INDUKAN DI KANDANG KDV STAR BF. GALAK ANAKANNYA POTENSI BAGUS

KDV STAR BF #2

Induk Nyerang Anakan, Malah Jadi Favorit Kadafi

 

 

Punya induk murai batu yang suka nyerang anakan hingga mati? Biasanya ada yang ganti pasangan untuk mencari solusi. Tidak demikian dengan Kadafi, model indukan yang seperti ini malah dianggap bagus anakannya.

“Dari pengalaman, kalau indukannya nakal suka nyerang, matuk, sampai anakan mati, itu kalau anakan bisa kita selamatkan, bakal jadi bagus kelak. Fighternya dapat,” jelas Kadafi kepada burungnews saat menyambangi kandang KDV Star BF di komplek kampus Malahayati, Lampung.

 

ANAKAN KDV STAR BF. BALAPAN PANEN SAMA INDUKAN GALAK

 

Pertanyaannya, bagaimana cara “menyelematkan” anakan bila indukan nakal? “Ya mesti dulu-duluan. Begitu bertelur kita pantau terus terutama mendekati hari-hari menetas. Begitu menetas, ya diusahakan segera kita ambil sebelum keduluan induknya yang matuk. Ada juga yang suka nyerang kita tangkap dulu sebelum telur menetas,” tandasnya.

Kadafi menambahkan, sebagian breeder kalau nemu indukan yang seperti ini biasanya mencoba mengganti-ganti pasangan untuk menemukan solusi. “Kalau kami tidak. Kalau ada yang begitu, malah tetap kita pertahankan, karena memang yakin itu tanda-tanda anakan bakal jadi burung bagus kelak. Hanya ya itu, harus terus dipantau jangan sampai keduluan induk. Mesti kita yang duluan. Kebetulan tiap kandang juga kita pantau dengan CCTV, jadi lumayan membantu,” imbuhnya.

 

M KADAFI DI DEPAN KANDANG. HARUS PAHAM KARAKTER INDUK

 

Sejumlah kandang yang induknya punya karakter nyerang, juga indukan yang dulunya burung-burung juara. “Zorro, Aderay, Superboy, Sakuraba, sampai 2 tahun lebih hanya nempur kalau di kandang, sekarang perlahan sudah mulai adaptasi.”

Induk lain seperti Mahadewa juga suka membunuh anakannya. Beberapa cewek trah, juga punya naluri ngebuang anakan. “Jadi kalau begini solusi yang kita pilih ya balapan alias dulu-duluan, kita yang ambil dulu atau induk yang bunuh dulu.” (BERSAMBUNG)

 

[... Datang dan buktikan... mini market PERTAMA dan PALING LENGKAP di Lampung. Sedia segala macam dan merk pakan, obat-obatan, sangkar, aksesoris, dan segala kebutuhan burung lainnya. SEMPATI BIRD SHOP, Jalan Sultan Agung Nomor 28 Blok II-L, Way Halim, Bandar Lampung]

 

ASINAN HALUS, COCOK UNTUK INDUK, PIYIK, & BURUNG LOMBA

KATA KUNCI: kdv star bf kadafi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp