MB DL BUKTIKAN KUALITASNYA, RAIH JUARA 1 KELAS SOEDIRMAN 36G


PIALA MONUMEN JENDRAL SOEDIRMAN BANYUMAS #5

MB DL Terbaik di Soedirman 36G, Sukses Kibarkan Wins’s BC Bogor + Rawatan

Piala Monumen Jendral Soedirman Banyumas, menjadi ajang pembuktian akan kualitas murai batu DL. Menghadapi lawan tangguh yang datang dari berbagai kota lintas blok, DL dapat melalui rintangan berat ini dengan mulus. Kinerja mumpuni dengan kualitas yang dimilikinya, akhirnya DL jadi yang terbaik di kelas Soedirman 36G dan sukses kibarkan Win’s BC Bogor.

Bermodalkan rentetan prestasi segudang yang diraih DL di seputaran wilayah Pantura seperti Kudus, Jepara, Pati, Demak, dan kota lainnya, Anton optimis menggelandangnya menuju even Piala Monumen Jendral Soedirman Banyumas (28/2). Al hasil, Anton bisa tersenyum dengan raihan juara satu di kelas Soedirman 36G. “Alhamdulillah, kinerja DL mumpuni dan mampu melanjutkan tradisi sebagai murai jawara,” ucap Anton.

 

ANTON, PIAWAI POLES & BERBURU MURAI BATU

 

Saat tampil di sesi pertama kelas Monumen 25G, kinerja DL kurang maksimal. Bongkaran lagunya kurang nendang, prosentase kerjanya juga kurang maksi. Pada kelas ini, DL harus puas dan legowo duduk di podium tujuh. Pada sesi kedua, baru kinerja sesungguhnya bisa dipertontonkan DL dengan menduduki peringkat satu yang ditempel ketat murai Bandit di posisi runner up.

Gacoan milik Win’s BC Bogor ini, sukses mempersembahkan trophy keren yang jadi kebanggaan bagi siapapun yang mendapatkannya. Sukses ini, menasbihkan kalau Anton piawai memoles dan mencari bakat (berburu) murai batu untuk dijadikan burung jawara. Sebelum DL, puluhan murai batu sudah pernah dipoles dan diorbitkan oleh Anton.

 

 

Rawatan Murai Batu DL

Anton yang menekuni kerja sebagai juri salah satu EO besar, saat bertugas sering menemukan dan menjumpai murai batu berkualitas. Hal ini, menjadi modal besar bagi Anton untuk memantau dan berburu murai berkualiatas. Dari sinilah, Anton sering mendapatkan murai bagus. Hasil pantauan dan berburunya, banyak yang sudah menjadi burung jawara di banyak kicaumania papan atas Nasional.

Tak hanya piawai berburu murai berkualitas, Anton juga piawai memoles murai batu. Baik itu murai bakalan (belum prestasi), maupun murai yang sudah prestasi. Saat burungnews.com bertemu Anton setelah selesai gantang, Anton dengan gamblang membeberkan rawatan murai batu DL.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Menu pakan harian yang utama tetap pakai voor, untuk DL tiap hari diberi tambahan menu jangkrik yang diberikan pagi dan sore sebanyak 5 ekor. Mandi dua hari sekali, pada hari senin, rabu dan jumat yang dilakukan pada sore hari. DL tanpa dijemur, sebagai gantinya tiap hari dimasukkan ke dalam kandang umbaran. “Diumbar untuk olah raga agar stamina prima,” ungkap Anton.

Jelang lomba pada hari sabtu, menu pakan hanya sebanyak jangkrik 30 ekor yang diberikan 10 ekor untuk pagi, siang dan sore hari. Menu tambahan, berupa kroto sebanyak satu sendok teh pada hari jumat sore dan sabtu sore. Sebelum diistirahatkan, sabtu sore DL harus dimandikan. Hari minggu jelang lomba, rawatan dan menu pakan seperti pada hari biasa.

 

 

Tiga sesi sebelum dimainkan, dikasih menu tambahan berupa ulat 2 ekor. Menurut Anton, sebelum memoles murai harus tahu dulu karakter burung tersebut. Setelah memahami karakter, baru mulai mencoba memoles. Tiap burung, mempunyai setingan yang berbeda-beda tergantung dari karaakternya.

“Coba dulu tanpa setingan, atau pakai setingan awal dari yang punya. Setelah digantang dan lihat kinerjanya di lapang, baru mulai dipoles agar kinerjanya lebih bagus,” imbuh Anton yang mulai menekuni ternak murai batu. [Bimun]

 

 

PANGLIMA RI, PANTAU JALANNYA LOMBA

 

ROHMAN HARUM SF PKL, MB BANDIT RUNNER UP

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KATA KUNCI: piala monumen jendral soedirman murai batu dl win s bc

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp