JALAN-JALAN BARENG BURUNGNEWS

Penang, Kota Cantik Penuh Mural

Destinasi lain di Malaysia yang juga menarik untuk dikunjungi selain Malaka dan Kuala Lumpur adalah Penang. Negara bagian Malaysia paling barat berbatasan dengan Thailand selatan.

Kota ini seperti juga Malaka, merupakan kota pelabuhan tua yang dihuni warga multietnis. Selain Melayu asli, ada keturunan Cina, India, Portugis, dan Arab.

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia atau hubungi 08113010789

 

Sejak jaman Portugis di abad 17, Penang merupakan pelabuhan internasional yang sangat sibuk, bahkan boleh disebut sebagai mata rantai perdagangan dunia tempo dulu.

Dari Kuala Lumpur, untuk menuju ke Penang bisa lewat jalur darat maupun udara. Jika naik pesawat, bisa ditempuh sekitar satu jam penerbangan. Kalau lewat jalur darat, bisa ditempuh dengan naik bus atau kereta api. Perjalanan memakan waktu sekitar 7-8 jam.

 

 

Saat ini Penang memang sedang ngetrend sebagai destinasi wisata yang menjadi tujuan utama turis. Baik oleh turis domestik maupun dari mancanegara. Bahkan orang-orang Indonesia juga semakin banyak yang berkunjung ke sana.

Awalnya, di kalangan orang Indonesia Penang dikenal sebagai kota wisata kesehatan. Hal ini karena sangat banyaknya orang Indonesia yang berobat ke Penang. Apakah untuk penyembuhan penyakit kanker, jantung, stroke, dan penyakit berat lainnya. Terakhir kemaren, menjadi tujuan ustad Arifin Ilham ketika berobat untuk penyembuhan sakit kankernya.

 

 

Maka, jangan heran seandainya nanti turun dari pesawat saat terbang ke Penang, begitu keluar bandara sopir-sopir taksi akan  mendekat dan bertanya mau diantar ke rumah sakit mana. Konon 50-60 % pasien rumah-rumah sakit di Penang berasal dari Indonesia.

Penang semakin populer dan banyak dikunjungi orang Indonesia setelah beberapa maskapai sering membanting tiket promonya. Misalnya Citilink atau AiraAsia. Sering tiketnya hanya dibanderol Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribu saja, pergi pulang. Jadi, pasti bisa dijangkau oleh siapapun yang mau backpackeran ke Penang. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak segera terbang ke Penang. Harganya sangat amat terjangkau siapa pun.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Ibukota Penang bernama George Town. Pulau seluas 290 km2 ini ditemukan oleh orang Portugis di awal tahun 1700-an.

Itulah sebabnya  George Town dikenal juga sebagai kota tua. Bangunan-bangunan kuno nan megah ala Portugis masih berdiri kokoh dan terawat sampai sekarang dan sangat instagramable untuk berfoto ria.

Belakangan banyak sekali dinding-dinding bangunan di George Gown dipercantik dengan lukisan-lukisan mural yang sangat hidup. Itu dimulai sejak Ernest Zacharevic, pelukis mural dari Lituania, diminta pemerintah Penang untuk mengecat dinding-dinding gedung tua di beberapa lorong kota George Town.

 

 

Maka sejak pertengahan tahun 2012, rupa kota ini menjadi semakin cantik dan berwarna. Apalagi saat membuat lukisan muralnya, sang pelukis sangat mempertimbangkan efek tiga dimensi. Jadilah lukisan-lukisan dinding itu menjadi sangat hidup. Dan sekali lagi bagus untuk berselfi ria.

Penang yang dulunya kusam, penuh gedung tua, pemandangannya sangat monoton,  kini menjadi sangat berbeda. Dinding-dinding seolah bisa bercerita. Gambaran kehidupan masyarakat Penang yang natural bisa terbaca di sana. Lukisan mural di berbagai lorong kota itu seakan menjadi komik yang bicara.

 

 

Ada lukisan anak kecil yang lagi mendorong motornya yang mogok. Ada lukisan anak-anak yang lagi main bola basket. Ada lukisan seorang ibu yang sedang menjual sayuran. Ada lukisan tempat bandulan. Ada lukisan anak kecil mengintip dari jendela ke dalam rumah. Dan banyak lukisan mural lainnya yang hidup dan cantik. Jika kita berfoto di lukisan dinding itu rasanya kita sedang berinteraksi langsung dengan gambar mati tersebut.

Wisata kuliner di Penang juga sangat banyak. Dan masih sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Yang paling terkenal adalah nasi lemak kandar, mie lasa, dan es kacang merah. Pusat kuliner ada di kawasan Little India. Makin malam tempat ini makin banyak didatangi orang untuk kongkow dan nguliner.

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO TWISTER di event-event terpilih, termasuk Khofifah Cup Surabaya 27 Oktober dan Balekambang Kumandang Surakarta, 24 November. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Kalau mau melihat kota Penang dari atas bukit, kita bisa ke Bukit Bendera. Dari Goerge Town sekitar sepuluh kilometer. Bisa ditempuh dengan naik bus umum atau naik taksi. Begitu sampai kaki bukit tinggal beli tiket naik kereta tua  untuk menuju ke Puncak.  Keretanya cukup unik karena bergerak miring. Tiketnya seharga 30 RM. Sekali jalan bisa membawa 100 penumpang. Sepanjang perjalanan pemandangannya juga cukup indah. Buka dari pagi hingga sekitar jam delapan malam. Gorge Town dipandang dari Bukit Bendera memang terlihat lebih eksotik. Apalagi saat senja mulai tiba.

Dibandingkan dengan Malaka, mungkin Penang jauh lebih bervariasi destinasinya. Meskipun mungkin lebih adem di Malaka. Namanya juga kawasan Pelabuhan, wajar saja kalau panas dong. Yang jelas, masing-masing destinasi mempunyai  daya tariknya sendiri.* (Among Kurnia Ebo)

AGENDA LOMBA,  KLIK DI SINI

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp