AZIZ (KANAN) SUKSES ANTARKAN CENDET SAWMIL RAIH NYARIS NYERI

KONTES WONK LAWAS ENTERPRISE

Atasi ‘Mbayek’ Dengan Trik Ini, Cendet Sawmil Nyaris Nyeri

Bagi para cendeters, menampilkan gaconya dengan maksimal tanpa terlihat ngeleper atau ‘mbayek’ merupakan hal yang diidam-idamkan. Untuk itu, para cendeters seperti Aziz yang meramu cendet Sawmil mempunyai trik tersendiri agar gacoannya bisa tampil sempurna di mata para juri.

Tidak semua burung prestasi yang sudah dibeli akan tampil apik kinerjanya saat hendak digantangkan. Contohnya Abah Mujib, setelah mentake over cendet Sawmil yang merupakan burung syarat juara. Sawmil yang mulai digantangkan kerap mendapat trouble yang membuat pusing Abah Mujib.

 

 

CENDET SAWMIL

 

Karena sudah merasa bingung, Abah Mujib pun menyuruh Aziz untuk merawat gaco yang dibelinya dari pemain Surabaya Barat ini. “Sebelum mabung Sawmil kalau digantangkan kerjanya bagus tapi ya gitu kadang-kadang terlihat ngeleper atau mbayek saat di tengah atau akhir penjurian,” beber Aziz.

Ngeleper atau mbayek umumnya terjadi karena beberapa faktor seperti birahi yang tinggi, lapar, kurang fit atau hal lainnya. Untuk itu sang peramu harus pandai dalam memahami karakter burung. Pasalnya, jika sang peramu tidak memahami karakter cendet akan mudah untuk mbayek saat digantangkan.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Aziz pun merubah beberapa rawatan Sawmil dari asalnya. Mulanya Sawmil yang tiap hari malam kini diganti pada pagi hari mulai pukul 7 hingga selesai. “Mungkin adaptasi tempat barunya Sawmil lebih cocok mandi pagi. Makanya saat saya mandikan di pagi hari burung ini terlihat lebih fresh dan nyaman,” jelasnya.

Untuk menu extra foodingnya, Aziz masih sama memberikannya 7 ekor jangkrik di pagi dan 7 ekor lagi di sore harinya. “Sawmil hanya saya berikan tambahan extra fooding saat berada di lapangan -2 sesi sebelum naik. Tujuannya agar burung lebih bertenaga dan tampilnya biar maksimal,” ucapnya.

 

MBAH TO BERHASIL KAWAL KACER BOROS JADI YANG TERBAIK

 

Sedangkan untuk mengatasi ngeleper atau mbayek saat digantangkan, kunci utama Aziz ialah rela datang lebih awal dengan tujuan untuk memandikan Sawmil sampai basah kuyup. Hal ini dilakukan agar cendet bisa lebih tenang dan birahinya terjaga stabil walau bertemu suara cendet lainnya di gantangan.

“Setelah mandi hingga basah kuyup saya angin-anginkan sambil dikasih minum saja. Intinya meredam birahinya dulu sebelum tampil, karena cendet sangat mudah naik birahinya jika ketemu lawannya di gantangan,” katanya.

 

RIFKI (KIRI) SUKSES MONCERKAN MB PITERSEN

 

Alhasil, dengan rawatan serta pemahaman karakter yang intens. Aziz pun mendapat hasil baik saat menggantangkan Sawmil di kontes Wonk Lawas Enterprise, Surabaya hari Jum’at (02/10). Dari 2 sesi yang diikutinya Sawmil sukses meraih nyaris nyeri alias juara 1 dan 2.

“Alhamdulillah Sawmil kerja dengan baik tanpa ngeleper atau mbayek saat gantang perdana pasca dari mabungnya. Semoga saja kinerjanya bisa terus stabil dan problem mbayeknya sudah teratasi,” harap Aziz.

 

 

Pada sesi kacer, Mbah To yang mengawal Boros milik Rudi berhasil menjadi yang terbaik. Keberhasilan burung yang baru selesai dari masa mabungnya ini tak lain dari kinerjanya yang apik saat melantunkan roll speed bernadakan burung-burung kecil yang rapat.

“Boros sebenarnya gaco lama tapi jarang dimainkan. Padahal ini burung kalau di bawah itu selalu mbagong tapi kerennya saat di atas gantangan bertemu lawan-lawannya burung ini bertarung dengan baik dan nyaris tidak pernah mbagong,” kata Mbah To.

 

PESONA RAJAI SESI CUCAK HIJAU A

 

Sesi murai batu, Rifki yang membawa Pitersen kembali menuai decak kagum para kicau mania berkat aksi mewahnya. Bergaya hyper, Pitersen gacoan milik Agung Mhd dari Mahadewa SF ini mengeluarkan tembakan variatif dengan powernya yang khas.

Jedanya yang rapat membuat Pitersen semakin mencolok di mata para juri serta kicau mania yang datang saat itu. Tak heran jika Pitersen berhasil merebut tahta pertama dengan mengungguli Songo Songo dan Sniper. “Pitersen memang sedang on fire beberapa Minggu ini,” ucap Rifki dengan senyum polosnya. [SINGGIH]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

MAXIMUM MONCER PADA SESI MURAI BATU B

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

 

KATA KUNCI: kontes wonk lawas enterprise cendet sawmil

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp