H. SUWADI DAN KRU. ORBITKAN BURUNG HASIL BREEDING SENDIRI (dok. AGUNG KICAU-KICAU)

PIALA KAPOLDA JATENG, #4

Begal Jr, Baru 10 Bulan, Borong Juara Termasuk di Kelas Prestis + VIDIO

Sepak terjang H. Suwadi dalam mengorbitkan burung murai batu hasil breeding sendiri memang sudah mendapat pengakuan luas. Terbaru, kala Begal Jr. yang baru masuk umur 10 bulan bisa menang di salah satu kelas bergengsi Piala Kapolda Jateng (27/11).

Sesuai namanya, Begal Jr. adalah anak dari Begal, salah satu jagoan yang legendaris dan kerap jadi andalan SWD, begitu sahabat kicaumania sering memanggilnya dengan nama singkat. Sejumlah keunggulan dari bapaknya, rupanya juga menurun pada juniornya.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Begal Jr. menunjukkan penampilan yang menjanjikan ketika diturunkan di sesi awal kelas Murai Batu Muda A. “Sebenarnya kalau melihat usia, Begal Jr. ya ketemu lawan yang seimbang di kelas Muda, karena usia memang masih belia,” terang SWD kepada burungnews.com.

Begal Jr. akhirnya bisa menempati peringkat ke-2. Hasil yang cukup memuaskan. “Penampilannya memang belum begitu maksimal sekali, tapi sudah cukup bisa mengimbangi lawan di kelas Muda,” imbuh SWD.

 

SUASANA PENILAIAN 16-G DI PIALA KAPOLDA JATENG

 

Turun di sesi berikutnya, kali ini SWD mengikutkan di kelas dewasa, Begal Jr. tampil lebih bagus. Senyum mengembang tampak dari raut muka SWD. SWD dan sejumlah kru tampak optimis sekali bisa meraih hasil terbaik, kendati lawannya nyaris penuh 60 gantangan.

Dewi fortuna rupanya belum mendekat. Menjelang akhir penilaian, Begal Jr. nebok. Meski balik lagi ke tangkringan dan kerja maksimal lagi, para juri yang sebelumnya sudah menunjukkan tanda-tanda hendak menjadikan juara pun beralih mencari penggantinya.

 

 

“Padahal kalau tidak nebok, optimis juara 1. Saya sudah muter banding-banding, secara perfoma dan materi selisih dengan lawan terpaut jauh. Tapi ya mau bagaimana lagi, namanya nebok,dianggap pelanggaran fatal, juri tak lagi berani kasih koncer. Semoga di sesi berikut nanti masih mau tampil dari awal sampai selesai.”

SWD kembali menurunkan Begal Jr. di kelas yang lebih bergengsi, Radja Company B tiket 1,1 juta rupiah, 24-G. Begitu digantang, Begal Jr. sudah langsung tancap gas. SWD mengaku senang, sekaligus deg-degan, ada raut tegang di wajahnya. “Ada rasa kawatir gak kuat terus nebok lagi. Apalagi ini lawannya juga lebih berat-berat, namanya tiket 1 juta, cukup tinggi untuk blok tengah,” ujarnya.

 

 

Penjurian berakhir. Begal Jr., kali ini “selamat” sampai akhir tidak melakukan pelanggaran. Para juri RGN yang berjumlah 4 orang di kelas 24-G, tanpa korlap, memberikan nilai mentok, sekaligus mengajukan sebagai calon koncer A atau B di papan yang ditunjukkan secara terbuka.

Akhirnya, Begal Jr. bisa menjadi juara 1, di kelas prestis, lawannya burung-burung tangguh langganan juara. Begal Jr. bisa unggul atas Reborn milik Bintang Pradana, Junior milik Mr. D Marina Team Semarang, dan Kawaguci Jr Duo.

Seperti apa sih aksi Begal Jr. yang baru memasuki 10 bulan, bertarung melawan burung-burung dewasa yang sudah mapan dan kerap juara, lihat vidionya di bawah berita ini.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Sementara itu SWD mengaku, sejak awal dekade 2000-an hingga sekarang, masih tetap konsisten dengan breeding murai batunya. “Kalau jumlah sih tidak banyak, hanya beberapa pasang saja. Yang penting itu materinya harus jempolan. Jumlah kandang yang isi indukan memang kerap berubah-ubah, soalnya sering dibeli atau diborong, bedol kandang,” pungkas SWD.

Sebelum beranjak pulang ke Klaten, SWD mengucapkan selamat untuk segenap panitia Piala Kapolda Jateng. “Cukup meriah, tapi yang lebih penting adalah penyelenggaraan yang rapi, peserta yang tertib tidak saling tunggu dan juga relatif kondusif teriakannya, dan ujungnya adalah penilaian yang baik, apa adanya. Kalau bisa dipertahankan dan ditingkatkan, pasti ke depan gelaran RGN makin dicari. Selamat buat Pak Prio dan segenap punggawa RGN. Terimakasih sudah diberi kesempatan turun di event yang luara biasa ini.”

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

Piala Kapolda Jateng dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Kapolda, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H. Beliau juga menyempatkan menyaksikan jalannya lomba sesi awal dengan penuh antusias, didampingi dan dipandu oleh Mr. Prio Sutrisno selaku Ketua Umum dan owner Radja Company.

Sejumlah gelaran yang menarik dan menantang berikutnya, mulai dari Piala Pradana 2 Klaten (4/12), Nona Kicau Cup 2 Magelang (18/12), hingga Tugu Muda Cup bersama PBI Semarang (15/1/23). [maltimbus, terimakasih Agung Sedayu]

 

TAK SEMATA KEREN, SANGKAR RMI JUGA MEMBAWA AURA POSITIF BAGI PEMAKAINYA. INFO SANGKAR RMI, HUB. 0896-2802-0195

 

VIDIO AKSI BEGAL Jr. DI PIALA KAPOLDA JATENG:

 

H. SUWADI DEPAN KANDANG. TAK PERLU BANYAK, YANG PENTING MATERI DAN PRODUKSI LANCAR 

 

 

BROSUR PIALA PRADANA 2 KLATEN:

 

BROSUR NONA KICAU CUP 2 MAGELANG:

 

KATA KUNCI: piala kapolda jateng begal jr h suwadi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp