ASEP DM BERSAMA MC ABENK, RERE, MAWAR, DAN PUGUH

RADJA GARUDA NUSANTARA (RGN)

Dulu Dijuluki Rajanya Lomba Tengah Malam, Sekarang Wajib Selesai Sore

Beberapa tahun lalu, bahkan sampai di awal-awal pandemi, lomba sampai larut malam sampai dianggap kewajaran, meski tak sedikit (peserta) yang komplain. Salah satunya event-event gelaran RGN.

Dua hal yang membuat harus rampung malam, dari jumlah sesi banyak, peserta juga ramai rata-rata full gantangan. Dari lomba besar seperti Piala Pasundan, Radja Cup, hingga lomba-lomba di tingkat regional seperti Klaten Vaganza, bisa benar-benar rampung sampai tengah malam.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon/voucher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER (burung berkicau, lovebird, perkutut, merpati) dan/atau NICE (anjing, kucing). Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda MOTOR, hingga MOBIL baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021. (Kupon yang baru diterima setelah 31 Desember, tetap berlaku, hadiah bisa diurus lewat kios/agen tempat membeli pakan tersebut)

 

Sebenarnya hampir semua EO yang kemudian “melibatkan” diri menggelar lomba sampai malam. PBI yang mencoba konsisten lomba paling malam jam 18.00 pun, di sejumlah event kerap mundur. Bahkan, kemudian sempat muncul dan jadi trend sejumlah gantangan khusus malam, mulainya saja sudah malam.

Cukup banyak kicaumania yang curhat, menyatakan keberatan, dan bingung dengan apa yang dicari baik oleh EO maupun si peserta yang lomba sambil begadang. Faktanya, banyak kicaumania yang menyatakan keberatan, pada akhirnya juga ikut arus.

“Sebenarnya malas lomba sampai malam, tapi bagaimana lagi, tiket telanjur dibeli, dan tidak bisa dikembalikan,” begitu kira-kira sebagian alasannya. Memang, ada beberapa peserta kekeh rampung belum rampung, sebelum hari gelap wajib pulang, tidak peduli uang tiket tidak boleh ditarik.

 

 

Kenapa sesi harus banyak? Dari sisi EO, kemungkinan karena dengan begitu peluang hasil penjualan tiket lebih banyak, keuntungan bertambah. Setidaknya bila masih tetap rugi, kerugiannya berkurang. Sewa lokasi, sewa gantangan, pedok dan lainnya dari pihak ke-3, bayarnya relatif tetap. Sementara gaji panitia, termasuk team juri, mungkin hanya tambah sedikit tergantung jumlah peserta.

Meski bukan satu-satunya, RGN termasuk EO yang kerap menggelar lomba baru bisa berakhir sampai larut malam. Penilaian bisa rampung sampai jam 23-an, sementara seluruh proses termasuk pembagian hadiah dan lainnya, baru benar-benar bisa selesai lewat jam 00.00, alias sudah ganti hari.

 

 

Asep DM, Sekjen RGN mengakui, sering mendapat semacam masukan bahkan kecaman terkait lomba yang begitu banyak sesi dan akhirnya harus berakhir sampai larut malam. “Banyak yang mengaku keberatan, tapi ukuran kita waktu itu kan, selama peserta masih mau ikut sampai rampung, artinya itu masih bisa diterima. Banyak yang bilang keberatan tetapi dari lomba ke lomba tetap ikut sampai selesai.”

Tuduhan bila EO terlalu mengeksploitasi peserta dan mengambil keuntungan terlalu besar, juga diakui Asep kerap atau setidaknya pernah ia dengar. “Sebenarnya tidak sesederhana itu perhitungannya. Pada beberapa lomba yang benar-benar ramai dan nyaris semua sesi full, secara hitungan sederhana di atas kertas memang bisa untung lebih banyak . Tapi bila peserta kurang ramai atau nanggung, semakin banyak sesi juga semakin banyak rugi. Hal-hal kecil seperti makan minum dan lainnya, ternyata juga bisa membengkak cukup banyak dan di awal-awal sering kurang diantisipasi dalam penganggaran.”

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Dengan berjalannya waktu, Prio Sutrisno selaku owner Radja Companya yang menaungi EO RGN, yang kebetulan juga diketuai langsung oleh Prio, Sekjen Asep DM, dan para punggawa lainnya, kemudian berhitung ulang dan menyadari bila lomba sampai malam ternyata lebih banyak merugikan dari pada untungnya.

“Setelah kita bikin semacam analisa perhitungan dan pemetaan secara komprehensif, kita sadar lomba sampai malam lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya, ini berlaku untuk semua pihak yang terlibat.”

 

SUASANA SANTAI DI EVENT RGN, PRIO SUTRISNO, H SIGIT WMP, PAKDE WARJO

 

Dari sisi burung, tentu lelah dan sudah tidak bisa tampil maksimal, efek buruk juga mengintai bila terus menerus digenjot sampai malam hari, waktu yang secara alamiah untuk istirahat. Kelelahan juga nyata terlihat pada para pemilik dan perawat atau joki si burung.

Wajah-wajah lelah jelas terlihat, tidak perlu menunggu sampai malam. Menjelang sore pun sudah terlihat. Kalau burung pas menang mungkin masih ada sedikit semangat dan energi buat tersenyum. Bila kebetulan burung tidak menang, dan ini jumlahnya lebih banyak, yang terlihat tentu saja dominasi wajah kusut dan murung, tentunya lebih mudah tersulut emosi manakala kurang puas dengan kinerja para juri (yang sama-sama sudah kelelahan juga).

 

 

Ya para juri memang harus diakui juga sangat kelelahan ketika diforsir bekerja dari pagi sampai malam, sering kali tanpa jeda istirahat yang cukup demi mengejar waktu. Pada situasi lelah secara fisik dan mental (karena tekanan dari para peserta), jelas kerjanya menjadi kurang fokus, kurang maksimal, berpeluang berbuat kesalahan.

“Kelelahan juri juga dirasakan oleh semua panitia di bidang yang lain. Semua merasa kelelahan dan secara umum kinerja setelah sore sampai selesai di malam hari memang menurun. Itu hasil evaluasi kami,” imbuh Asep lagi.

Lalu, apa keputusan atau kebijakan berikutnya?

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

“Sekarang bagi kami di RGN, lomba selesai sore hari adalah wajib hukumnya. Soal untung rugi itu memang bagian dari risiko. Tak selamanya lomba dengan seikit sesi sehingga rampung sore lantas berarti rugi. Tak jarang juga lomba sampai larut malam seperti dulu, pasti untung.”

Diakui Asep, sekarang mulai banyak kicaumania yang lebih memilih lomba ke RGN, salah satunya karena tidak kawatir pulang sampai malam. “Tak perlu mundur jauh-jauh, di Solo Vaganza yang melombakan 24 sesi, secara umum kami sudah rampung jam 17.00. Sebelumnya Radja 4 Kota di Yogyakarta hanya main 20 sesi, sekitar jam 16 sudah rampung. Padahal kami menjalaninya dengan sangat santai, tidak ada ketergesa-gesaan, tidak kemrungsung.”

 

LOMBA RGN RAMPUNG SORE, BISA FOTO SANTAI BERSAMA

 

Lomba rampung ketika masih sore, hari masih terang, peserta yang sudah tidak ada keperluan bisa langsung pulang. “Banyak pula yang masih pengin ngobrol santai baik sesama kicaumania atau dengan kami. Terasa sekali suasannya jauh lebih nyaman.”

Meski di tempat lain, sejumlah EO mulai membuka sesi yang lebih banyak dan rampung sampai malam hari, Asep mengaku RGN akan tetap konsisten menerapkan skema wajib selesai sore hari.

 

PERTAMA di Surabaya dan Jawa Timur, lomba menyediakan DUA UNIT MOBIL! Siapkan jagoan Anda, tiket 3,5 juta (36-G) dan 5 juta (24-G). Tunggu brosur lengkapnya.

 

“Ini juga akan berlaku untuk semua lomba RGN di semua level, termasul even-even andalan seperti Kapten Murai feat Prio Excellent pada 30 Januari 2022 di Surabaya. Jadi jangan kawatir, lomba di RGN bisa pulang sore hari, tak perlu menunggu sampai malam. Masih ada cukup waktu untuk meluangkan waktu bersama keluarga sekadar jalan-jalan atau makan malam di luar, misalnya.”

Nah apakabar EO lain yang sudah memulai lomba sampai (larut) malam? Masih mau meneruskan, atau mulai membatasi jumlah sesi supaya bisa rampung sore hari seperti yang sudah dilakukan oleh RGN? [maltimbus]

Rekomendasi Artikel dan Vidio: Power dan Materi Lagunya AM Ra Umum Benar-Benar Kenceng, Jelas Sekali Terdengar Sampai Luar Lapang, Tonton VIDIO-nya

BROSUR DAN AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: asep dm prio sutrisno prio excellent kapten murai feat prio excellent lomba wajib selesai sore

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp