KENARI MANDI

MEMANDIKAN BURUNG

Cukup 1 Menit, Melatih Burung Bisa Mandi Sendiri

 

 

 

Ingin burung Anda gacor ketika di rumah dan bisa tampil stabil di arena lomba? Salah satu kunci suksesnya adalah dengan mandi secara teratur sesuai kebiasaan atau karakter burung. Tapi, bagi sebagaian penghobi burung, apakah itu kenari atau jenis lainnya, mengajari burung agar mau mandi bukanlah hal mudah.

Biasanya, karena dicoba berulangkali tetap saja tidak mau mandi, karena frustrasi, kenari langsung saja disemprot pakai handspraiyer. Kalau tidak tahu tekhniknya, justru akan membuat kenari pilek atau flu, menyebabkan suaranya jadi serak, atau bahkan bisa mengakibatkan kematian bila tidak ditangani dengan baik, misalnya dengan memberinya obat dan lain-lain.

 

YAZID ASIKA CANARY SIDOARJO. PRESTASI BERKAT MANDI TERATUR

 

Ini dia, tips cerdas yang dipaparkan Yazid dari Asika Canary Sidoarjo. Yazid sudah mempraktekkan dan membuktikannya pada burung kenari. Tetapi teknik ini sebenarnya berlaku dan bisa digunakan untuk semua jenis burung. Menurut pengalamannya, tak sampai 1 menit, burung yang awalnya tak bisa mandi sendiri, jadi mau.

Pertama-tama, pada pagi hari burung diangin-anginkan atau bila matahari sudah terbit, dihangatkan sekitar sepuluh sampai limabelas 15 menit. Jemur secara bersamaan beberapa burung yang Anda miliki.

Sembari menunggu, siapkan dulu handspraiyer yang digunakan untuk menyemprot burung, terus masukkan burung yang sudah sering mandi, seperti anis merah, jalak suren, murai dan lainnya yang sudah suka mandi di bak mandi, laluy dekatkan kenari atau jenis burung lainnya yang akan diajari, dengan burung-burung tersebut.

 

MELATIH MANDI, "MENIRU" BURUNG LAIN YANG SUDAH BIASA

 

Semprot bulu burung-burung baik yang akan dilatih maupun yang akan dimandikan lainnya dengan menggunakan handspraiyer. "Cukup disemprot sedikit saja, jangan sampai basah kuyup ya. Tujuannya untuk merangsang burung segera mandi," ungkap Yazid.

Benar saja, tak lama kemudian burung yang sudah biasa mandi langsung nyebur ke bak pemandian. "Melihat burung lain mandi dan terlihat segar, bisa dipastikan, burung lain yang tidak biasa mandi akan ikutan nyebur ke bak mandi atau wadah minum," lanjutnya.

 

 

Yazid memastikan, asal sudah punya burung yang suka mandi, mengajari burung supaya mau mandi sendiri tidak sulit, hanya butuh hitungan menit saja. Setelah puas mandi, segera jemur kenari agar bulunya kering.

Untuk memandikan kenari dan jenis burung kecil lainnya, sebaiknya dilakukan pada pagi hari, karena kalau dilakukan pasa sore hari, dikawatirkan bulu tidak kering dan kenari bisa masuk angin atau bahkan piliek. Ini bisa jadi pekerjaan tambahan yang lebih menyulitkan.

 

 

"Untuk antisipasi agar kenari tidak mudah terserang pilek, berikan beberapa tetes Super-N ke dalam wadah minuman. Solusinya cukup dengan cara ini, penjemuran dan beberapa tetes Super-N saja, maka kenari bisa tahan penyakit," katanya.

Ditekankan lagi oleh Yazid, ia memang mempraktekkan pada jenis kenari. "Tapi saya yakin teknik ini bisa diterapkan juga pada semua jenis burung lainnya."

 

BACA JUGA, TIPS LAINNYA DARI ASIKA CANARY SIDOARJO:

Menghindari Kenari Mati Akibat Gigitan Semut Merah, KLIK DI SINI

Breeding Kenari Jawara: Berbekal Indukan Prestasi Saja Belum Cukup, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: asika canary sidoarjo yazid cara gampah melatih burung mandi 1 menit burung bisa mandi sendiri

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp