MR. PRIO DIAPIT KOKO & RUDY NRS. KAWAL GLADIBERSIH/SIMULAI PENJURIAN

PIALA PASUNDAN 3, #1

Gladi Bersih dan Simulasi Penjurian, Kelas Love Bird Satu Juri Kawal Dua Burung

Mr. Prio mengawal jalannya gladi bersih dan simulasi penjurian Piala Pasundan III pada Sabtu, 20 April 2019 di gantangan yang telah berdiri di Lanud Sulaiman. Khusus untuk sistem penilaian love bird, satu juri akan kawal dua burung.

Demi kesuksesan even kolosal Piala Pasundan III, Radja Garuda Nusantara (RGN) menggelar gladi bersih dan simulasi penjurian langsung di lapangan. Selain untuk memastikan kesiapan juri-juri yang bertugas, kegiatan ini dilakukan untuk menyelaraskan persepsi juri dalam penilaian, khususnya kelas love bird.

 

 

SIMULASI PENILAIAN LOVE BIRD. 1 JURI MENILAI 2 BURUNG

 

Untuk memaksimalkan penilaian dan meminimalisasi protes di kelas love bird karena kurang terpantau, satu orang juri akan mengawal dua love bird. Dengan sistem bendera stik dan sekon (semacam ketukan), diharapkan peserta puas dan bisa menerima sistem baru ini.

Dalam simulasi ini, sebagian juri diminta untuk mencoba langsung di lapangan sehingga persepsi antar juri bisa sama dan selaras. Salah satu cara yang diterapkan adalah menggunakan ketukan atau hitungan mulut seratus satu, seratus dua, seratus tiga, dan seterusnya.

 

 

Untuk kelas ocehan, satu juri akan memantau dua belas burung dalam satu blok. Setelah selesai menilai burung di bloknya, juri akan dirolling searah jarum jam hingga melewati seluruh blok. Untuk pergerakan dalam blok sendiri, masing-masing juri akan bergerak zig zag dan dilarang mengganggu kinerja burung.

“Kita melakukan gladi bersih seperti ini bukannya saya kurang percaya dengan juri RGN, namun untuk meningkatkan kemampuan dan menambah kemantapan diklat yang sudah diikuti… Langkahnya sudah tepat, kalau semuanya sudah yakin kan enak,” ungkap Mr. Prio yang berada di lapangan.

 

PULUHAN "PENONTON" MENEKAN DAN MENERIAKI JURI

 

Dalam Gladiresik/simulasi tersebut, juga ditonton oleh puluhan orang yang terdiri dari sesama juri lainnya, maupun para peserta yang sedang atau telah selesai mengambil tiket pesanan. Penonton pun dikondisikan agar bertindak seperti pada lomba sesungguhnya, dengan melakukan berbagai upaya untuk menekan dan mempengaruhi juri, termasuk berteriak dan menunjuk nomor gantangan agar diperhatikan.

Hal ini dimaksudkan untuk mengasah dan menguatkan mental para juri, mengingat even sebesar Piala Pasundan yang diikuti burung-burung top tanah air, bisa menimbulkan beban dan tekanan tersendiri bila mentalnya tidak disiapkan dengan baik. Pada lomba yang sesungguhnya nanti, panitia akan menerapkan aturan tanpa teriak yang ketat.

 

 

Piala Pasundan III akan dimulai jam 09.00 tepat, sehingga para peserta diminta untuk menyesuaikan diri, khususnya bagi yang main di sesi awal dan yang belum ambil tiket. Terlambat, berarti itu risiko peserta sendiri bila ditinggal. Bagian tiketing hari Minggu pagi ini sudah buka dari jam 07.00.

Para peserta harus benar-benar menyimak dan menguasai JADWAL terbaru yang berlaku, sebagaimana bisa dilihat di bawah ini. Pastikan juga pulang dengan cenderamata ekslusif baik itu kaos Piala Pasundan maupun kaos burungnews yang bisa didapatkan di stand Trend Kicau.

 

Dapatkan cenderamata ekslusif "Piala Pasundan" dan "burungnews", di stand TREND KICAU

 

JADWAL PIALA PASUNDAN YANG BERLAKU:

BROSUR PIALA PASUNDAN III, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: piala pasundan iii simulasi penjurian piala pasundan satu juri nilai 2 burung love bird prio sutrisno koko hunaedi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp