari berbagai daerah, khususnya blok tengah.

 

MB MATAHARI SAKTI KONCER A DI KELAS UTAMA MURAI BATU TAHTA

 

Hasilnya pun tidak mengecewakan. Hanya diturunkan dua kali, MS meraih juara 1 dan 2. Menurut Teddy, setelah mabung penampilannya makin bagus. Tidak hanya semakin stabil, materinya juga terus digelontorkan tanpa jeda.

“Dulu di beberapa penampilan kadang dikritik, MS lebih memukau karena gaya mainnya yang mewah, lagunya kadang tidak keluar atau lemah. Sekarang tidak lagi, saat ngerol sambil ngeplay, lagunya memberondong terus. Tanpa mengecilkan event yang lain, salah satu patokannya pas di Sidoarjo, musuhnya full, pakem penilaiannya lebih ketat, juga masih bisa mencuri 3 kali juara 1.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Seperti apa bagusnya, Anda bisa menonton dua vidio aksi di bawah artikel ini, yang diambil dari sudut berbeda, utuh tanpa editan.

Teddy optimis di sejumlah event akbar tahun 2021, MS bakal makin bersinar, termasuk di event-event akbar nasional yang penting dan dinanti-nanti kicaumania “Semoga event tahunan seperti KHI Cup IV pada 7 Februari di Taman Parkir Barat Monjali, Piala Jogja atau Valentine (14/2), Piala Jateng 2 (14/3), hingga Presiden Cup, bisa berjalan sesuai rencana di awal-awal tahun ini. Semoga event-event tersebut bisa jadi panggung bagi MS.”

Prestasi beruntun yang diukir oleh MS tak lepas dari performanya yang makin garang. “Irama lagu MS sekarang berbeda jauh, bedanya dia sekarang main lagu, kalau dulu kadang ngoklok-ngoklok sekarang dia main lagu, main nembak, panjang, dan buka paruh juga lebar, kemudian volume juga berbeda, jadi boleh dibuktikan, boleh dilihat secara langsung, mau penonton di dalem pun ya saya bersedia, nggak masalah. Boleh dilihat secara langsung perbedaannya, sudah beda banget.”

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Berbeda dengan saat pertama kali memegang MS, Teddy mengakui apabila treatmen di masa mabung menjadi kunci penampilan istimewa murai batu yang dikawalnya. “Posisi pertama kali pegang MS itu posisi bulu baru, memang dari sana kita kan nggak tahu pemasteran bagaimana, memang dia saya beli karena dilihat secara performa dan stamina burung ini memang bagus sejak awal, itu sudah bawaan, boleh dibilang dia itu burung gampang.”

Saat mabung kemarin bersamaan dengan libur pandemi, Teddy lantas mengasah kembali, ditempel masteran-masteran pilihan, kemudian perawatannya diperhatikan. "Hasilnya volume nambah, buka paruh lebar, lagu juga panjang-panjang. Kuncinya pas mabung kemarin memang, kita harus telaten kayak makan nggak boleh telat, kadang orang kan nyepelekan. Pas mabung kadang setelah dikasih voer, atau dikasih kroto terus ditinggal pergi seharian, kalau saya enggak. Bersihkan kotoran pun saya setiap hari pas mabung malahan. Karena menurut saya burung mabung seperti burung sakit jadi butuh perawatan extra. Kalau dia tenang di situ, dia pasti akan merekam atau mengkopi masteran-masteran itu bakal masuk, makanya sekarang dia beda, lagunya panjang-panjang.”

Secara umum, perawatan MS sebenarnya masih sama dengan yang dulu. Untuk asupan utama, masih menggunakan voer Topsong, ditambah dengan stelan EF seperti jangkrik.

 

TEDI. BERKAT PAKAN JANGKRIK MAXIMUM, MB MS MAKIN GARANG

 

Memang ada beberapa pembeda. Jangkrik yang baru dibeli, tidak langsung diberikan kepada burung. “Saya karantina dulu paling tidak sehari semalam, tempat jangkrik pastikan bersih dan kering. Terus jangkrik kita kasih pakan yang bersih dan sehat. Biar praktis, saya pakai pakan yang sudah dikemas dan mudah didapatkan di pasaran, Maximum,” jelasnya.

Paduan pakan utama yang selama ini dipakai, Topsong dan jangkrik yang sudah ditreatmen dengan Maximum, memang sangat bagus hasilnya. “Proses mabung jadi berjalan lancar dan sempurna. Begitu rampung, penampilannya jadi lebih bagus dari sebelumnya.”

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Tak lupa, Teddy pun memberikan saran bagi kicaumania yang hendak memberikan pakan dalam kemasan, apa pun bentuk dan mereknya. “Pertama, pastikan kemasan masih bagus, masih disegel, tidak rusak, tidak ada lubang, dan seterusnya. Perhatikan juga kode produksi dan tanggal kadalurwarsanya.”

Setelah dibuka, perhatikan isinya. “Pastikan bentuk, rupa, warna, hingga aroma tidak ada yang berubah dari sebelumnya. Kalau ada tanda-tanda tidak baik, misalnya bau atau aroma yang sudah tidak segar lagi, bisa saja karena sudah terlalu lama di tempat penjual, sebaiknya jangan diberikan baik kepada burung atau jangkrik atau hewan piaraan lainnya.”

 

 

Artinya, kalau kita benar-benar hobi dan sayang pada burung atau hewan piaraan lainnya yang bernyawa, setiap perubahan sekecil dan sedetil apa pun harus tahu. “Apakah itu pada pakannya, atau pada perilaku burung. Burung yang perilakunya berubah dari adat kebiasaannya, boleh jadi tanda-tanda kurang fit, tanda bahwa kita tidak boleh memaksakan untuk dilombakan saat itu. Kita yang sehari-hari merawat pastinya wajib tahu itu, kalau benar-benar sayang dan perhatian.”

Bila ada tanda-tanda burung (mungkin) menurun kondisinya, atau bahkan gejala awal sakit, salah satu treatmen bisa diberikan multivitamin. Teddy belakangan biasa memberikan Top Power menjelang turun gelanggang.

Para kicaumania juga melaporkan banyak yang cocok memberikan multivitamin yang sudah dipadukan dengan obat, yaitu Leman's, apalagi memasuki musim penghujan seperti saat ini. Selain menjaga kondisi burung tetap vit, juga untuk pencegahan agar penyakit selalu menjauh dari burung kita. [danu, asept, maltimbus]

 

DATA JUARA 2ND ANNIVERSARY KICAU BATURAN BERSATU KLATEN, KLIK DI SINI

 

VIDEO AKSI MURAI BATU MATAHARI SAKTI DI KELAS MURAI BATU TAHTA:

 

 VIDIO AKSI MB MATAHARI SAKTI DARI SUDUT LAIN, UTUH TANPA EDIT:

 

 

 

KATA KUNCI: 2nd anniversary kicau baturan bersatu matahari sakti sigit km tedi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp