ANDI SAPUTRO & KRU DI PLAZA CUP 6. BIMA SAKTI RAIH JUARA 3, 7, DAN 10 (dok. AGROBUR)

PLAZA CUP #6

Meski Tak Lagi Muda, MB (Pejantan) Bima Sakti Masih Tangguh

Menjelang Plaza Cup, Andi Saputro dari Sragen sempat bingung. Mesti bawa apa ya buat tentengan. Pas nengok kandang, dilihatnya ada Bima Sakti yang baru rampung mabung. Tanpa ragu Andi pun mengeluarkannya, lalu menyiapkan dan mengkondisikan.

Bima Sakti sesungguhnya sudah “mantan” jagoan, saat ini sudah dimasukkan ke kandang sebagai pejantan. Melihat kondisinya yang cukup bugar, apalagi bulunya juga masih relatif muda karena baru rampung mabung, Andi pun penasaran pengin lihat aksinya.

“Belum tua sekali, tapi juga sudah tidak muda lagi. Ya es te we lah, ha ha ha. Yang jelas sudah matang. Habis bagaimana lagi, sudah beberapa periode saya sulit bisa nyimpan anakan sendiri buat bahan gaco,” ujar pemilik Rejo Bird Farm yang tinggal di Gondang, Kabupaten Sragen ini.

 

 

BERSAMA LODRA Jr. SAAT LOMBA DI MAKO BRIMOB SEMARANG

 

Apa yang dimaksud sulit? Produksi tak lancarkah atau alasan lain, bukankah jumlah kandang Rejo BF lumayan banyak?

“Ya jumlah kandang cukup banyak. Soal produksi, secara umum ya lancar sih. Tentu ada satu dua secara bergilir mengalami kendala produksi. Macam-macam lah, ada karena mabung, atau kendala lain yang kasus per kasusnya beda-beda. Jadi memang menantang kita mesti sabar dan telaten mencari solusi tiap malasah yang menghampiri,” imbuhnya.

Meski jumlah kandang terus ditambah, Andi mengaku belum bisa memenuhi semua orderan anakan ring Rejo. “Pertama,saya suka yang alami, loloh tetep pada induk. Jadi ini memang lebih makan waktu. Kedua, saya juga ingin memastikan anakan yang saya serahkan juga punya kualifikasi tertentu yang sudah jadi standar di kandang Rejo BF. Kadang kala kan juga anakannya tidak selalu memenuhi spek, ya kita tunggu anakan berikutnya. Nah, dalam kondisi seperti ini, saya tentu harus mengutamakan kepuasan konsumen, jadi ya sampai tidak bisa nyimpen buat dipakai sendiri.”

 

PASTIKAN GACO ANDA SIAP TAMPIL MAKSIMAL MENGHADAI BANYAK EVEN PENTING TAHUN 2018. Berikan Moncer1 dari Super Kicau Grup, asupan paten para jawara. Moncer1 bisa diberikan dengan beragam cara, teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang), teteskan pada air minum, oles/campurkan pada pakan/EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan tiap hari selama sepekan. Lihat perubahan yang akan membuat Anda senang. Selanjutkan berikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. Waspada barang TIRUAN.

 

Meski begitu, Andi mengaku memiliki data yang lengkap para pemakai anakan murai darinya, dan terus memantu perkembangannya. “Jadi selalu kita pantau, kalau bukan mereka yang menghubungi, saya yang ambil inisitiatip menghuhungi, menanyakan kabar, apakah ada masalah dengan murai batunya. Semacam itu. Saat burung mulai dicoba, biasanya kasih kabar. Demikian pula kalau burung mau tampil, apalagi juara, saya juga ikut dibagi kabar gembiranya.”

Di Plaza Cup, Bima Sakti diturunkan 3 kali. Penampilannya pun cukup oke dan masih mampu bersaing dengan jago-jago lain yang lebih muda dan belum pernah jadi pejantan. Itu terbukti dari hasil akhirnya, dengan mampu menempati peringkat 3, 7, dan 10.

Andi pung mengaku siap mendukung even-even yang membuka kelas ring, baik itu PBI maupun di luar PBI. “Kalau sebagai peserta lomba, pada dasarnya tidak piliih-pilih. Sebagai orang PBI, tentu saya juga siap mendukung semua even yang digelar PBI, minimal hadir sebagai partisipasn lah. Rencana berangkat ke Harmoni Kediri 4 Februari, sebelum ke Valentine Jogja Istimewa 11 Februari.”

 

MASA DEPAN KELAS MURAI BATU RING SANGAT BERGANTUNG PADA PARA BREEDER. Kita sangat apresiasi pada para breeder yang kini jumlahnya terus bertambah. Demikian pula dengan para penghobi yang mulai bangga bisa memiliki dan melombakan burung ring, hasil breeding, dan mulai meninggalkan burung-burung tangkapan alam.

TOPSONG peduli dengan dunia breeding, secara khusus memproduksi asinan halus TOP GRIT for Breeding dan TOPSONG BREEDING.

ASKINAN HALUS, COCOK DAN DISUKAI INDUKAN, ANAKAN, DAN BURUNG LOMBA. Meningkatkan produktivitas, efektif mengurangi peluang cacat pada anakan seperti kaki pengkor.

 

TOPSONG BREEDING. Nutrisi sesuai kebutuhan indukan dan anakan. Produksi tetap lancar meski sedikit jangkrik, bahkan ekstrimnya tanpa jangkrik sekalipun. Halus, tidak mengandung butiran kasar/kristal, aman untuk lolohan basah bagi baby/piyik. HOTLINE 0813.2941.0510

 

Bagusnya anakan dari kandang Rejo BF sudah lama diketahui para muria mania. Apalagi para pembeli awal yang merasa puas, juga lantas memberi tahu dari mulut ke mulut ke rekan-rekannya.

Kalau anakan dari Kandang Rejo bagus, tentu saja bisa dipahami. Indukannya memang tidak sembarangan. Sebagai orang “lomba” yang paham kualitas burung, Andi memang memilih indukan yang punya kualitas lomba, kualitas lapangan, kualitas juara.

“Saya tujuan akhirnya, supaya anakan kelak juga bisa untuk lomba. Jadi kualitas indukan pun mesti mendukung, baik untuk jantan maupun betina. Untuk pejantan, ya speknya kira-kira seperti Bima Sakti lah,” imbuh Andi lagi.

 

BINGUNG DI SAAT KROTO LANGKA DAN MAHAL? Don't Worry. Ada Bio Kroto, praktis, mudah didapat, ekonomis, dan efektif menggantikan kroto.

 

Sudah begitu, Andi juga cukup berani memberikan asupan EF kroto, khususnya di saat indukan sedang meloloh. Pemberian kroto secara terus menerus, diakuinya membuat kelak anakan juga akan kuat sebagai burung lomba.

Untuk menu harian, selain mengandalkan EF jangkrik, Andi juga memberikan voer Topsong Breeding. Nutrisinya sudah sesuai dengan kebutuhan burung breeding. Di saat jangkrik sulit dicari, produksi tidak terlalu terganggu. Bahkan tanpa jangkrik pun, burung masih mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga produksi tetap bisa jalan.

Pemberian jangkrik memang tidak boleh sembarangan. Jangkrik yang baru dibeli, sebaiknya jangan langsung diberikan ke burung. Bukankah kita tidak tahu persis, baik media maupun asupakan pakan yang dicerna oleh jangkrik sebelumnya?

 

BIAR JANGKRIK AMAN DAN KANDUNGAN NUTRISINYA SESUAI STANDAR... pilih cara praktis. Berikan Omega Vit. Nutrisnya pasti, sekaligus mendetox zat berbahaya yang mungkin ada pada jangkrik.

 

Yang jelas, pastikan jangkrik dalam kondisi segar, bugar, tidak terlihat lemas dan layu, bersih tidak tampak jamur, dan semacamnya. Jangkrik sebaiknya juga dikarantina 1-2 hari di media yang bersih, lalu diberikan pakan yang segar dan bersih, bebasi dari risidu.

Sayur yang kita beli dari pasar kadang mengandung risidu kima baik itu obat-obatan atau pupuk. Sebaiknya dibersihkan dulu, rendam beberapa saat dengan air bersih, barulah diberikan ke jangkrik. Sayur seperti wortel, juga bagus untuk pakan jangkrik, sebelum jangkrik kita berikan ke burung.

Sekarang, bahkan ada pakan yang khusus dikemas untuk jangkrik dan tersedia di pasaran. Namanya Omega Vit. Dengan diberikan Omega Vit selama beberapa hari, kandungan nutrisinya jadi terstandar, senantiasa relaitif sama dari waktu ke waktu. Omega Vit juga punya fungsi untuk men-detox alias membersihkan racun atau zat kurang baik lainnya yang mungkin ada pada jangkrik.

LEBIH DEKAT DENGAN ANDI SAPUTRO REJO BF, HUB. 0812.3238.761

DATA JUARA PLAZA CUP 6, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: andi saputro rejo bf ketua pbi sragen mb lodra jr mb bima sakti juara plaza cup 6 semarang malioboro vaganza harmoni kediri valentine jogja istiemwa

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp