GEROBAG SF, RUMAH UNTUK CENDET MANIA

PIALA WALIKOTA YOGYAKARTA #2

Gerobag SF, Rumahnya Cendetmania Jogja

Gerobag SF menjadi nama yang banyak disebut oleh kicaumania seusai gelaran Piala Walikota Yogyakarta. Di sini, ada satu kelas yang juara 1-10 diborong oleh jagoan yang beralamat sama, Gerobag SF. Siapakah gerangan Gerobag SF?

Gerobag SF ternyata adalah sebuah kelompok atau komunitas yang isinya para cendet mania di kota Yogyakarta. Menurut punggawanya Andre Omesh dan Yohanes Brestman, Gerobag sesungguhnya sudah dirintis cukup lama, sejak 2011 yang lalu.

“Tapi kami memang baru mulai eksis dan greget dalam dua tahun terakhir, termasuk menggelar even sendiri. Jagoan kami mulai mampu bersaing di berbagai lomba, terutama lokalan Jogja. Kami juga memiliki sekretariat sebagai titik kumpul teman-teman di jalan Rotowijayan, sebelah barat keraton,” jelas Andre.

 

 

ESNAWAN & SAMSULHADI. DUKUNGAN PBI UNTUK KEMAJUAN KOMUNITAS

 

Di Piala Walikota Yogyakarta, Gerobag secara khusus memang memberikan dukungan untuk kelas cendet. Ada satu kelas yang tiketnya semua memang diborong, hanya untuk melombakan burung-burung yang tergabung di grup ini.

Gerobag sendiri saat ini memiliki anggota aktif sekitar 38 orang. Satu orang ada yang memiliki lebih dari satu ekor cendet yang siap dilombakan. Burung-burung dari anggota inilah yang meramaikan kelas Cendet Tamansari.

“Kenapa kami berani melakukan hal ini, karena ingin memberikan semangat kepada teman-teman yang tergabung. Yuk kita bertarung di sesama jago kami di satu kelas. Nah untuk di kelas lain, kita bertarung secara umum dengan semua jago dari luar,” imbuh Yohanes.

 

 

Tujuan lain adalah agar kelas cendet bisa kembali ramai dan semarak. “Sekarang secara umum kelas cendet kan dianggap kurang ramai. Sebagai penggemar cendet, tentu saja kami punya harapan kelak kelas ini bisa ramai lagi, semarak lagi, sehingga prestis ikut terangkat, dan kami pun semakin semangat, kalau menang juga makin bangga.“

Keinginan para cendet mania yang tergabung dalam Gerobag sejalan dengan keinginan Walikota Yogyakarta, agar dalam even ini ada kelas yang pesertanya benar-benar masyarakat atau penduduk dari kota Yogyakarta. Kepada mereka diberikan subsidi.

“Jadi itu dawuhnya pak Walikota, kami pun mengakomodirnya pada dua kelas yaitu cendet Tamansari dan satu kelas lagi pada love bird Balibu yang pesertanya adalah komunitas yang tergabung dalam Sonic SF,” jelas Esnawan SH, ketua PBI Cabang Kota Yogyakarta.

Sejumlah jago dari Gerobag SF saat ini kerap merebut juara di berbagai even seputaran Yogyakarta dan kota-kota lain disekitarnya. “Memang lebih banyak turun di even-even lokal, namun kadang kala kami juga melawat ke luar kota, dan berita baiknya jago dari kami masih mampu bersaing. Juga di even-even skala regional bahkan nasional.”

 

JUARA PIALA WALIKOTA YOGYAKARTA :

 

KATA KUNCI: piala walikota cup jogja

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp