KN GOTHIC BAWA PULANG TROPI JUMBO

KONTES SUBDENPOM BC JEMBER

Kelas Kenari Bangkit, Gothic, Golbino, Bon Jovi dan Pop Corn Berbagi Podium, Bar Bar dan Venom Come Back

Kenarimania Jember kembali memberi bukti kalau kenari benar-benar bangkit lagi di Jember. Terbukti dalam kontes rutin Subdenpom BC Jember Minggu, 10 Februari 2019, empat sesi berhasil dilahap dengan peserta yang nyaris full gantangan.

Kedati tidak sesuai harapan untuk memberi bukti penuhi gantangan, tapi komunitas kenari yang hadir dalam kontes kali ini, sudah cukup menandakan kebangkitan kelas kenari di Jember. “Memang kalau hari Minggu sulit disatukan karena banyak even, jadinya tersebar. Tapi tadi terlihat sudah lumayan. Banyak kenari mania yang dulunya vakum, kini kembali membawa kenarinya ke arena lomba,” tandas Mbah Yonie Gita Canary dari PBB BC.

 

 

KENARI BANGKIT PERMINTAAN PASAR MELEJIT

 

Keinginan Mbah Yonie serta para penggagas kenari lainnya, tak lain untuk mendongkrak kembali harga kenari di pasaran. Selain itu juga untuk menghidupkan para breeder kenari di Jember. Terbukti sejak even Battle Of Canary 5 Februrai lalu di arena New KMW, banyak permintaan kenari yang siap untuk dilombakan. Terlihat di beberapa grup facebook, banyak yang mencari kenari siap gantang. Tujuannya tak lain untuk turun di arena Subdenpom BC Jember kali ini.

Keinginan tersebut disambut hangat oleh panitia Subdenpom BC. Salah satunya dengan memberi kemasan yang menarik, yaitu juara 1 mendapat tropi jumbo juga bonus. “Kami 100% sangat mendukung jika kenari kembali naik pamor. Selain untuk medongkrak harga di pasaran dan menghidupi kembali para breeder, juga untuk konservasi alam,” jelas Mr. Tatang selaku juri senior Subdenpom BC.

Dengan jumlah peserta yang nyaris memenuhi gantangan, pertarungapun tersaji sangat sengit. Saking sengitnya, tak satupun jagoan kenari yang berhasil mencetak kemenangan ganda. Ada empat nama kenari yang berhasil menempati podium puncak. Ghothic, Golbino, Bon Jovi dan Pop Corn adalah sang peraih podium emas.

Ghotic besutan Eka Putra dari Djarum BC, sukses membuka kemenangan di sesi Bebas A. Berbekal durasi panjang dengan nada lagu standart cengkok yang selalu dibawakan secara tuntas, Gothic sukses menghipnotos juri dengan gayanya yang ngawet.

 

DIKAWAL FAJAR LDR GOLBINA TETAP MENGGILA

 

Sedangkan di Sesi Bebas B, giliran Golbino milik Suyatno dari Duta New KMW yang berhasil memboyong tropi jumbo. Dikawal oleh Fajar LDR, kenari warna kuning cerah yang sering meraih prestasi di arena ini, tampil ngedur sepanjang penjurian. Gayanya yang satu titik gela-gelo, semakin membuat juri terbuai saat menikmati lagu miji-mijinya yang dibawakan seiring gelengan kepalanya.

Datang telat, Golbino hanya bisa turun dua sesi. “Tadi datangnya telat, untung saja masih bisa bawa pulang juara. Main lagi di sesi C, kalah tos karena tenaganya malah gembos di akhir-akhir. Tapi puas bisa bersaing dengan sekian banyaknya kenari,” pungkas Fajar LDR yang tak lain sosok penggerak kenatri Jember bagian selatan ini.

 

BON JOVI NYARIS NYERI

 

Bon Jovi milik H. Lana dari Gerpas BC, akhirnya memperbaiki penampilannya di sesi Bebas C. Sebelumnya di sesi Bebas B, Bon Jovi yang berpostur kalitan ini hanya mampu bertengger di podium 6. Tapi saat kembali turun di sesi Bebas C, pringkatnya melejit dan mampu menempati podium puncak.

Bon Jovi nyaris saja mengulang prestasinya sebagai penghuni podium puncak, tapi sayang Pop Corn andalan Rohman DKS memupuskan harapannya saat bertarung di sesi kenari kecil. “Dasarnya saya memang pecinta kenari, jadi dengan gelaran seperti ini sayang sekali jika dilewatkan. Padahal sebelumnya sudah ada agenda untuk bermain ke luar kota untuk galang dukungan di even kami. Tapi sudah diwakili rekan-rekan Gerpas BC yang ke luar kota,” kata H. Lana yang akan menggelar even Lounching NzR Jember pada 24 Februari di Hotel Cempaka Hill Jember.

 

KEMBALI KE SANGKAR SEMULA CH BAR BAR KEMBALI NGEJOSS

 

Selain kelas kenari yang menyedot perhatian kicaumania karena pesertanya membludak, di sesi-sesi lain pesertanya juga tak kalah ramai. Terutama di kelas neraka yaitu cucak hijau. Bintang di kelas ngentrok jambul ini disandang oleh Bar-Bar gaco kesayangan Café Bagoestira dari Taman Gading Jember.

Nama Bar-Bar memang sudah tak asing lagi. Dua bulan yang lalu, cucak hijau ini selalu menghiasi puncak podium diberbagai gelaran di Jember, terutama turun di gelaran spesial dan latpresan. Bahkan Bar-Bar mampu dimainkan setiap hari dengan melahap 3 sesi sekaligus. Prestasi puncaknya, Bar-Bar berhasil menjadi runner up di even Merah Putih Secaba Cup II pada 20 Januari 2019 di Jember.
 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Semenjak even di Secaba itu, nama Bar-Bar sempat meredup. Ternyata penampilannya kurang maksimal saat dipindah sangkar. “Seneng sekali Bar-Bar bisa tembus di even nasional kala itu. Jadi saya beri hadiah sangkar baru. ternyata malah gak mau tampil seperti biasanya mas,” kata Bagus Siswoyo pemilik Café Bagoestira.

Setelah dipindahkan ke sangkar semula, Bar-Bar kembali tampil garang melepas segenap materi lagunya dengan gaya ngentrok jambul hyper. Itu dibuktikan di kontes kali ini dengan meraih juara 1 dua kali di sesi B dan D. “Alhamdulillah kembali tampil sesuai yang saya harapkan. Minggu depan saya turunkan di even Piala Bondowoso,” pungkas Bagus.

 

THE KING KEMBALI YUNUS YNS SIAP KE PIALA BONDOWOSO

 

Nama murai batu Venom kembali menjadi perbincangan hangat saat ini. Murai batu jenis ekor hitam andalan Yunus YNS dari Sabar BC ini, kembali turun gunung setelah kurang lebih 6 bulan menepi karena diternak. Penampilannya kini terlihat semakin garang dengan semakin bertambahnya materi lagu yang Ia rekam saat berada di kandang breeding.

Lagu khasnya yang dulu seperti cungkok, kenarian, walet dan srindit, masih tetap fasih dilontarkan Venom saat bertarung di atas gantangan dengan volume lantang. Ditambah saat ini dengan isian jangkrik dan prenjak betina, semakin menambah keistimewaan dari sosok Venom.

Menyabet juara 1 di sesi A dan juara 2 di sesi B, Yunus semakin PeDe membawa Venom berlaga di Piala Bondowoso. “Venom saya angkat untuk menggantikan The King yang saat ini proses ambrol bulu. Semoga saja ada rejeki di Bondowoso, seperti dulu saat Venom turun di even Sabaddha Yudha Bondowoso.” Harap Yunus YNS yang sukses dengan usaha produksi krodong burung merk YNS.

 

SENOPATI DIDAPAT AGUNG VR DARI HIBAHAN SAUDARA MADURA

 

Untuk pertarungan di kelas paruh bengkok, G2K BC yang dikomando oleh Andre G2, masih tetap mendominasi. Kendati gaco andalan G2K BC yaitu Tina Toon tidak ikut gabung karena berlaga di even Bali, tapi tim yang belum setahun berdiri ini berhasil berkibar berkat prestasi yang diukir oleh Denok, Sadenk, Miracle dan Bendol LWS.

Denok milik Andre G2, sukses memuncaki podium saat berlaga di sesi LB dewasa A dan juara 4 di sesi dewasa C. Sedangkan Sadenk besutan Ipank, melejit performanya dengan mendulang poin sebagai juara 2, 3, dan 9. Untuk Bendol LWS polesan Yogi Prayogo, berhasil menjadi runner up di kelas paud sesi B. “Alhamdulillah tim kami masih bisa berpartisipasi dan mendulang prestasi,” kata Yogi Prayogo yang menjadi caleg dari partai Gerindra dapil 6 Jember ini.

Untuk sesi love bird paud, Senopati milik Agung Vr dari Gaya Baru BC, berhasil membuat juri bekerja ekstra. Aksi receh dengan kekekan berdurasi sedang, tanpa henti dilepaskan love bird josan ini. turun di sesi B, Senopati menjadi kampiun saat berjibaku dengan 45 love bird belia yang lain.

 

G2K BC TETAP MENDOMINASI SESI LOVE BIRD

 

Menurut pengakuan Agung VR, ternyata Senopati adalah love bird yang dihibahkan ke Agung oleh saudaranya di Madura. “Kemarin perdana tampil masih nomer buncit di M1 arena ini. Alhamdulillah sekarang penampilannya semakin membaik,” kata Agung VR yang memberi sinyal turun ke Piala Bondowoso besuk 17 Februari 2019 di Alun Alun Bondowoso.

Panitia mengingatkan bahwasanya gelaran rutin M3 Minggu depan (17/2), akan ada kejutan dari segi bonus. “Untuk pemesanan M3 sudah kami buka. Besok ada kejutan bonus untuk beberapa kelas. Segera pesan tiketnya sebelum kehabisan,” kata Warno lewat pengeras suara.[Vilman K-conk]
 

Mengakses  BURUNGNEWS  lebih praktis dan cepat, unduh APPS-nya di PLAY STORE  (android) atau GOOGLE PLAY (Apple/Iphone/IOS)

 

 

KATA KUNCI: subdenpom bc

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp