H. MHB. MELUANGKAN WAKTU JALAN-JALAN KE MALIOBORO (dok. dani medan)


H. MUH. HIDAYAT BATUBARA (2)

Ditanya Soal Bisnis dan Pekerjaan Hingga Tampak Enteng Bayar Burung 1 M, Jawabannya Makjlebb, Bikin Melongo!

Hampir sepekan H. Muhammad Hidayat Batubara (MHB) meresmikan take over murai batu sebesar 1 Milyar. Transaksi ini juga sudah tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), pertanda bahwa ini benar-benar fakta, bukan hanya klaim.

Rasa penasaran kicaumania atas kiprah H. MHB ini rupanya masih terus menggelora. Bagi sebagian besar kicaumania, uang 1 Milyar sangatlah besar, terlalu banyak dan mahal untuk membeli seekor burung murai batu. Jadi, siapa pun yang punya keberanian dan mental membayar seekor burung murai batu sampai segunung, jelas sesuatu yang sangat luar biasa.

 

 

Bila menggelontorkan dana sebanyak itu seperti enteng saja, seperti kebanyakan kita membeli gorengan, berarti beliau H. MHB pasti punya bisnis atau usaha yang sangat luar biasa. Begitu kira-kira kesimpulan yang ada di benak para kicaumania.

Inilah pertanyaan awal yang disampaikan burungnews kepada beliau saat berkesempatan melakukan wawancara selama perjalanan dari hotel tempat beliau menginap hingga lokasi lomba di Taman Candi Prambanan (28/11/2021).

 

PIAGAM MURI KATEGORI MURAI BATU TERMAHAL. SAH, VALID, DAN TERVERIFIKASI

 

Beberapa bagian penting terkait dengan topik ini dikutip dalam artikel. Ada juga beberapa obrolan yang tidak terekam dalam vidio, tapi penting untuk melengkapi, memperkaya, dan memberikan bobot pada tulisan, juga ditambahkan. Untuk petikan vidio wawancara bisa Anda tonton kembali setelah selesai membaca artikel ini. Berikut beberapa catatan dari burungnews.com.

Pertama, tentu saja pertanyaan mengenai bisnis atau usaha dari H. MHB. Meski jawabannya spontan, beliau menjawab dengan sangat cerdas, menghindar dengan sangat mulus dari jawaban klise yang biasa-biasa saja. Spontan, tetapi bisa membungkus dengan baju kebijaksanaan atau wisdom yang luar biasa. Inilah yang membuat terasa langsung makjleb, menusuk ke ulu hati, begitu anak-anak sekarang memberikan istilah.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

“Tadi ditanyakan, bila banyak kicaumania di tanah air yang penasaran, pengin tahu apa atau bagaimana dengan pekerjaan dan bisnis. Saya sangat bersyukur sejauh ini diberikan kemudahan dalam memperoleh rejeki. Kami masih dipercaya mengelola usaha, benar ya tadi sudah disebutkan, ada perkebunan kelapa sawit, juga ada pabrik minyak sawit atau CPO. Komoditi yang dalam beberapa tahun terakhir memang sedang kembali naik daun.”

MHB meneruskan sembari menekankan, ada satu lagi rejeki yang juga sangat penting dan harus disyukuri. “Bagi saya, rejeki itu bukan semata yang bersifat materi ya. Saya sangat bersyukur karena juga dianugerahi rejeki berupa mata dan telinga yang baik, sehingga bisa mengetahui burung yang bagus, yang sesuai standar buat lomba.”

 

BERSAMA ENGGAR, KRU KM 76 YOGYAKARTA

 

Ketika sudah bicara mengenai hobi, termasuk burung berkicau, menurut H. MHB, tidak perlu lah dikait-kaitkan dengan bisnis, pekerjaan, latar belakang ekonomi dan sosial, atau semacamnya. “Saya kira kalau sudah terjun ke dunia hobi, kita semua sama, sejajar, tidak boleh membedakan satu sama lain, tidak butuh klasifikasi atau pemisahan berdasarkan kategori yang lain. Yang membedakan itu kualitas jagoan yang kita miliki. Kalau kita punya jagoan yang the best, itulah yang seharusnya jadi trend setter, bukan karena bisnisnya, usahanya, jabatannnya, kekayaannya, atau hal lain yang tidak terkait langsung dengan hobi tersebut.”

 

 

MBH berharap setelah kembali aktif di dunia hobi khususnya lomba burung, sedikit banyak juga bisa berperan dan memberikan manfaat bagi kemajuan dunia hobi itu sendiri. “Kenapa saya berani membeli burung sampai 1 Milyar, selain karena saya sudah merasa cocok dengan kualitas si burung, juga karena yakin bakal muncul side effect, pengaruh ikutan, yang baik. Sekarang para kicaumania khususnya murai batu kembali bergairah, kembali semangat merawat burung-burungnya. Harga burung dari level bawah sedikit banyak ikut terdongkrak. Kita harapkan ini bukan hanya sesaat, tapi berkelanjutan.”

 

 

MHB juga mengungkapkan keinginannya untuk men-support baik secara langsung atau tidak langsung, upaya pelestarian melalui breeding, juga mensuport kegiatan lomba, terutama di wilayah Sumatera Utara. “Dari gelaran Piala Raja Yogyakarta, langsung menginspirasi kami untuk menggelar lomba yang saya kira bisa disejajarkan. Kami di Sumut juga ada Sultan Deli. Ini kan juga buat mengangkat khasanah lokal supaya bisa lebih menasional, membantu promosi pariwisata, secara tidak langsung membantu percepatan pengembangan ekonomi biar segera pulih dari keterpurukan karena pandemi.”

Kembali ke rejeki dari Allah dalam rupa mata dan telinga, H. MHB merasa perlu menggarisbawahi dengan tebal. “Rejeki mata dan telinga yang baik itulah yang menuntun saya jadi penghobi burung, karena bisa menikmati keindahan suara burung dengan sangat baik. Bisa memilih burung yang bagus, yang cocok dengan selera saya, tapi juga merujuk pada standar kualitas tertentu. Salah satunya ketika saya menyatakan dan memutuskan untuk membeli murai batu Superman. Sampai saat ini, Itulah burung yang menurut saya layak mendapat gelar MSI, Maha Super Istimewa. Sekali lagi, bukan karena pengin sensasi, atau menunjukkan inil loh saya, bisa beli burung mahal. Insya Allah bukan itu tujuannya.”

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon/voucher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER (burung berkicau, lovebird, perkutut, merpati) dan/atau NICE (anjing, kucing). Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda MOTOR, hingga MOBIL baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021. (Kupon yang baru diterima setelah 31 Desember, tetap berlaku, hadiah bisa diurus lewat kios/agen tempat membeli pakan tersebut)

 

Tak lupa, H. MHB merapa perlu mengucapkan terimaksih kepada rekan-rekan team Kicaumania 76 baik yang di Sumatera Utara maupun yang di Jawa, panitia Piala Raja dan para peserta yang telah memberikan sambutan yang begitu hangat, kepada para kicaumania di Sumatera Utara khususnya dan Sumatera pada umumnya yang telah memberikan dukungan, motivasi, dan doa, juga kepada media yang telah membantu memberitakan sesuai fakta, yang tujuannya utuk menyebarkan kebaikan, bukan sebaliknya.

“Kepada semua pihak termasuk yang belum bisa kami sebutkan satu-persatu, saya H. Muh. Hidayat Batubara, SE., atas nama team Kicaumania 76, sebagai manusia biasa yang belum bisa lepas dari khilaf, mohon beribu maaf bila terdapat kekurangan baik yang kami sadari maupun yang tidak kami sadari. Semoga kita masih diberikan kesempatan yang panjang untuk bisa mengarungi dunia hobi burung berkicau secara lebih baik, lebih membahagiakan, tentunya juga dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan, sebagaimana sudah digariskan oleh sunah Allah. Aamiin.”

Sementara itu, sejumlah event penting yang siap memanjakan para murai batu mania sudah menanti di depan mata. Mulai Piala Bupati Jepara (5/12), d'Pongs Bird Festival (12/12), Piala Ketua SMM Surabaya (12/12), Anniversary ke-5 Akaratu Klaten, Piala Kerajaan Kediri (19/12), Bali Fiesta Cup 2 (23/1/2022), hingga Raden Inten Cup Lampung (23/1/2022).

Bagi Anda para pembaca burungnews.com, kabar gembira senantiasa disampaikan terus menerus. Saat ini, kesempatan semakin terbuka luas bisa meraih MOBIL, MOTOR, dan ratusan hadiah menarik lainnya, langsung tanpa diundi.

Beli terus TWISTER (burung berkicau, lovebird, merpati) dan/atau NICE (kucing, anjing). Perhatikan baik-baik saat membuka kemasan, siapa tahu Anda yang beruntung mendapatkan kuponnya. Kupon yang diterima setelah 31 Desember 2021 tetap berlaku.[maltimbus]

 

VIDIO WAWANCARA DENGAN H. MUH. HIDAYAT BATUBARA:

 

KATA KUNCI: h. mhd batubara h. mhb h. muh. hidayat batubara enggar yogyakarta muri piala raja ke-21 mb superman

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp