H BAGIYA DIAPIT SAPTA, ACUN, H. DODOT, ESNAWAN. KERJASAMA LINTAS EO HARUS TERUS DIBANGUN


H. BAGIYA RAKHMADI, SH, MM

Piala Raja Memasuki ke-20, PBI Makin Siap Gelar Lomba Fairplay dan Berkualitas

PBI bertekad menggelar event yang benar-benar fairplay dan berkualitas. Inilah salah satu output yang diharapkan bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh para kicaumania. Apa saja output lainnya?

Tahun 2019 ini, PBI akan menggelar salah satu event yang menjadi unggulan utamanya, Piala Raja. Bila dirunut ke belakang, ini adalah penyelenggaraan ke-20, sejak gelaran pertama digelar di komplek Hotel Ambarukmo. Setelahnya selalu berlangsung di venue yang kemudian menjadi ikon gelaran lomba burung berkicau paling prestis sejagad: Taman Candi Prambanan.

 

H BAGYA TERPILIH KEMBALI DI MUNAS V YOGYAKARTA

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang paling banyak menggunakan 4 lapang, tahun ini ditambah menjadi 5 lapang. Hebatnya, meski lombanya baru akan digelar pada 8 September 2019 besuk, nyaris semua kelas dan jenis burung, saat ini persediaan tiketnya sudah habis atau nyaris habis terpesan.

Ada banyak permintaan untuk menambah kelas lagi, namun hal ini tidak bisa dipenuhi karena PBI memang punya aturan untuk membatasi dan mengendalikan lomba supaya bisa kelar pada jam 18.00, atau sebelum hari gelap.

 

 

Burungnews mencoba meminta kesan dan pesan dari H. Bagiya Rakhmadi, SH, MM selaku ketua umum PBI Pusat, terkait menjelang event Piala Raja yang akan memasuki putaran ke-20.

Menurutnya, PBI saat ini semakin bisa membuktikan diri menjadi organisasi yang mengedepankan output. Sejumlah output itu membuat keberadaannya pun semakin dirasakan manfaatnya baik oleh alam/lingkungan/satwa maupun oleh publik kicaumania.

 

 

Beberapa output yang dimaksud oleh ketua PBI periode 2018-2023:

Pertama, keberadaan PBI bisa dirasakan manfaatnya bagi satwa karena visi misi-nya yang utama adalah peduli konservasi/menjaga dan melindungi satwa tetap lestari.

Kedua, PBI bermanfaat bagi para penangkar burung, yang dalam hal ini diadakannya kelas Murai Batu Ring Silver (MBRS) PBI diharapkan bisa memberikan peluang para penangkar burung untuk mencetak burung-burung lomba yang berkualitas dan berdampak pada perekonomian masyarakat.

 

PERSERTA TERTIB. SALAH SATU TANDA LOMBA BERKUALITAS

 

“Misal, untuk burung Murai batu yang dimulai di even Piala Paku Alam, diberikan Wild Card atau tiket gratis bagi 5 pemenang kelas murai batu ring silver untuk menjadi peserta lomba di even Piala Raja.”

Pola pemberian wild card atau terus dilanjutkan di event-event PBI berikutnya. “Nanti bagi pemenang kelas MBRS di Piala Raja, mendapat WILD CARD untuk mengikuti lomba di even Piala Khofifah. Kelas ring khusus PBI yang sudah mulai berjalan di kelas murai batu, insya Allah akan disusul kelas anis kembang ring dan kacer ring,” imbuhnya.

 

Sssttt... Anda sudah memiliki LEMAN'S? Jangan sampai tidak. Ahlinya mengobati burung  cepat dan tuntas. Dilengkapi formula + vitamin, selain menyembuhkan juga membantu proses pemulihan biar cepat bugas dan vit. Bila di kios terdekat belum ada, hubungi nomor-nomor pada baner di bawah ini, atau langsung melalui Bukalapak atau Tokopedia.

 

Output yang ketiga, adalah bermanfaat bagi para kicaumania. Artinya akan kita buktikan bahwa lomba di even Piala Raja ke-20 nanti dan event selanjutnya, semakin siap menuju gelaran yang benar-benar fairplay dan berkualitas..

Lomba PBI yang Fairplay dan Berkualitas ini, harus benar-benar bisa dirasakan para pelomba, sehingga yang kalah pun tetap bisa merasa puas karena penilaian sudah sesuai kriteria, yang juara adalah memang benar-benar layak juara.

 

 

Upaya ini bukan hal yang baru, tetapi sudah terus dilakukan dari tahun ke tahun, dari lomba ke lomba, atau kegiatan lainnya di luar lomba. Berbagai kritik dan masukan yang selama ini diterima, tak semata ditampung saja, tetapi selalu ditindaklanjuti, dievaluasi, dan perbaikannya pun harus semakin terlihat di kegiatan berikutnya.

“Di setiap briefing juri, saya selalu menekankan bahwa jangan sekali-sekali berkompromi untuk menjuarakan burung sebelum dilombakan. Sekali lagi yang menjadi pemenang adalah yang pada saat dinilai adalah burung yang layak menjadi juara/pemenang. Kami tugaskan para fungsional IP, Korlap, dan juri bisa menjalankan tugas penuh tanggung jawab dan bermartabat.”

Salam Lestari!

 

BROSUR DAN JADWAL PIALA RAJA 2019,  KLIK DI SINI

KATA KUNCI: h bagiya rakhmadi sh lomba fairplay dan berkualitas ketua umum pbi pusat 2018-2023 munas v pbi hotel cavinton

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp