RONNY (KANAN) BERHASIL STABILKAN MB SUGALI DI TANGGA JUARA

THE SULTAN SPESIAL RAMADHAN – MALANG, #2

Raih Juara 1 dan 3, Begini Pola Rawatan Jaga Kestabilan MB Sugali

Tunjukkan performanya secara memukau, murai batu Sugali berhasil meraih juara 1 dan 3 pada gelaran The Sultan Spesial Ramadhan. Sederet prestasi lainnya juga cukup banyak diraih amunisi milik Ronny dari Sarikat SF ini. Rupanya, pola rawatan intens menjadi kuncinya.

Meramu gacoan agar bisa tampil secara stabil setiap kali mengikuti sebuah gelaran memanglah bukan perkara mudah. Namun yang diyakini tiap mekanik agar gacoannya bisa tampil sepertinya tak jauh berbeda yaitu selalu konsisten dan intens dalam memahami karakter burung.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Seperti halnya yang dilakukan Ronny saat merawat gaco kesayangannya murai batu Sugali. “Tidak mudah lho merawat burung agar bisa stabil performanya. Intinya sih tetap sama yaitu konsisten dan harus bisa memahami karakter burung,” buka Ronny.

Meski tergolong sederhana namun perawatan intens yang dilakukan Ronny membuahkan hasil manis. Pada gelaran The Sultan Spesial Ramadhan di arena The Sultan, Malang hari Minggu (17/04), Sugali tampil begitu memukau membawakan gaya sujud pada 2 kelas yang diikutinya.

 

AKSI SUJUD MB SUGALI

 

Selain show offnya yang ciamik, Sugali juga menarik perhatian dengan tembakannya. Dalam 1 tarikan nafas, burung yang sudah 1 tahun lebih bersamanya ini bisa membawakan berbagai lagu seperti kenari, gereja tarung, cililin dan kapas tembak. Melihat performanya yang apik, Sugali sukses menjadi juara 1 di sesi Denpal A dan juara 3 di sesi Sulan A.

“Hari ini performa Sugali sangat membanggakan, 2 kelas yang diikutinya selalu kerja bagus dan mendapat hasil yang istimewa. Semoga kestabilan Sugali bisa terus dibawakannya saat mengikuti even-even selanjutnya,” harap Ronny.

 

 

Lantas bagaimana pola rawatannya agar bisa stabil?

Menurut Ronny, rawatan Sugali tidak ada yang spesial dan sederhana seperti murai batu pada umumnya. Namun, Ronny menekankan 1 hal terpenting dalam merawat Sugali. “Saya tidak ingin Sugali terlalu jinak karena nanti naluri tarungnya bisa berkurang. Makanya saat memberikan pakan saya usahakan selalu di kerodong.,” jelas Ronny.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Untuk kesehariannya, Sugali wajib di embunkan mulai jam 6.30 hingga 7 pagi. Selesai proses embun, Sugali langsung dimandikan lalu dijemur sampai bulunya kering. “Mandinya cuma hanya hari Senin dan Jum’at saja. Selain hari itu cuma dijemur saja,” bebernya.

Untuk extra foodingnya, Sugali diberi jangkrik sebanyak 5 ekor di pagi dan sore harinya. Untuk menjaga birahinya agar tetap stabil, pemberian kroto sebanyak satu cepuk hanya dilakukan pada hari Senin saja.

 

 

Lalu saat H-1, Sugali diberikan porsi lebih untuk jangkriknya menjadi 15 ekor di pagi dan 15 saat sore harinya. Hal ini dilakukan Ronny agar birahi Sugali bisa naik sehingga saat hari H sudah siap untuk bertarung.

“Pada hari H saat mau berangkat lomba saya berikan 5 ekor jangkrik, lalu saat sampai saya tambahi lagi 5 ekor kemudian full kerodong sampai naik. Ya bisa dibilang Sugali ini cukup sederhana rawatannya yang penting konsisten,” tutupnya. [singgih]

BROSUR & AGENDA LOMBA TERDEKAT, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: the sultan spesial ramadhan – malang mb sugali

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp