FAJAR SUKSES ORBITKAN HASIL BREEDINGNYA

KONTES SUBDENPOM BC JEMBER

LB Ryzen Naik Podium di Usia 2 Bulan 15 Hari Berkat Tetesan Vitamin Pada Bubur Lolohan

Jarang terbukti ada love bird bisa naik podium di usia 2 bulan 15 hari. Bahkan dengan usia sebelia itu, pada umumnya masih belajar pecah milet. Tapi Fajar punggawa JLBF, memberi pembuktian lewat hasil breedingnya. Rahasianya ada campuran vitamin pada bubur lolohannya.

Pada kontes hari Rabu, 4 September 2019 di arena Subdenpom BC, ada love bird yang tampil mengejutkan di kelas paud B. Love bird berwarna pastel violet dengan postur tubuh bongsor itu, melepas durasi L2 dengan gaya kepala geleng-geleng. Volumenyapun dahsyat layaknya love bird dewasa. Bahkan banyak pemain yang mengiranya kalau love bird yang menempati nomer gantangan 04 itu sudah bukan paud lagi.

Setelah penjurian selesai, benar saja love bird bernama Ryzen milik Fajar Nadacomp salah satu anggota dari komunitas JLBF ini, dicek oleh juri. Hasilnya ternyata murni paud, bahkan kakinya masih dipenuhi bercak hitam. “Tadi volume, gaya ngekeknya, dan posturnya saja yang seperti love bird dewasa. Tapi dilihat dari bulu dan kakinya, love bird itu murni paud. Bahkan bisa dibilang masih baby,” jelas Wawan, juri yang melakukan pengecekan.

 

 

ANNIVERSARY KE-2 SUBDENPOM BC 6 OKTOBER 2019

 

Setelah dinyatakan murni paud, Ryzen dinobatkan sebagai juara 3 di bawah Kancil milik Hardy KLI Jember dan Canon yang juga milik Fajar. “Alhamdulillah, perdana tampil sudah membuktikan kualitasnya. Saya sangat puas, karena uji coba penambahan vitamin di bubur lolohan, hasilnya memuaskan,” pungkas Fajar.

Ditemui burungnews, Fajar buka-bukaan nama vitamin yang Ia campur pada bubur lolohannya tersebut. Ternyata sosok yang memiliki puluhan pasang indukan produksi love bird warna exotic ini, menggunakan vitamin Lemans. “Saya tau Lemans itu dari teman-teman yang sudah membuktikan kalau bisa menyembuhkan segala penyakit pada burung dan unggas yang lainnya. Soalnya dulu ada indukan di kandang yang terserang penyakit. Setelah diberi Lemans, 2 hari berikutnya kembali sehat dan saat ini kembali produksi lagi. Ada juga teman yang pakai Lemans buat harian, katanya buat vitamin burung lomba.”

Setelah mengetahui khasiat Lemans dan belum mendengar efek sampingnya, Fajar memberanikan diri mencoba Lemans pada bubur lolohannya dengan cara dicampur untuk love bird hasil ternakannya yang Ia loloh sendiri. Satu cepuk bubur lolohan yang sudah siap saji, Ia berikan 2 tetes Lemans.

 

 

“Perkembangan anakan sangat cepat, postur tubuh jadi lebih bongsor, sehat, aktif, lincah, dan warna bulu mengkilat alias tegas, tidak kusam. Daya tahan tubuhnya juga kuat. Anehnya lagi, usia 2 bulanan sudah mandiri dan mulai belajar ngekek. Di rumah masih ada 2 ekor lagi yang seumuran Ryzen,” ujar Fajar.

Untuk perawatan Ryzen, hariannya full jemur dan mandi cepuk sendiri. Pakan yang Fajar pakai, adalah pakan hasil racikannya sendiri. Jagung muda setiap hari diberikan. Pengkrodongan hanya jika mau dibawa lomba, karena Ryzen pakai sistem temple untuk menghidari rasa keponya.

Sedangkan untuk gaco yang satunya yaitu Canon dengan warna Pastel Biola, juga diberikan Lemans pada cepuk minumnya setelah pulang lomba. Tujuannya, untuk memulihkan tenaga pada burung. “Canon sudah burung matang. Nyaris setiap hari saya bawa lomba. Jadi untuk mengembalikan tenaganya, saya berikan Lemans juga,” lanjut Fajar.

 

FERRY FJT RAIH KEMENANGAN LEWAT CH LAND CRUISER DAN KACER RI-1

 

Canon yang pada kontes kali ini memberinya tropi juara 1 di kelas paud A, juara 2 di kelas paud B dan juara 3 di kelas L1 A, berhasil tampil stabil dengan tipikalnya yang semi konslet. Kekean berdurasi L3 dan nyaris mendapat sebutan panjang, kerap dibawakan Canon dari awal hingga akhir penjurian.

Canon yang sebelumnya akan dibuat materi kandang ini, rencananya akan kembali diturunkan pada gelaran Anniversary ke 2 Subdenpom BC (6/10), untuk turun di kelas L1. Sedangkan di kelas paud, Fajar akan mengandalkan Ryzen. “Masih ada waktu satu bulan untuk menyiapkan Canon dan Ryzen,” kata Fajar JLBF.

Kelas ocehan di kontes kali ini, antusias pesertanya semakin bertambah. Kelas kacer yang biasanya hanya ramai pada jadwal kontes hari Minggu, di kontes Rabu kali ini berhasil digelar 2 sesi. Dan kelas kenari juga berhasil naik dua sesi. Untuk kelas murai batu dan cucak hijau, semua sesi nyaris dipenuhi peserta.

 

 

 

Ferry FJT yang membawa 2 gacoannya, cucak hijau Fortuner dan kacer RI-1, berhasil membawa pulang dua tropi juara 1. Fortuner berhasil naik podium di sesi cucak hijau A ,setelah kembali tampil maksimal dengan gaya ngentrok jambul hingga buka ekor kala membawakan lagu roll tembaknya.

Sedangkan RI-1 kacer yang Ia siapkan untuk turun di Black Steel Cup Malang dan Anniversary Subdenpom BC, menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pembawaan lagunya yang rool tembak, semakin panjang Ia sajikan. Dengan gaya full buka ekor, RI-1 nagen di satu titik pangkringan hingga laga usai. Koncer A di sesi A, berhasil RI-1 raih dengan mutlak. “Gaco-gaco sudah pada siap. Tinggal cari even-even yang bergengsi ke depan,” ujar Ferry FJT.

Arifin putra dari H Jamhari, menjadikan kontes kali ini untuk menemukan titik maksimalnya dari murai batu Boyolali. Murai batu jenis ekor putih yang kini menjadi salah satu gaco berbahaya di Jember karena stabil mendulang prestasi ini, dicoba untuk menempati sangkar baru.

 

PINDAH SANGKAR MB BOYOLALI LANGSUNG KERASAN

 

Hasilnya cukup memuaskan. Boyolali justru tampil lebih greget dan gencar memuntahkan isian kenari yang disambung kenarian. Hanya turun satu sesi, Boyolali berhasil menempati podium puncak di sesi murai batu A. “Wes cocok dengan sangkar ini. Persiapan besok main di Granat Cup Situbondo,” kata Arifin.

Selain para peserta yang datang di kontes kali ini untuk melatih gacoannya, ternyata juga banyak yang memesan tiket untuk even Anniversary. “Even masih satu bulan lagi. Tapi Alhamdulillah pemesanan tiket sudah mengalir deras. Untuk teman-teman yang ingin turun di even Anniversary, segeralah pesan tiketnya sebelum kehabisan,” kata Yudhi panitia yang bertugas di tiketing.

BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

 

KATA KUNCI: lemans jlbf anniversary subdenpom bc

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp