CUCAK HIJAU MENJADI KELAS TERPANAS DIGELARAN KOMANDAN SECATA CUP

KOMANDAN SECATA CUP MAGETAN, #1

Benar-benar Jadi Ajang Silaturahmi Kicaumania Karesidenan

Hari Minggu (2/5/2021) di gantangan Tirta Yudha, komplek pemancingan Secata Magetan, kicaumania Magetan menjadi saksi bahwa jika lomba burung di kawasan lereng gunung Lawu ini sudah mulai menggeliat.

MR WAWAN BRI DAN IWAN SECATA PENGGAGAS GANTANGAN TIRTA YUDHA MAGETAN

 

 

Komandan Secata Cup Magetan dengan penggawa lomba Mr. Wawan BRI dan Mr, Iwan Secata menjadi tajuk perhelatan akbar perdana sekaligus launching gantangan anyar ini, yang diadili oleh juri-juri Independent Jalaratu karesidenan Madiun.

Lomba burung akbar perdana ini pun menjadi pembuka setelah hampir 2 tahun tak boleh menggelar lomba di kawasan kota Magetan. Dan lomba kali ini benar-benar menjadi ajang silaturahmi kicaumania Karesidenan Madiun yang sudah lama nggak kumpul sebanyak ini.

GUS HUSEIN BERSAMA MR. WAWAN BRI. DUA TOKOH KICAMANIA SIAP MEMBUAT MAGETAN MAKIN MONCER.

 

Tokoh-tokoh kicaumania Magetan juga terlihat hadir seperti Gus Husein (Lap Kelap Nemoer), sedangkan dari kawasan Madiun juga nampak Mr. Wage (99) dan Mr. Fajar Syah (Sultan SF) dan beberapa lainnya.

Dari 29 kelas yang digelar, beberapa kelas terpantau padat peserta seperti kelas Murai Batu, Cucak Hijau, dan salah satu kelas Love Bird Fighter. Hampir 1000 peserta menjadi hadir digelaran ini, mereka datang dari berbagai kawasan dalam maupun luar karesidenan Madiun.

Pada Burungnews, sebagai wakil dari seluruh panitia, Mr. Wawan BRI menyatakan bahwa gelaran ini bisa dibilang sebagai pembuka lomba besar kawasan Magetan, yang sudah hampir 2 tahun ini fakum.

"Alhamdulillah semuanya bisa dilaksanakan dengan baik dan kondusif meski lokasi lomba yang memang masih perlu penyempurnaan, maklum masih baru. Dan setiap masukkan akan kita perhatikan. Meski secara lokasi, gantangan ini cukup nyaman dan meski cuaca panas, namun disini tetap terasa sejuk karena dekat dengan pepohonan dan kolam," papar Mr. Wawan.

Insya Allah, lanjutnya setelah penyempurnaan dilakukan gantangan Tirta Yudha ini akan makin siap buat lomba-lomba besar. "Untuk sementara mungkin akan kita buka latihan bersama tiap hari Kamis," tuturnya.

Sementara itu, Gus Husein, yang sudah lama tak muncul karena kesibukan mengungkapkan rasa bangganya dengan kesuksesan gelaran ini.

"Saya bangga dengan teman-teman kicaumania Magetan bisa kumpul bersama dan saling dukung seperti ini, karena yang utama menurut saya tetap silaturahmi, menang kalah itu biasa dalam lomba, tapi bisa kumpul seperti ini sungguh sesuatu yang menyenangkan dan salah satu yang saya rindukan," ucap Gus Husein di sela-sela gelaran dengan membawa dua burung Murai.

Yang tak kalah menariknya, selain dari dalam wilayah Magetan, pasukan besar kicaumania terlihat hadir dari kota Reog Ponorogo. Hampir di semua kelas yang digelar mereka menurunkan burung-burung andalannya. Beberapa tokoh perburungan Ponorogo asal REOG BC juga hadir berombongan, seperti Mr. Kun Nasikin, H. Mariyanto, Wahyu Petani Maju dan Mr. Asmadi Badak Laut.

MR. KUN NASIKIN / REOG BC (PALING KIRI) BERSAMA MR. WAWAN BRI DAN BOS KWK SANGKAR MR. ADAM ELYASIN.

 

"Ya selain gantang kita silaturahmilah, kita selalu mensupport gelaran teman-teman di kota lain, makanya selama ada waktu kita nggak segan untuk hadir even teman-teman termasuk di Magetan ini. Oh ya, sekaligus juga mohon dukungan dan partisipasinya untuk gelaran REOG BC yang Insya Allah akan kita gelar beberapa minggu setelah Lebaran," jawab Mr. Kun Nasikin saat ditanya seputar selalu hadirnya dibanyak gelaran lomba.

Dan nggak hanya hadir karena beberapa burung juga diusung para tokoh ini mulai dari Murai Batu, Cucak Hijau hingga Kacer. Bahkan beberapa di antaranya sukses menapaki puncak podium kejuaran. Di kelas Murai Batu, burung H. Mariyanto, Kresna sukses menduduki podium 2. Sementara Bomber usungan Mr Asmadi moncer di sesi kedua kelas Cucak Hijau.

Bisa dibilang kelas Cucak Hijau yang selalu menjadi kelas terapanas, kali ini menjadi pestanya Cucak Hijau Ponorogo, bagaimana tidak, dua dari tiga kelas Cucak Hijau yang dibuka, burung-burung asal kota Reog berhasil meraih hasil positif.

Dibuka dengan kelas utama Cucak Hijau, CH Setrum milik Eric Sichur langsung membuka kemenangan, tentu ini cukup mengejutkan karena sudah cukup lama salah satu CH legend kota Reog ini paceklik kemenangan dan nampaknya Strum sudah kembali mampu menunjukkan perdorma aslinya, yang secara sah dan meyakinkan langsung meraih bendera koncer mutlak.

RAIH JUARA KELAS UTAMA, CUCAK HIJAU SETRUM DAN MR. ERIC SICHUR KEMBALI DENGAN PERFORMA ASLINYA.

CUCAK HIJAU BOMBER PONOROGO JUARA SESI KEDUA KELAS CUCAK HIJAU

 

Di kelas kedua, CH Bomber yang diusung Mr. Asmadi dan Pak Tiyo (REOG BC) moncer juara 1 di kelas Wadan Secata. Sedangkan kelas ketiga juara duanya diraih CH Japra milik mbah Suyoto (HS Jaya) Ponorogo. Posisi pertama luput dari tangan kicaumania Ponorogo dan lolos ke tangan CH Mandalika milik Nugroho asal Sandiro SF.

Bagaimana dengan kelas Kacer, satu burung asal Reog BC juga sukses bahkan hampir nyeri podium 1, dia adalah Kacer Raja Jalanan milik Mr. Wahyu Petani Maju yang menjuarai kelas Kacer Kaurum Secata, sedangkan di kelas Wadan Secata Raja Jalanan tuntas di posisi Kedua.

KACER RAJA JALANAN TERUS MENCETAK HASIL POSTIF DI SETIAP GELARAN

 

Cendet Radio milik Mr. Bayu HDN Magetan kembali mengguncang lomba, dan giliran gantangan anyar ini yang diguncang aksi berisik Radio dengan raihan double winners atau mencatat kemenangan dua kali atas rival-rivalnya.

TIM HDN SUKSES MENGHANTARKAN CENDET RADIO MERAIH JUARA DUA KALI DI GELARAN INI.

 

Radio menjuarai kelas Cendet Wadan Secata dan kelas Kaurum Secata. Kemenangan ini kembali mencatatkan burung predator asal Magetan ini sebagai salah satu burung cendet tersukses di kawasan Karesidenan Madiun dengan hampir selalu mencatatkan kemenangan di even-even besar.

Beberapa waktu belakangan, cendet-cendet Magetan memang makin sering mengisi buku kemenangan kelas Cendet, dan nampaknya ini bakal menjadi kawasan "penghasil" cendet-cendet kualitas.

CUCAK HIJAU JAPRA RAIH JUARA 2 SESI KETIGA KELAS CUCAK HIJAU.

CUPETONG JUARA KELAS MURAI BATU UTAMA.

MURAI BATU MILIK ADI HARYANTO MERAIH JUARA DI KELAS PAMUNGKAS MURAI BATU EVEN KOMANDAN SECATA CUP MAGETAN.   

 

KATA KUNCI: komandan secata cup magetan lomba burung magetan

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp