KIKI HOKI. MAMPIR KE GELARAN INDONESIA BIRD CON

INDONESIA BIRD CON. DAY 2

Dari Kontes Merpati Balap di Klaten, Kiki Hoki Bandung Mampir ke IBC

Kiki Hoki dari Bandung dan beberapa rekannya seperti Agus Raja Ring dari Jakarta menyempatkan diri mampir ke ajan IBC di JEC Jogja, Sabtu malam 2 Maret 2019. Mereka sedang punya gawe di Klaten, menggelar Final Senior Lomba Merpati Balap Tingkat Nasional KLATEN BERSINAR Putaran Ke-2.

Meski hari sudah gelap dan gerimis tipis masih turun di kota Jogja, pengunjung Indonesia Bird Con justru makin bertambah ramai. Selain tertarik untuk melihat burung-burung yang dipamerkan, beberapa orang menjadikan even kali ini sebagai ajang hiburan sekaligus rekreasi untuk keluarga.

Di antara barisan pengunjung yang datang, kamera burungnews tertuju pada sosok Kikl Hoki, salah satu tokoh perburungan yang sudah malang melintang di dunia kicauan maupun merpati. Tak sendirian, Kiki ternyata hadir bersama rombongan PPMBSI yang sedang punya hajat di Klaten.

 

 

KIKI HOKI.BERPOSE DI SALAH SATU VENUE INDONESIA BIRD CON

 

“Kita baru balik dari Klaten, kebetulan kita lagi ada event di sana. Lomba Balap Merpati Tingkat Nasional Klaten Bersinar Putaran Kedua. Untuk Seri dan Juniornya sudah selesai, besok Minggu (hari ini, red) tinggal kelas Senior atau kelas utama. Gimana di sini? Ramai nggak tadi?,” ujarnya.

Meski sekarang ini lebih fokus pada merpati, ternyata Kiki tertarik pada beberapa burung yang dipajang di area Love Bird Beauty Contest. Selain melihat dan mengamati dengan seksama, sesekali Ia memotret love bird yang menurutnya unik.

“Di rumah sih ada love bird, tapi sementara ini kan bukan fokusku. Mumpung lagi pameran, kita pengen tahu juga sejauh mana perkembangan love bird sekarang ini,” lanjutnya. Sayang tak adanya bandrol dan keterangan pemilik membuat Kiki bingung bagaimana kalau pengunjung tertarik pada salah satu burung dan ingin meminangnya.

 

KIKI HOKI. SERIUS AMATI LOVE BIRD DI AREA BEAUTY CONTEST

 

Di area Free Fly (FF), perhatian Kiki langsung tertuju pada beberapa merpati yang juga digunakan untuk terbang bebas. Sesekali Kiki memberi makan dan memperhatikan katuranggan merpati yang digunakan. “Ini merpati jenis apa ya, beda banget dengan merpati-merpati yang dipakai di balap. Kalau di balap kan rata-rata badannya atletis, kalau ini agak kurang kayaknya,”

Meskipun sempat memperhatikan burung-burung lain yang digunakan di Free Fly seperti macaw, betet, nuri, kekep babi, dan lain-lain, namun perhatian Kiki lebih banyak tertuju pada merpati. Menurutnya merpati balap dan kolong tetap lebih menantang dan menguras adrenalin.

 

KIKI HOKI. AMATI MERPATI YANG DIGUNAKAN UNTUK FREE FLY

 

Perbincangan kami harus terhenti setelah seorang kawan Kiki mengajak ketemu Andy Hoo, salah satu breeder macaw yang menjadi pembicara di gelaran kali ini. “Kalau Andy Hoo di sini mungkin kita dapat ketemuan sekalian. Masih di sini atau nginep di mana ya?,” celetuknya.

Sebelum berpisah, Kiki mengingatkan sekali lagi bagi para sprintermania yang ingin ambil bagian dalam Klaten Bersinar Putaran Ke-2 agar langsung merapat ke Lapangan Mlese, Gantiwarno, Klaten. “Datang aja, dijamin nggak kalah seru dibanding di sini,” pungkas Kiki.

ROMBONGAN PPMBSI. JANGAN LUPA FINAL SENIOR DIGELAR HARI INI

 

Lomba merpati, baik itu balap sprint yang sekarang sedang digelar di Klaten, atau jenis lainnya seperti tinggian kolong, biasa digelar selama 3 hari. Untuk balap sprint, hari Jumat untuk galatama yunior, Sabtu untuk perang bintang, dan Minggu-nya untuk kelas Utama Senior.  Tiap pembalap akan ditrek satu lawan satu dari jarak sekitar 1 km, yang menang akan maju ke babak atau seri berikutnya.

 

 

 

KATA KUNCI: indonesia bird con kiki hoki ppmbsi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp