ERIC SANDER DAN COCO ABBAS DIAPIT PENGURUS DAN JURI KHI JEMBER

MUSYAWARAH KHI CAB. JEMBER

Bergerak Pelan Tapi Pasti, Kedepankan Konservasi, Siap Gelar Lomba G-36

Kambing Hitam yang sebelumnya dikenal sebagai BC (Bird Club), kini menjelma jadi EO perburungan Indonesia dengan nama Kambing Hitam Indonesia (KHI). Pada Selasa (6/8) malam, KHI Cabang Jember resmi berdiri setelah menggelar Musuyawarah Cabang.

Memang EO yang satu ini tidak seperti EO-EO yang lain.  Di saat deklarasi atau beberapa saat setelahnya, biasanya langsung membuat jagad perburungan menjadi heboh dengan gembar-gembornya yang luar biasa.

Tapi tidak dengan KHI. Sudah hampir berjalan satu setengah bulanan sejak berubah jadi EO, nama KHI masih asing di sebagian kalangan kicaumania, khususnya kalangan tengah ke bawah.

“Kami sengaja bergerak pelan, hati-hati, tanpa gembar-gembor yang terlalu wah. Tapi kami memiliki tujuan yang jelas, dan terukur. Intinya pelan tapi pasti, tidak grusa-grusu. Ke depan kami juga ingin dikenal dan memiliki nama besar, tapi sementara kami bangun pondasi yang kuat dulu,” kata Eric Sanders yang menjabat sebagai ketua bidang organisasi di KHI pusat.

 

 

Biar anis merah mau teler maksi, di-quattrick aja... Hubungi nomor yang ada di baner berikut untuk mendapatkan produk QUATTRICK yang asli, atau melalui Bukalapak atau Tokopedia.

 

Ditemui di Café Panaongan Jl. Dhamawangsa Jember pada Selasa Malam (6/8), ternyata Eric Sanders beserta salah satu tokoh penting di KHI yaitu Coco Abbas,  sedang meresmikan KHI cabang Jember dengan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) yang pertama.

Afuy Borneo didapuk sebagai ketua KHI cabang Jember periode 2019-2023. Hadir dalam pertemuan ini, selain para punggawa KHI Jember, juga oleh perwakilan EO, pengelola arena, dan beberapa kicaumania di Jember.

Coco Abbas yang menjabat sebagai sekretaris umum KHI pusat, mengenalkan nama-nama pengurus KHI Jember periode 2019-2023. Selain itu, juga menyampaikan visi dan misi kepada tamu undangan yang hadir.

 

Berikut adalah struktur kepungurusan KHI cabang Jember periode 2019-2023

Ketua : Afuy Borneo
Wakil Ketua  : Raditya Andaru
Sekretaris   : 1. Amron
  : 2. Adi Prasetyo
Bendahara   : Ibu Suliha
Div.Humas : Haryanto
    Hasyim
    Ivan
Div. Konservasi  : Febri
Perlengkapan    : All Crew KHI Jember

 

 

AFUY BORNEO PEGANG TONGKAT KETUA KHI CAB JEMBER

 

Pada intinya, KHI akan mengedepankan konservasi dan pemberdayaan masyarakat yang bergerak dalam bidang dunia perburungan.  “Memang tujuan saat ini, KHI menekankan dalam bidang konservasi dan pemberdayaan masyarakat untuk menunjang perekonomian. Salah satu cara yang akan kami lakukan adalah, melalui program penangkaran, penyadaran serta pemberdayaan masyarakat. Semua itu sudah diatur dalam AD/ART KHI,” jelas Coco Abbas sambil menunjukkan buku AD/ART KHI.

KHI juga akan berupaya ikut mengendalikan kegiatan pemanfaatan burung agar lebih berwawasan konservasi. Salah satunya, tidak membuka kelas lomba untuk jenis burung-burung yang masuk dalam daftar burung dilindungi.

“Kami pada prinsipnya akan mematuhi dan mendukung peraturan pemerintah, namun pada beberapa bagian akan tetap mengkritisinya. Seperti saat ini yang sedang kami gencarkan adalah, bagaimana caranya untuk menangkar cucak hijau hingga berhasil, agar terbebas dari daftar burung yang dilindungi. KHI berupaya untuk bisa membuktikan kalau cucak hijau bisa ditangkar. Jadi kami akan mendukung penuh kicaumania, agar tetap bisa berjalan seiring dengan program pemerintah,” tegas Eric Sanders.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Oleh sebab itu di setiap pembukaan cabang KHI, akan ada bagian konservasi. Untuk wilayah Jember, posisi bidang konservasi dipegang oleh Febri. Ke depan KHI akan mengeluarkan ring KHI untuk burung-burung yang berhasil ditangkarkan, sebagai salah satu identitas keberhasilan KHI di bidang Konservasi.

Dari segi pemberdayaan dan swasembada masyarakat untuk menunjang perekonomian, KHI akan bekerjasama dengan para pengrajin sangkar dan aksesoris, untuk menyediakan kebutuhan kicaumania. KHI membuka jalan dan pasar bagi para pengrajin tersebut untuk memasarkan hasil karyanya.

Dengan beberapa penyampaian susunan pengurus,  visi-misi, dan program terstruktur yang akan dijalankan sesuai AD/ART, KHI cabang Jember mendapat sambutan hangat dari para tamu undangan. Bahkan di pertemuan ini juga, ada yang menyatakan berminat untuk gabung menjadi juri KHI.

 

PEMBENTUKAN KHI JEMBER DIHADIRI TOKOH EO JEMBER

 

Di sini Eric Sanders menjelaskan, bahwasanya KHI tidak mudah untuk merekrut juri. Harus melewati beberapa tahapan dan syarat. Yang paling penting, perekrutan juri harus mendapat rekomandasi dari tokoh-tokoh perburungan.

“Untuk saat ini, kami belum merekrut juri sebanyak mungkin. Karena kami ingin hati-hati, tidak grusa-grusu. Karena kami ingin juri KHI, bisa difungsikan semua. Percuma banyak juri tapi minim fungsi. Untuk jadi juri juga tidak mudah di KHI, karena harus mendapat rekomendasi dari tokoh-tokoh perburungan.  Itu juga seperti pembukaan cabang baru KHI, harus dapat rekomendasi dari tokoh-tokoh perburungan,” kata Eric Sanders.

Para tamu undangan yang hadir di acara ini, sudah tidak sabar untuk menunggu kegiatan KHI khususnya di Jember. Pertanyaan kapan akan diadakan lomba dengan juri KHI, nyaris ditanyakan oleh semua tamu undangan.

 

 

Afuy Borneo sebagai ketua, sudah menyiapkan gebrakan untuk memenuhi rasa penasaran kicaumania dengan penjuri ala KHI. Bocorannya, hanya menggunakan 36 gantangan. Nantinya, perwakilan pemain bisa masuk lapangan untuk ikut menyaksikan gacoanya berlaga dengan disediakan kursi dekat gantangan.

“Tunggu saja gebrakan yang sudah kami rancang. Intinya di even KHI, bertujuan untuk mencerdaskan kicaumania, juga serba transparan dari segi penjurian,” jelas Afuy Borneo yang mantap menjadi ketua, karena merasa cocok dengan visi dan misi KHI waktu menghadiri Munas I di Jogja.

Sebagai pengingat, KHI dideklarasikan pada 23 Juni 2019 bersamaan dengan digelarnya even LBC Cup 3 Yogyakarta. Sekitar sebulan setelahnya, digelar Musyawarah Nasional (Munas) I, tepatnya pada 19-20 Juli di hotel Queen of the South Parangtritis, Yogyakarta. Terpilih sebagai Ketua Umum adalah Sapta Nugraha, SH.

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

Pastikan JANGKRIK yang diberikan untuk burung Anda bersih, sehat, dan mengandung nutrisi terukur. Lihat video bagaimana sebaiknya memperlakukan jangkrik yang baru dibeli, dengan klik gambar di bawah ini.

KATA KUNCI: musyawarah khi cabang jember eric sanders coco abbas afuy borneo kambing hitam indonesia khi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp