ARI KRUPUK & ASEF. CENDET RUSIA SIAP KE LOMBA YANG LEBIH BESAR

KHI NOTOPRAJAN

Pasca Terbang Bebas, Cendet Rusia Menang Beruntun, MB Brama Kumbara Borong Juara

Sempat lepas dan terbang bebas sekira 5 jam, cendet Rusia terus meraih juara dalam 2 pekan berturutan. Penampilan garang juga perlihatkan murai batu Brama Kumbara, hingga memborong dua kali juara 1.

Gelaran KHI di Dalem Notoprajan Yogyakarta, Minggu 26 September 2021, menyajikan format 36-G untuk semua kelas. Para juri pun bisa memantau semua peserta dengan lebih baik. Secara umum, even ini juga cukup meriah. Tak hanya dari Jogja saja, sejumlah peserta luar kota juga merapat ke sini.

 

PARA JURI. CARI YANG TERBAIK

 

Salah satu penampil yang mencuri perhatian adalah cendet Rusia milik WW Angga. Rusia tercatat sekali mencuri juara 1. Pekan yang lalu, Rusia juga merebut juara 1 di gelaran KPK Imogiri – Bantul, bersama Radjawali Indonesia.

Rusia belum lama dikirim WW Angga langsung dari Surabaya kepada Ari Krupuk Yogjakarta. Satu bulan lalu, Rusia sempat lepas dari sangkar dan terbang ke alam bebas selama 5 jam, dari jam 13.00 - 17.00. S

 

 

Setelah dicoba dipancing dengan burung lain, Rusia malah terbang jauh hingga tak terpantau lagi. Sudah barang tentu, Ari Krupuk kelimpungan hingga keluar keringat dingin sambil mencari-cari keluar masuk kebun orang.

Tiga jam lebih Ari Krupuk dan Asef kakaknya mencarinya, namun burung tidak juga ditemukan. Diselimuti rasa cemas Ari Krupuk akhinya nekat kontak bosnya, memberi tahukan Rusia lepas, ada ruji sangkarnya yang patah.

 

MC MIMI. MEMBUAT SUASANA MAKIN MAKIN HIDUP

 

Rejeki rupanya memang tidak ke mana, menjelang sore burung ternyata muncul di dahan pohon besar. Tak mau kehilangan kesempatan dan momentum, Ari Krupuk langsung kontak tukang tulup di Pasar Tlogorejo.

Setelah tukang pulut datang, burung akhinya tertangkap dengan baik. “Saya sudah pasrah, campur bingung sampai keluar keringat dingin, burung lepas sempat tidak kelihatan. Saya nekat dan beranikan diri kontak bosnya WW Angga, saya bilang Rusia lepas, saat mau dirawat di rumah ada ruji yang patah.”

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Menurut Ari, bosnya juga sudah pasrah. “Dia bilang, kalau sudah lepas ya sudah mau bagaimana lagi. Alhamdulillah menjelang sore burung muncul langsung saya kontak tukan tulup dari Pasar Tlogorejo,” ungkap Ari Krupuk kepada burungnews di sela-sela lomba.

Selain cendet rusia, Ari juga menurunkan jagoan milik WW Angga lainnya, murai batu Idola Jr. Gaco yang baru beres dari mabung ini langsung menyengat dan berhsail berada di tangga juara.

 

FATORI & KAWAN-KAWAN. BRAMA KUMBARA BORONG JUARA 1 DUA KELAS

 

Tampil perkasa, murai batu Brama Kumbara milik Zafik dari Serdadu Team yang diturunkan tiga kelas, memborong juara 1 sebanyak dua kali. Salah satu prestasi diraihnya di kelas paling bergengsi, tiket 300 ribu rupiah.

Brama Kumbara memiliki tenaga seperti mesin diesel, makin panas kerjanya makin kencang. Terlihat turun pertama hanya masuk 5 besar, turun berikutnya langsung makin kencang hingga berhasil masuk urutan atas.

 

 

Brama Kumbara yang belakangan sering dikawal Fatori memang sedang top form. Sebelum ini, turun di Pradana juga berhasil meraih juara 1.

“Brama Kumbara lagi kondisi on, kebetulan Zafik adik saya sedang tugas kerja di luar Jawa atu Kalimantan, makanya saya yang turunkan lapangan,” jelas Fatori yang punya usaha di bidang kontraktor dan furniture.

 

CANDRA KARTOSURO KRU. CH RAJA TEMBAK TERUS MEROKET

 

Walau belum menjadi yang terbaik, penampilan cucak hijau Raja Tembak milik Candra dari Kartosuro banyak mendapat pujian orang. Raja Tembak yang diusung Joko GYS tampil memikat, dengan gaya sayap bergetar kencang, membawakan irama lagunya rapet, disuarakan lantang hingga tembus luar pagar. Sayang di akhir sempat rada kendor, sehingga harus rela berada di posisi-2.

Candra Kartosuro adalah kicau mania lawas, di kawasan Solo Raya namanya cukup dikenal. Dulu sering menurunkan cucak jenggot dan love bird, dua jenis burung sering mengharumkan nama Candra Kartosuro.

 

PESERTA DARI GUNUNG KIDUL. BAWA JUARA 1 CUCAK HIJAU

 

Kemunculan nama cucak hijau Raja Tembak di tangga juara, seakan menjadi pertanda Candra aktif turun lagi ke lapangan.

Raja Tembak belakangan namanya meroket, setelah berahasil meraih juara 1 dan 2 pada gelaran PBI yang berlangsung di gantangan Pradana Bolali beberapa waktu lalu. “Raja Tembak setelah juara 1 dan 2 di Pradana Bolali, langsung dibayar sama Mas Candra 80 juta. Tapi burung suruh saya pegang dan dirawat di Klaten, Mas Candra mungkin masih sibuk dengan pekerjaan, jadi belum bisa aktif ke lapangan,“ jelas Joko GYP kepada burungnews.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon/voucher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER (burung berkicau, lovebird, perkutut, merpati) dan/atau NICE (anjing, kucing). Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda MOTOR, hingga MOBIL baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021. (Kupon yang baru diterima setelah 31 Desember, tetap berlaku, hadiah bisa diurus lewat kios/agen tempat membeli pakan tersebut)

 

Secara keseluruhan, gelaran Konservasi Hebat Indonesia berjalan lancar, dan kondusif, tetap mengedepankan prokes. Anank Artha selaku penanggung jawab lomba di akhir gelaran mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan kawan-kawan, serta mohon maaf bila masih ada kekurangan.

Para kicaumania sudah kembali ditunggu kehadiran pada sejumlah laga di blok tengah, mulai dari Radja 4 Kota di Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta (3/10), Piala Barometer Indonesia bersama PBI Tangerang (17/10), Piala Pariwisata bersama BnR Magelang (7/11), Balekambang Kumandang bersama PBI Solo (14/11), Bung Tomo Cup bersama BnR di Stadion Delta Sidoarjo (21/11), kemudian di Jawa Barat juga ada gelaran tutup tahun Bandung Lautan Api Cup (12/12).

 

JURI PEREMPUAN

 

Kabar gembira juga hadir untuk Anda para kicaumania. Sekarang kesempatan lebih besar dan terbuka lebar-lebar untuk bisa meraih MOBIL, MOTOR, dan ratusan hadiah menarik lainnya, langsung tanpa diundi.

Caranya, beli terus TWISTER (burung berkicau, perkutut, lovebird, merpati) dan/atau NICE (kucing, anjing). Perhatikan baik-baik saat membuka kemasan, siapa tahu Anda yang beruntung mendapatkan kuponnya. Kupon yang diterima setelah 31 Desember tetap berlaku. [busra, maltimbus]

 

 

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

KATA KUNCI: khi notoprajan cendet rusia murai batu brama kumbara

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp