Sinyo Speed (3 dr Kanan) Ketua Lama dan D. Ainu Rofiq (2 dr Kana) Ketua Baru

MUSYAWARAH PEMBENTUKAN PBI CAB. KAB. BLITAR

Terbentuknya PBI Cab. Kab. Blitar dan D. Ainu Rofiq ST, MSi Terpilih Sebagai Ketua

Periode kepengurusan PBI Cab. Blitar telah berakhir, Sabtu 06 Juli 2019 menjadi sejarah baru, PBI Cab. Blitar bertaransformasi menjadi PBI Cab. Kabupaten Blitar, dan secara aklamasi memilih D. Ainu Rofiq sebagai Ketua periode 2019 sampai 2023.

Perjalanan PBI (Pelestari Burung Indonesia) di Blitar Raya mengalami perubahan dari masa ke masa, awal mulanya di bentuk PBI Cab. Kota Blitar dan PBI Cab. Kab. Blitar, lalu melebur jadi satu menjadi PBI Cab. Blitar, dan pada tanggal 6 Juli 2019 bertempat di Wisata Kuliner Blendi di Desa Banggle, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar,  terjadi perubahan, kembali menjadi terpisah antara PBI Kab. Blitar dan PBI Kota Blitar, dengan diadakannya musyawarah Pembentukan PBI Cab. Kabupaten Blitar.

 

 

Acara Musyawarah Lancar

 

Muyawarah tersebut dihadiri 60 peserta, dari PBI Pengda Jatim  Wakil Ketuanya Joko Triatmoko, bersama Drs. Teguh Raharjo selaku Ketua Penasehat Pengda Jatim dan Dewan Penasehat PBI Pusat, dari dinas terkait: Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blitar di wakili oleh D. Ainu Rofiq, ST. MSi, dan Disperindag Kab. Blitar dihadiri oleh Rony Candra Gunawan, ST. MSi. Hadir Pula Bali Yames dari Bali Peace, H. Joker dan Cak Salim dari PBI Cab. Malang.

Ketua PBI Cab. Blitar, Satya Nova Trilaksana yang lebih akrab disapa Sinyo Speed, yang telah habis masa jabatannya 2019, memberi kesempatan pada para peserta untuk memberi masukan dalam pelaksanaan musyawarah pembentukan PBI Cab. Kab. Blitar yang sekaligus melakukan reorganisasi dengan dilaksanakannya pemilihan ketua PBI Ca. Kab. Blitar yang baru, untuk masa bakti 2019 sampai 2023.

 

Ketua Baru PBI Cab. Kab. Blitar, D Ainu Rofiq, ST. MSi, Memberi Sambutan

 

Para peserta musyawarah dengan Pimpinan Sidang Verry BRI SF sepakat membentuk PBI Cab. Kab. Blitar dan secara aklamasi memilih D. Ainu Rofiq, ST. MSi sebagai ketuanya. D. Ainu Rofiq jabatan di PBI sebelumnya sebagai Sie Konservasi, dan jabatan di Dinas dulunya Kabid Konservasi dan Kemitraan Lingkungan di Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blitar yang sekarang menduduki jabatan sebagai Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Lingkungan di Dinas LH Kab. Blitar.

Dalam sambutan perdananya, Ketua PBI Kab. Blitar menegaskan akan tetap mengedepankan visi misi PBI dengan penguatan Konservasi, “kita akan adakan pebinaan secara lintas sektoral dengan Dinas Peternakan, Perindag, dan Pariwisata,” kata Rofiq.

 

 

Dijelaskan pula, semoga kedepannya dengan adanya pembinaan lintas sektoral bisa memberikan multi efek, misalnya pengrajin sangkar dari Disperindag dapat bantuan alat-alat, untuk meningkatkan kualitas sangkar yang baik, “sehingga yang dulunya kita ambil sangkar dari luar Blitar, sekarang orang luar Blitar yang ambil sangkar dari kita,” tandasnya.

Cita-cita seperti Piala Raja, semua sector terimbas bagus, Pariwisata, hotel-hotel penuh, “Kalau di Kita, Piala Bupati Blitar Cup bisa mengacu ke sana, jangan sungkan mengkritik, saya akan curahkan semua kemampuan saya, namun kempuan saya juga ada batasnya, karena itu support dari Anggota sangat kita diperlukan,” ujarnya.   

 

Joko Triatmoko, Wakil Ketua PBI Pengda Jatim

 

Joko Triatmoko menyambut baik dengan terpilihnya D. Ainu Rofiq sebagai Ketua PBI Cab. Kab. Blitar. Konservasi di Blitar diapresiasi karena berjalan dengan baik dan nantinya diharapkan akan lebih baik lagi karena Ketuanya juga dari Dinas terkait dan sangat kompeten dibidangnya.

Selain itu Triatmoko juga menegaskan kalau dulunya PBI Cab. Blitar terpisah antara Kab. dan Kota, “dan kalau sekarang menjadi PBI Cab. Kab. Blitar tidak menyalahi aturan, dengan pertimbangan lebih kondusif, kedudukan Cabang bisa Kab atau Kota, sedangkan syarat untuk mengadakan pemilihan ketua harus dihadiri lebih dari 25 orang, ini sudah lebih, jadi ini bisa dilanjutkan,” tandasnya.

 

Teguh Raharjo, Memberi Wawasan

 

Sedangkan menurut pandangan Teguh Raharjo, sebenarnya tidak perlu mengundang pengurus pusat, kecuali kalau terjadi pembentukan cabang - cabang yang benar-benar baru, jadi kedudukan Teguh Raharjo di acara ini sebagai orang yang dituakan, undangan kehornatan, mendampingi Pengda Jatim.

“Saya sampaikan mandat dari ketua umum, PBI Pusat, H. Bagya, untuk ketua cabang dan dibreak down harus dilandasi motivasi untuk bersinergi melaksanakan visi dan misi PBI, bina dulu jajaran pengurus, data penagkaran, baru adakan lomba, bukan semata-mata setelah deklarasi lalu gelar lomba dan selesai, bukan berarti tidak boleh gelar lomba, tapi lomba yang dikendalikan dan berwawasan konservasi,” wejang Teguh Raharjo yang saat ini  jabatan formalnya sebagai IP dan merangkap penasehat.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Disperindag Kab. Blitar, melalui Rony Candra Gunawan, ST. MSi., siap melakukan pembinaan dan pengarahan pada anggota PBI Cab. Lab. Blitar, khusunya para pembuat sangkar, karena menurutnya sangkar merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang bisa menunjang peningkatan perekonomian masyarakat, industry kecil dan menengah, “Disperindag akan memberi ijin usaha, OSS, satu pintu pengurusan ijin UKM, fasilitas: Sertifikat tanah gratis, IKM, dimana Sertifikat bisa dijadikan anggunan atau jaminan pinjaman di Bank, untuk memperkuat permodalan,” kata Rony.

Acara musyawarah dimulai pukul 19.45 WIB dan kelar pukul 22.00 WIB, ketua PBI Cab. Kab. Blitar selanjutnya akan menyususn kepengurusannya. Selamat bagi ketua PBI Cab. Kab. Blitar periode 2019 sampai 2023.

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

Suasana Musyawarah, Santai, Serius, Gayeng

 

Verry BRI SF (Paling Kanan), Pimpinan Sidang

 

 

D Ainu Rofiq, ST. MSi, Memberi Sambutan Mawakili Kadis LH Kab. Blitar

 

Rony Candra Gunawan, ST. MSi (Paling Kiri), Perwakilan dari Disperindag Kab. Blitar

 

 

Imam Basyori Ketua Wlingi Raya

 

Basuki Ketua P3SI

 

 

Sumardi dan Sugeng Hariadi (Depan), Tokoh Senior Perburungan Blitar

 

Peserta Musyawarah Pembentukan PBI Cab. Kab. Blitar

 

 

Santap Malam Bareng

 

Bylod, Ketua NZR Blitar (Kanan), Juga Hadir

 

 

Imam Basyori Memimpin Do’a Penutup

 

Sebagian Peserta Foto Bersama di Akhir Acara

 

Pastikan JANGKRIK yang diberikan untuk burung Anda bersih, sehat, dan mengandung nutrisi terukur. Lihat video bagaimana sebaiknya memperlakukan jangkrik yang baru dibeli, dengan klik gambar di bawah ini.

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: musyawarah pembentukan pbi cab. kab. blitar

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp