PENDAFTARAN CUCAK HIJAU DI PIALA ANDHANG PANGRENAN PURWOKERTO (2/2)

SWEET VALENTINE

Stan BKSDA Siap Layani Pendaftaran Cucak Hijau dan Pembuatan SAT-DN

Team dari BKSDA Yogyakarta siap hadir untuk menyongsong para kicau mania yang merapat ke Sweet Valentine Yogyakarta, Minggu 16 Februari 2020. Hadirnya petugas BKSDA di event-event lomba burung sesungguhnya bukan hal yang baru.

Namun, bila sebelumnya keberadaannya lebih untuk mengurus Surat Jalan bagi burung-burung yang akan kembali ke luar pulau, kali ini lebih untuk menerima pendaftaraan / pendataan burung-burung cucak hijau, juga mulai melakukan sosialisasi pembuatan SAT-DN  atau surat jalan untuk burung cucak hijau secara umum, bukan hanya yang hendak dibawa ke luar pulau.

Tahun ini, pemerintah memang mengeluarkan beleid bila burung dilindungi yang dipelihara oleh masyarakat, termasuk cucak hijau, harus didaftarkan. Setelah itu, bila hendak dibawa atau dipindahkan ke tempat lain, harus disertai dengan SAT-DN atau surat jalan.

 

 

Perjalanan jauh bisa menurunkan kondisi burung, jadi jalan masuk bagi beragam penyakit. Jangan kawatir, ada LEMAN'S, sudah terbukti sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali atau sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Saat ini masih dalam tahan sosialisasi/pembinaan. Namun setelah batas waktu, (mulai Juni – Agustus), akan masuk masa penindakan. Untuk mempermudah pelayananan, petugas BKSDA pun aktif menyongsong ke sejumlah arena lomba, selain juga partisipasi dari sejumlah panitia/EO.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilakukan di kediaman pengurus APBN di Jawa Timur, event Tribute to Alm. Bapak Joko Bonita di Boyolali (5/1), dan Piala Andhang Pangrenan Purwokerto (2/2). Bila di dua event tersebut baru sebatas pendaftaran/pendataan, di Sweet Valentine pihak BKDSA mulai melakukan sosialisasi pembuatan SAT-DN.

Pendaftaran/pendataan cucak hijau hanya melayani para kicaumania yang domisilinya di wilayah DIY. Bagi yang tinggal di luar wilayah DIY dan belum mendaftar, bisa segera melakukannya dengan mendatangi kantor di wilayah setempat.

BACA: Mau Daftarkan Cucak Hijau, Cek Syarat Serta Alamat dan Call Center BKSDA Seluruh Indonesia

Bagi Anda pemilik cucak hijau yang tinggal di wilayah DIY dan belum mendaftarkan burungnya, berikut ini syarat yang perlu Anda siapkan agar bisa diurus di arena lomba Sweet Valentine. Pendaftaran ini gratis alias tidak dikenakan biaya.

  1. Pendaftaran cucak hijau dilayani mulai jam 09.00 – 12.00
  2. Burung cucak hijau yang hendak didaftarkan dibawa
  3. Foto burung yang sudah dicetak, bisa dengan kertas HVS. Satu burung, satu foto.
  4. Foto kopi KTP pemilik
  5. Meterai 6 ribu rupiah
  6. Mengisi formulir yang sudah disediakan.

Bagi pemilik cucak hijau (dari mana saja, tak terbatas DIY) yang sudah mengurus surat dan sudah memiliki surat daftar/surat ijin kepemilikan cucak hijau, harap dibawa. Keperluannya, untuk mulai mengurus SAT-DN atau surat jalan.

 

Jangan sampai ketinggalan sama yang lain. Segera dapatkan TWISTER di kios-kios terdekat. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Di Sweet Valentine, team dari BKSDA tidak hanya melakukan pendataan (khusus yang domisili di wilayah DIY), tetapi juga mulai melakukan sosialiasi dan/atau bimbingan pembuatan SAT-DN. Kelak, SAT-DN harus dibawa para pemilik cucak hijau setiap kali hendak membawa atau memindahkan burung, seperti ketika akan mengikuti lomba ke luar kota.

Pihak BKDSA sudah memulai program untuk memperkenalkan apa itu SAT-DN, bagaimana mengurusnya, dan apa kegunaannya.

Karena ini sifatnya baru sosialiasi/pembinaan, Anda para pemilik cucak hijau tidak perlu resah. Dari mana saja Anda datang, cukup dibawa saja bila sudah memiliki surat pendaftaran/pendataan cucak hijau. Selebihnya tinggal datang dan dikonsultasikan di Stan BKSDA di lokasi lomba Sweet Valentine.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

(Sweet) Valentine adalah event tahunan yang kali ini sudah digelar untuk ke-17 kalinya. Ikonnya lomba Yogyakarta bahkan Indonesia, salah satu event yang paling ditunggu-tunggu para kicaumania tanah air setelah Piala Raja.

Hingga berita ini diturunkan, sudah lebih 3.500 peserta memesan dan mengamankan tiket. Sejumlah kelas/jenis burung tiketnya sudah dinyatakan ludes sejak beberapa pekan yang lalu.

Namun, bagi peserta yang serius masih ada kesempatan mendapatkan tiket cancel. Biasanya, karena berbagai alasan, selalu ada peserta yang berhalangan hadir sehingga tiketnya dilepas.

BACA: Pesanan Tembus 3.500, Lihat Nomor Urut dan Nama Pemesan, Brosur dan Jadwal Terbaru

 

 

Pemesanan tiket sudah ditutup pada Jumat 14 Februari 2020 jam 16.00. Tiket yang sudah dipesan dibisa diambil di lokasi lomba mulai hari Sabtu 15 Februari, jam 16.00 - 20.00.

Syarat untuk mengambil, membawa struk bukti pembayaran, menunjukkan nomor urut pemesanan. Nomor urut pemesanan dan nama pemesan sudah dirilis di burungnews.com. Di lokasi lomba, data tersebut juga tersedia.

Anda juga bisa melakukan pembelian langsung selama persediaan masih ada, atau bila ada tiket cancel. Tiket yang sudah dipesan tidak bisa dibatalkan dengan alasan apa pun. Panitia hanya akan membantu untuk menjualkan lagi kepada yang membutuhkan. Pembelian langsung juga bisa dilakukan pada hari Minggu pagi mulai jam 08.00, selama persediaan masih ada.

Lomba akan dimulai tepat jam 10.00. Silakan menyesuaikan diri agar tidak terlambat, terutama bagi Anda yang memiliki jadwal di awal lomba. Direkomendasikan hadir paling tidak satu jam sebelumnya. Sebab Anda harus mencari tempat parkir, pedok/tempat istirahat, kemudian menyiapkan jagoan dengan metode dan cara masing-masing, juga mengecek ulang kesiapan tiket.

Anda baik yang datang langsung atau berhalangan hadir, tentu rugi sekali kalau sampai melewatkan cendera mata eksklusif Sweet Valentine. Tersedia dalam jumlah sangat terbatas. Untuk memastikan kebagian, Anda bisa memesan melalui 0852.5863.4229.

Buruan pesan, tinggal menyisakan sedikit stok. Menunda, berarti menyesal.

 

Anda juga berkesempatan menginap di hotel berbintang (hingga bintang 4) dengan membawa burung. Ada diskon khusus untuk para peserta Sweet Valentine. Tentu saja, selama persediaan masih ada. Untuk informasi lebih detil, silakan KLIK DI SINI.

 

BROSUR SWEET VALENTINE DAN JADWAL YANG BERLAKU, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: sweet valentine bksda syarat pendaftaran cucak hijau apbn

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp