PETERSON SAAT BELI DAN KONDISI SEKARANG

H SIGIT WMP KLATEN

Sebenarnya Saya Kena Tipu Saat Beli Peterson. Loh?

Seperti halnya Kusumo, Peterson pun didapat secara tak sengaja. Bedanya, Kusumo dipilih sendiri karena lucu, Peterson dibeli dari online karena kepincut warnanya slewah atau halfside... meskipun akhirnya luntur saat dimandikan.

Ya, Peterson awalnya dibeli sebagai love bird warna dari Jawa Timur secara online. Itu terjadi sudah cukup lama, mungkin 2 tahun yang lalu. Si penjual bilang ia baru mendapatkannya di pasar seminggu sebelum ditawarkan melalui online.

“Saya tidak tahu belinya berapa, hanya disuruh ambil kiriman di stasiun Klaten. Rencana buat dijodohkan dengan love bird warna lainnya yang ada di tempat saya,” cerita Samsudin “Ompong” kepada burungnews.com.

 

 

FOTO PETERSON SAAT DITAWARKAN DI MEDIA ONLINE

 

Sehari kemudian, Ompong memandikannya. Ehhh, ternyata warna batik kuning pada punggungnya luntur... jadilah tinggal hijau polos seperti yang sekarang. “Itu sewaktu masih ada warnanya sampai luntur, Pak Bos Ji Sigit juga belum pernah lihat burungnya. Jadi saya laporin saja ini warnanya luntur.”

Ompong lantas berusaha memberitahu si penjual. “Si penjual sudah minta maaf dan prinsip mau mengembalikan uangnya. Tapi waktu itu bilang uangnya belum punya, karena uang hasil kiriman dari Bos kan sudah telanjur kepakai. Setelah saya lapor lagi, kata Ji Sigit ya sudah dipelihara saja, tidak usah dikembalikan.

“Begitulah burung pun saya pelihara terus, hingga akhir tahun kemarin dan terutama memasuki bulan Januari, kok mulai terlihat rajin bunyi dan cukup panjang-panjang. Perkiraan saya 20an detik up.”

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Beberapa kru yang tahu hal ini pun lantas mencoba membujuk Ompong untuk menurunkannya di gelaran latber atau latpres, tapi Ompong menolak. Sampai akhirnya Azhiz yang bilang siap “mbandari” dulu, akhirnya diturunkan di PKM Plembon, dan langsung tampil hingga merebut juara.

Lalu dicoba lagi di latberan Omah Manuk BnR Klaten. Mau tampil tetapi tidak terpakai karena beberapa kali satu kakinya nangkring di jeruji. “Karena itu tidak kita bawa ke Umbul Ponggok Award. Karena sudah tahu di BnR kalau kaki nangkring kan memang tidak kepakai.”

 

H SIGIT WMP & ANTO SKC. SIKAP PASRAH BERUJUNG KEBERUNTUNGAN

 

Nah, Peterson akhirnya “meledak” saat dibawa ke Benz Wira Cup Purworejo, 28 Januari kemarin. Turun dua kali termasuk di kelas utama, Peterson langsung mencuri seluruh juara 1. Orang baru pada kaget dengan jagoan baru H. Sigit WMP. Banyak yang kemudian penasaran, kok bisa ya Ji Sigit nemu terus jago yang konslet dan bisa menggantikan Kusumo yang kini masuk kandang breeding.

Mereka pasti akan lebih terkaget-kaget lagi bila tahu Peterson aslinya itu ya salah beli, atau kasarnya hasil kena tipu! Ya belinya burung warna eksotis... eee ternyata luntur. Tapi ya itu, dasar rejeki memang tidak ke mana-mana. Penjualnya sana mungkin bermaksud menipu, tetapi setelah jadi milik H. Sigit WMP malah tampil fantastis sebagai burung ngekek.

 

 

Apakah keberuntungan ini karena sikap H. Sigit WMP yang pasrah dan ikhlas tidak mau mengembalikannya burung setelah tahu si penjual meminta maaf dan bilang belum punya uang untuk dikembalikan, atau memang jangan-jangan H. Sigit sudah “tahu” kalau burung itu bakal bagus?

Si penjual awal yang memang punya niat jahat menjual burung warna palsu hasil semiran, pasti akan menyesal bila tahu burung “sayur” yang kemudian ia semir atau cat dengan warna-warni tertentu, ternyata sudah jadi burung fantastis. Nilai atau harganya juga sudah jauh lebih mahal daripada ketika dia menjualnya di pasar.

Ikuti terus cerita menarik tentang Peterson, plus video lengkap terkait perawatan, setelan, dan aksinya. (bersambung)

 

SEBELUMNYA: SUKSESOR KUSUMO TELAH DATANG, KLIK DI SINI

DATA JUARA BENZ WIRA CUP PURWOREJO, KLIK DI SINI

CUPLIKAN VIDEO AKSI & RAWATAN LB PETERSON, LIHAT DI SINI

KATA KUNCI: h sigit wmp kusumo masuk kandang breeding love bird peterson peterson benz wira cup juara benz wira cup

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp