KOMPAK BERSAMA ISTRI


HELOS CANARY JAMBI

Agar Kenari Kuat Main 3-4 Kali Seminggu

 

Perkembangan burung kenari di Jambi semakin pesat, ini terbukti dari banyaknya breeder kenari yang sukses mengorbitkan kenari hasil penangkarannya. Kenari mania Jambi ada yang sekadar untuk mendengarkan suara merdu sang kenari, ada juga yang melombakannya.

Salah satunya Helos Canary Bird Farm Jambi yang berlokasi di Simpang Rimbo, Mendalo, Kota Jambi. Mr Helos bersama sang isteri tercinta berhasil membudidayakan kenari lokal, sejumlah anakannya juga berhasil menjuarai lomba, baik lokal maupun regional.

 

STEL LOMBA. SANG ISTRI PUN CAKAP

 

Kepada burungnews.com, Helos Canary bersedia berbagi ilmu mengenai perawatan harian kenari dan perawatan untuk lomba.

Untuk perawatan harian kenari yang diternak, selain biji-bijian, Mr. Helos memberikan menu tambahan seperti daun sawi, jagung muda, telur puyuh rebus, dan buah apel. Pemberian dilakukan secara bergantian agar bervariasi dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Saat musim kawin, intensitas pemberian telur puyuh rebus ditingkatkan sampai dengan tahap kenari betina bertelur, agar diperoleh kualitas telur yang baik.

 

 

Di sela-sela kesibukannya mengelola tempat kursus bahasa inggris “Victory”, bersama sang istri Mr. Helos juga hobi membawa burung kenari rawatanya ke berbagai arena lomba di Jambi dan sekitarnya. Beberapa kenari andalannya seperti Tweety, Leonardo, Raphael, Dave, Cengkal Lawang, Sapoe Kerik, dan masih banyak lagi hampir sama dalam perawatan harian maupun sebelum lomba.

 

BREEDING. Mr HELOS TURUN TANGAN LANGSUNG

 

Untuk perawatan lomba, Mr Helos hanya menyesuaikan dengan karakter masing-masing. Misalnya kenari Sapoe Kerik, pemberian telur puyuh justru diberikan setelah lomba, sementara daun sawi diberikan tiap hari.

 

KENARI DARI KANDANG HELOS PRESTASI DI YAMAHA CUP.k 

Penjemuran dilakukan setiap pagi selama ± 30 menit. Jika lomba kenari dilaksanakan pada sore hari, maka burung kenari full kerodong sampai menjelang lomba.

Agar kenari bisa turun ke lomba 3 atau 4 kali seminggu, jangan hanya fokus pada rawatan sebelum lomba. Tidak kalah penting memperhatikan perawatan setelah lomba. “Sebagus apa pun burung kenari yang kita miliki, akan sulit mempertahankan kestabilannya jika kita salah dalam merawatnya,” jelas Helos Canary.[j-don]

Lebih dekat dengan Helos Canary Jambi,    silakan hubungi 085266004851

 

[Mau berbagi cerita / berita di burungnews.com? Bisa berupa profil, tips, berita hasil lomba, brosur lomba, rangkuman diskusi di media sosial, breeding, video, dan lainnya. Silakan kirim keburungnews@gmail.com  dan/atau redaksi@burungnews.com. Lengkapi dengan foto pendukung berikut penjelasannya, foto mohon jelas / tidak kabur, paling tidak ukuran 100 kb format jpg. Brosur lomba juga yang tidak pecah saat dibesarkan, dianjurkan ukuran file minimal 1 mb.] 

 

 

AGENDA LOMBA BURUNGNEWS, LIHAT DI SINI

 

 

Copyright BurungNews @ 2014 - 2017 Developed by JogjaCamp