SUKSES BETERNAK LB JUARA. JACKY (KANAN) DENGAN ANAKAN HASIL BREEDINGNYA.

MENCETAK LOVE BIRD JUARA

Piyikan Saja Mampu Ngekek 70 Detik

Mencetak love bird memang tidak boleh sembarangan, harus memperhatikan indukan yang akan dijadikan sumber produksinya. Calon indukan diupayakan benar-benar memiliki kualitas tinggi dengan indikasi pernah juara atau meraih prestasi terbaik baik di tingkat regional maupun nasional.

Dari indukan prestasi, dijamin akan menghasilkan anakan (piyik) yang berkualitas serupa induknya. Kalau dilombakan, anakan-anakan itu nanti bukan mustahil bisa merebut juara mengikuti jejak induknya.

 

 

ANAKAN HASIL BREEDING RATA-RATA NGEKEK PANJANG 70 DETIK.

 

Beternak love bird dengan mengandalkan indukan trah juara berhasil dilakukan Jacky di Delanggu Mojokerto. Dari indukan trah juara itu, anakan yang “dilahirkan” ternyata juga merebut juara mulai dari tingkat Latber, Latpres hingga lomba niasional.

Anakan love bird yang “diproduksi” di kandang Jacky rata-rata memiliki kemampuan ngekek panjang selain dlengkapi bulu-bulu berwarna menawan. Meski sebagian besar adalah berjenis hijau standar, tapi ngekeknya rata-rata panjang.

 

 

Menurut pengamatan Jacky, seluruh anakan yang dihasilkan di kandang breeding-nya dengan umur 2 bulan saja, rata-rata mampu ngekek panjang selama 40 – 70 detik. Sementara induknya seperti Samurai, Sinden Gending dan lainnya mampu ngekek antara 80 – 90 detik. Diperkirakan seluruh anakan ketika dewasa nantinya mampu ngekek panjang serupa induknya dengan durasi 80 – 90 detik.

“Sebab itu, selama menekuni breeding love bird, induk jantan maupun betina yang saya gunakan selalu memiliki trah juara agar anakan yang dilahirkan juga potensi merebut juara dengan indikasi ngekeknya panjang. Dan prediksi itu benar-benar nyata karena sejumlah anakannya ketika berlomba, mampu merebut juara pula ,” kata Jacky kepada burungnews.com di farmnya Jl. Raya Jenderal Sudirman No. 22, Kec. Delanggu, Kab. Mojokerto belum lama ini.

 

PENJODOHAN TAHAP 1. SATU JANTAN DAN LIMA BETINA DIMASUKKAN KANDANG KOLONI.

 

Selama ini, Jacky sudah membangun 35 kandang breeding yang terletak di lantai atas dan belakang rumahnya. Sebagian besar kandang sudah berproduksi secara rutin. Dan yang membanggakan, sepasang indukan yang dijodohkan di masing-masing kandang breeding tadi adalah peraih prestasi terutama pernah merebut juara 1 hingga 3 di lomba tingkat regional maupun nasional.  

“Induk jantan dan betina yang dijodohkan saya pilih yang punya prestasi besar dengan merebut juara di sejumlah lomba baik regional maupun nasional. Jadi sepasang indukan juara itu saya ibaratkan pabrik untuk menghasilkan anakan calon juara pula,” papar Jacky seraya berujar bahwa anakan hasil breedingnya diberi 3 jenis ring masing-masing Ring Jacky, Ring Sinden dan Double Ring.

 

HARI GINI BELUM MENCOBA TWEET SONG? Bergabunglah dengan kicaumania jaman now... Tweet Song, pakan burung berkualitas dengan nutrisi seimbang, sangat sesuai dengran kebutuhan burung Anda. Coba dan buktikan.

 

Beberapa indukan yang dimaksudkan Jacky dengan segudang prestasi di antaranya : Samurai si peraih juara Latpres tingkat regional Jatim, Sinden Gending selaku peraih juara Piala Raja Yogya 2006 dan juara M 3 di Surabaya, Sinden Tomcat si peraih juara 2 Kapolda Cup Jatim, Sinden Tandak selaku peraih juara Latber hingga Latpres di seputan Jatim, Kacong si peraih juara di Kediri, Sinden Jr selaku peraih juara 1 di setiap latber dan latpres di Mojokerto dan masih banyak lagi yang lainnya.

Breeding love bird “juara” yang dilakukan Jacky menggunakan dua tahapan. Tahap pertama adalah pencarian jodoh di kandang koloni. Dan tahap kedua memasukkan sepasang love bird yang telah jodoh ke dalam kandang baterai. Induk jantan dan betina yang akan dijodohkan syaratnya harus trah juara. Pejantan minimal berumur 1 tahun dan betinanya berumur 2 tahun karena sudah birahi.

 

BERJODOH. SEPASANG LOVE BIRD SELALU BERDUA DI KANDANG KOLONI.

 

Pada tahap pertama disiapkan kandang koloni dengan ukuran panjang 2 meter, tinggi 1 meter dan lebar 50 cm. Di dalam kandang itu dimasukkan 1 pejantan dan 5 betina yang sudah berumur.

“Biarkan seluruh love bird berada di dalam kandang koloni itu sampai pejantan menemukan jodohnya atau memilih salah satu betina dari 5 betina yang disiapkan,” terang Jacky sembari berujar bahwa pihaknya juga memasarkan anakan hasil breedingnya di Surabaya tepatnya di Jl. Rungkut Lor Gg. 9 No. 24 Rungkut Surabaya.

 

JANGAN BIASAKAN MEMBERIKAN JANGKRIK YANG BARU DIBELI. Kita tidak pernah tahu seperti apa medianya dan apa yang dimakan sebelumnya kan? Banyak pakan untuk jangkrik, seperti beragam sayuran, mengandung residu kimia yang kurang bagus bahkan bisa membahayakan, bila jangkriknya kemudian diberikan langsung ke burung.

KARANTINAKAN DULU 1-2 hari di media yang bersih dan sehat, berikan pakan sehat dan bernutrisi. Sekarang tersedia pakan khusus jangkrik, praktis, dengan kandungan nutrisi terstandar sesuai kebutuhan burung Anda. OMEGA VIT, juga akan mendetox zat-zat kurang bagus yang mungkin terdapat dalam tubuh jangkrik.

 

Waktu untuk berjodoh tergantung kondisinya. Kadang setelah 1 – 2 minggu burung-burung itu dimasukkan ke dalam kandang koloni, pejantan sudah berjodoh dengan satu betina dari 5 betina yang disiapkan.

Ciri-ciri jantan dan betina yang sudah berjodoh adalah keduanya saling bersamaan dan berbunyi bersahut-sahutan. Keduanya juga cenderung menjauh dari 4 betina yang bukan menjadi pilihan pejantan tadi. Kalau dipastikan love bird itu berjodoh, maka saatnya memasuki tahap kedua yakni sepasang love bird tadi dimasukkan ke dalam kandang baterai.

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: rahasia mencetak love bird juara

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp