KENARI ONTOSENO. SETELAH JUARA DI PAKUALAM, SIAP TAMPIL DI 3 STAR

VIDEO KENARI ONTOSENO

Juara di Pakualam, Lanjut ke 3 Star Semarang

 

 

 

Zimon dikenal sebagai breeder kenari yang berhasil. Sebagian besar burung-burung yang diorbitkannya juga hasil breeding sendiri. Di Piala Pakualam Jogja, 5 Juni yang lalu misalnya, Zimon menurunkan jago kenari kecil bernama Ontoseno. Ini juga hasil breeding sendiri.

Ontoseno adalah kenari yang memiliki materi lagu blackthroat. Burung ini sempat istirahat sekitar setahun lebih, sampai akhirnya mau nampil lagi dan diturunkan di Piala Pakualam.

Setelah Piala Pakualam, Ontoseno memang belum diturunkan lagi mengingat hampir semua EO hanya membuka kelas kenari standar, sementara Ontoseno berlagu isian.

“Selain di sejumlah even yang memakai sistem Papburi, hampir semuanya hanya membuka kelas kenari standar. Hanya di PBI yang tidak pakai istilah standar, semua boleh ikut, tentu juaranya yang lagunya paling merdu. Kalau sama-sama tampil, kenari isian jelas punya peluang menang ketimbang yang hanya berlagu standar cengkok apalagi hanya standar murni,” jelas Zimon.

 

ZIMON DAN KENARI ONTOSENO. LANGGANAN JUARA DI PAPBURI, DI PBI JUARA JUGA

 

Lagu Ontoseno sendiri didapat dari “gurunya” yaitu Fikher Gun, blackthroat milik Zimon DP dan kakaknya Toto Asamukti yang pernah meraih juara 1 di BnR Award, juara 2 di Piala Raja.

Hebatnya, Fikher Gun tidak hanya sangar di lapangan, tapi juga tangguh di kandang breeding. Oleh Zimon, Fikher disiapian 3 betina. Anakannya sudah tersebar dan berprestasi. Salah satunya Fikher Gun Jr yang juga mulai mencorong sinarnya.

Kedua jago Zimon ini, Ontoseno dan Figher Gun Jr, bakal diturunkan di 3 Star Semarang, 17 Juli besuk, di Asrama Zidam IV Diponegoro, sebelah Mapolres Kabupaten Semarang di kota Ungaran. Harapannya, kedua jago itu mau tampil maksimal, dan lebih memuaskan lagi bila meraih prestasi terbaik.

“Tapi sesuai tema yang diusung, meskipun saya di even besar seperti 3 Star ini hanya pemain biasa saja, tentu juga ingin bersilaturahmi dengan teman-teman kicuamania dari daerah lain, dengan para tokoh perburungan, khususnya sesama kenarimania. Kalah dan menang, sudah biasa dalam lomba.”

 

 

Soal perawatan kenari, apakah itu kenari breeding, membesarkan piyik, sampai kenari buat lomba, menurut Zimon pada dasarnya tidak jauh beda dengan yang lain.

“Yang perlu sama-sama dipahmi, burung ada siklus alamiah. Breeding ada kalanya juga butuh istirahat produksi, demikian pula burung lomba, ada masa mabung buat istirahat juga. Kadangkala masa istirahat itu bisa lebih cepat, juga bisa lebih lama dari yang kiga perkirakan. Kita jangan maksa mau produksi terus atau mau ditampilkan terus.”

Nah, mau tahu lebih banyak bagaimana merawat kenari breeding, piyik, sampai menyiapkan buat lomba, bisa kontak langsung di PIN BB 5A87AE12, HP / WA 0812.2590.7721

 

VIDEO KENARI ONTOSENO, LIHAT DI SINI

AGENDA & BROSUR LOMBA, LIHAT DI SINI

 

KATA KUNCI: kenari ontoseno isian bt zimon dp ppk1 parikesit juara 1 di piala pakualam jogja 3 star semarang isian dari bt fikher gun

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp