NELLAN BERSAMA SF. KENARI EXPERIMEN BORONG JUARA

ROAD TO PENGGING CUP 2

Experimen dan Pikun Raih Predikat Burung Terbaik, Archer dan Reborn Menangi Kelas Utama

Berhasil memborong sejumlah gelar juara, kenari Experimen dan cucak hijau Pikun dinobatkan sebagai burung terbaik di Road To Pengging Cup 2, Boyolali. Di kelas utama, cucak hijau Archer dan murai batu Reborn berhasil naik podium.

Road To Pengging Cup 2 yang digelar pada Sabtu, 28 November 2020 di Kompleks Pasar Baru Pengging, Boyolali berlangsung ramai dan kondusif. Meski sempat diguyur hujan, tak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta untuk mengikuti even yang menggandeng juri Ronggolawe Nusantara ini.

 

 

IRWAN RONGGOLAWE. SUKSES GELAR ROAD TO PENGGING CUP 2

 

Hanya melombakan kelas ocehan seperti murai batu, murai borneo, cucak hijau, kacer, anis merah, anis kembang, dan kenari, panitia menerapkan sistem 36-G untuk memberikan kenyamanan untuk pengadil lapangan maupun peserta. “Kami sudah siapkan kursi di pinggir gantangan untuk melihat langsung kerja gacoannya, kami juga sedang mengupayakan gelaran tanpa teriak. Kalau ada yang teriak atau menyebut nomor gantangan, kami akan berikan bendera peringatan dan diskualifikasi,” ungkap Irwan.

Keberhasilan sistem 36-G dan non teriak di even kali ini membuatnya optimis untuk menggelar Pengging Cup 2 di tahun 2021. Ia juga mengapresiasi ketertiban kicaumania di lomba kali ini dan berharap menjadi kultur baru yang akan dicontoh oleh gantangan-gantangan lainnya.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Diikuti oleh gaco-gaco dalam dan luar kota seperti Solo, Klaten, Jogja, Magelang, Salatiga, dan Semarang, laga sengit tersaji di kelas kenari. Pemberian predikat kenari terbaik di gelaran kali ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kenari mania untuk ambil bagian. Meski tak terlalu ramai, hadirnya gaco-gaco berkualitas di gelaran kali ini menjadi kepuasan bagi peserta maupun penonton.

 

BERSAMA SF. SUKSES BERSAMA EXPERIMEN DAN CAKO

 

Berhasil meraih podium 1, 2, dan 1 di kelas Kenari Standar Umum, Experimen dinobatkan sebagai kenari terbaik di Road To Pengging Cup 2 setelah tampil stabil dan konsisten di tiga kelas yang diikuti. Langsung tancap gas sejak awal penilaian, kenari milik Nellan Bersama SF ini tampil spartan dengan durasi panjang dan buka tutup rapat.

Tak hanya sukses bersama Experimen, Bersama SF juga berhasil menempatkan Cako di podium pertama kelas Kenari Standar Kecil Jatijajar dan podium kedua kelas Kenari Standar Umum Lossgan. Keberhasilan ini membuat Bersama SF makin percaya diri menatap sejumlah even besar di tanah air.

 

BERKAH CANARY. KENARI KEPOYA MASIH TANGGUH

 

Meski digeber hampir tiap hari, kenari Kepoya milik Berkah Canary kembali menunjukkan kestabilan dan konsistensinya di jalur juara setelah berhasil membawa pulang piala. Meski belum menjadi yang terbaik, pencapaian ini patut diyukuri mengingat lawan yang dihadapi merupakan gaco-gaco papan atas.

Keberhasilan cucak hijau Pikun milik Buyung Al Fauzi memborong sejumlah gelar di event kali ini menjadi kejutan tersendiri bagi jamtrokmania. Meski baru pertama kali diturunkan di Mustika PG, Pikun memang terlihat menonjol dengan materi lagu panjang-panjang yang dibawakan dengan gaya jamtrok ekstrim.

 

BUYUNG AF. BORONG JUARA, CH PIKUN KIBARKAN BENDERA DUTA ANNIV KBB

 

Tak hanya unggul secara materi lagu, durasi kerja ngedur yang ditunjukkan oleh Pikun juga membuat juri tertarik untuk mengamati lebih detail materi yang dibawakan. Berhasil meraih juara 2, 1, 2, Pikun keluar sebagai cucak hijau terbaik di Road To Pengging Cup 2. Tak hanya borong juara, Buyung juga mengusung misi untuk mengibarkan Duta 2nd Anniversary Kicau Baturan Bersatu yang akan digelar di awal tahun.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Kejutan juga diberikan oleh cucak hijau Archer andalan Eko Musuk yang berhasil meraih kemenangan di kelas utama Cucak Hijau Ronggolawe. Membawakan materi lagu kapas tembak disambung dengan cililin panjang, Archer mampu menghipnotis juri dan diganjar koncer A. Keberhasilan ini menandai kembalinya performa gaco yang sudah lama dipegang oleh Eko Musuk ini.

 

KOH MITRO. SUKSES KAWAL MB REBORN

 

Duel sengit yang tersaji di kelas utama Murai Batu Ronggolawe akhirnya dimenangkan oleh Reborn milik Mr. Rully BRI setelah menang adu tosan dengan Gedor (Mr. Mollock Pradana BC). Sama-sama tampil oke dengan senjata andalan masing-masing, keduanya memang terlihat paling menonjol dibandingkan murai batu lainnya.

Kurang beruntung di kelas utama, Gedor kembali tampil sempurna di kelas Murai Batu Miltih dan keluar sebagai kampiun. Tampil maksimal dengan berulang kali memuntahkan tembakan panjang dan dahsyat yang menjadi senjata andalannya, Gedor memang terlihat paling menonjol dan sulit dibendung. Di kelas murai batu, Panglima milik Tenggar Tenggo juga berhasil meraih juara pertama dan kedua.

 

MR. MOLLOCK. MB GEDOR JUARA 1 DAN 2

 

Selain kelas reguler, kelas komunitas yang terdiri atas anis merah, anis kembang, dan murai borneo juga terlihat memenuhi gantangan. Salah satu komunitas yang ambil bagian di even kali ini adalah komunitas Red Zone Solo Raya yang dalam waktu dekat akan menggelar Red Zone Cup I. Untuk menggaungkan Red Zone Cup I, mereka memang berencana menyambangi berbagai lomba yang membuka kelas anis merah.

Di akhir gelaran, Irwan mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan kicaumania di Road To Pengging Cup 2 kali ini. Ia juga meminta maaf kalau ada kekurangan selama berjalannya lomba. “Jangan lupa Mustika PG menggelar latihan rutin setiap Senin dan Sabtu sore,” pungkasnya. [danu/asept]

 

 

SUASANA LOMBA ROAD TO PENGGING CUP 2

 

EKO MUSUK. CH ARCHER MENANGI KELAS UTAMA

 

ABAH JETTO. PEMENANG KELAS RING APBN

 

KACER SOGE MIN TAMPIL APIK

 

KOMUNITAS ANIS KEMBANG JATENG DIY

 

DT RED ZONE CUP I. SOSIALISASI DAN GALANG DUKUNGAN

 

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

KATA KUNCI: road to pengging cup 2 reborn gedor archer experimen

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp