PRATINJAU VIDIO MB LOKAL EKOR 25 CM

VIRAL DAN ISTIMEWA

Vidio Breeding Murai Batu Lokal Aceh Ekor 25 cm Up

Sebuah vidio yang diunggah melalui storyteller di grub APBN langsung mengundang perhatian. Aulia BF, si pengunggah, mengajak untuk tidak perlu repot-repot mendatangkan burung murai batu ekor panjang dari luar, kalau dari negeri sendiri tersedia dan tak kalah hebat.

Belakangan, banyak burung-burung impor ekor panjang. Banyak murai batu mania yang kemudian keranjingan dan pengin memilikinya, meskipun harganya relatif tinggi.

 

 

Pengalaman dari Suud, peternak murai sejak 2005. Buat meloloh, Twister tak perlu dicampur apa pun, piyik sehat cepat besar. Buat jago, kuat main sampai akhir penilaian, volume dan lagu bongkar. (baca SELENGKAPNYA)

Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Di sejumlah daerah, masuknya burung murai impor yang sebagian ditengarai sebagai selundupan alias legalitasnya meragukan (biasanya melalui jalur Batam, sebelum masuk ke Sumatera lalu beredar lewat jalur darat) dianggap mulai mengganggu pasaran para breeder murai batu.

Bentuk fisiknya dengan ekor menjurai panjang menjadi daya tarik utama. Secara suara, murai batu impor atau keturunannya dengan ekor panjang, hingga saat ini belum ada yang betul-betul menonjol, yang tampil bagus dan berprestasi di lapangan. Setidaknya di event-event akbar yang menjadi perhatian banyak kicaumania tanah air.

 

 

Nah inilah kelebihan murai batu lokal yang dikembangkan oleh Aulia BF dari Banda Aceh. Selain ekornya yang menjurai bisa sampai 25 centi meter up, suaranya juga tak kalah ciamik, khas murai batu Aceh yang banyak disukai.

Postingan storyteller di Grub APBN pada Senin, 6 April 2020 yang lalu pun langsung di-like ratusan orang, dan dikomentari puluhan orang lainnya. Aulia BF tercatat sudah bergabung dengan APBN.

Burungnews bisa mengambil link embed / semat yang dari postingan pribadi Aulia BF, bukan dari storyteller di grub APBN. Tetapi kontennya sama.

 

 

Merespon puluhan komentar dan pertanyaan, Aulia beberapa kali menjelaskan bila ia juga masih belajar. Salah satu yang menarik dan perlu digarisbawahi, adalah keinginan atau cita-cita untuk menjaga kelestarian spesies lokal dari kepunahan yang sudah mengancam di depan mata.

Pembalakan liar, perubahan peruntukan secara serampangan, menjadi ancaman terbesar bagi murai batu dan jenis burung lain, bahkan semua binatang dan  makhluk hidup lainnya di hutan yang seharusnya menjadi kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.

 

 

“Mumpung masih ada. Sebelum punah saya pengin jaga agar bisa ada generasi penerus, supaya anak cucu kita bisa lihat dan menikmati keberadaan murai batu yang secara tampilan maupun suara bisa begitu rancak dan mewah.”

Aulia memiliki sejumlah kandang dengan indukan ekor 25 dan 22. Dalam beberapa tahun terakhir, murai batu ekor panjang memang lagi ngetrend. Banyak yang kemudian dan keranjingan burung yang disebut-sebut dari negeri seberang.

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

“Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh, yang dalam negeri dari Aceh juga masih ada yang 22 dan 25. Burung lokal, 100 persen juga legal. Apalagi kalau belinya yang sudah hasil breeding, dapat dopel poinnya, sudah cinta negeri sendiri, juga ikut berperan menjaga kelestarian burung di alam bebas,” jelasnya.

 

 

Banyak yang menyatakan ingin meminang. Ada yang tanya harga, ada yang langsung supaya kirim ke alamatnya. Anda bisa menghubungi pemilik Aulia BF, Pelda Cahyono di telepon/WA 082143139388. "Bisa dikirim, ada ekspedisinya. Silakan inbox via facebook atau hubungi kontak telepon / WA, bisa sekalian nambah saudara," pungkasnya.

[maltimbus – 08170251279. Sumber: face book grub APBN dan akun Aulia BF)

 

Buat indukan sangat cocok, menjaga tetap sehat sekaligus menjaga produktivitas stabil. Buat campuran lolohan, anakan lebih sehat, tidak mudah mati, dan cepat bongsor. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

KATA KUNCI: aulia bf breeding murai batu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp