JEMUR RUTIN, SALAH SATU YANG MENINGKATKAN IMUN BURUNG


GEJALA AWAL BURUNG SAKIT

Kenali Tanda-Tandanya Sejak Dini, Jangan Terlambat Penanganan

Burung adalah jenis binatang yang pandai menyembunyikan sakitnya. Ketika tanda-tanda sakit sudah terlihat jelas, artinya si burung sudah tidak kuat untuk menahan atau menyembunyikannya, itu berarti sudah akut, parah. Sebelum telanjur parah, kita perlu mengenal gejala atau tanda-tanda awal, sehingga lebih mudah menanganinya.

Kondisi seperti di atas (burung pintar menyembunyikan sakitnya, red.) sudah sering diterangkan oleh Dr. drh. Edi Boedi Santosa, MP., spesialis penyakit burung lulusan dari Jerman. Menurut drh. Edi, menyembunyikan sakit adalah salah satu cara burung menghindar dari serangan burung lainnya. Tentu saja ada waktunya ketika sakitnya bertambah, si burung tidak kuat lagi untuk menahan atau menyembunyikan tanda-tanda sakitnya.

 

Drh. EDDI, DUA DARI KIRI, DIAPIT KAWAN-KAWAN PAPBURI YK, BPK GUNAWAN, EKO BUDI, BRIGJEND. PURN. NOERYANTO, KIANSING (foto. waca, omkicau.com)

 

Burung yang sakit, separah apa pun, memang ada obatnya. Tetapi hal itu butuh usaha yang keras. Perlu diagnosis yang tepat, dan pemberian obat yang tepat pula. Bila kita sudah bisa mendeteksi tanda-tanda burung sakit sejak dini, sebelum parah, pengobatannya pun menjadi lebih mudah. Kadang bahkan tidak perlu obat khusus, cukup dengan sejumlah treatmen seperti menyendirikan atau mengisolasi burung, memberikan lampu penghangat, atau menjemur dengan sinar matahari di pagi hari, plus pemberian vitamin.

Menurut drh. Edi, kita akan lebih mudah mengetahui burung ada gejala mau sakit bila sudah merawat dengan sangat baik dan penuh perhatian. “Perawatan hewan kesayangan itu semestinya memang harus sungguh-sungguh dan sepenuh hati, kita memperhatikan sampai detil kebiasaannya, karakternya. Bukan semata hanya rutinitas seperti memberikan pakan dan minum, membersihkan kandang, lalu menjemur. Itu belum cukup.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Bila kita merawat burung dengan sepenuh hati, pasti akan segera mengetahui manakala ada perubahan sekecil apa pun dari kebiasaan sehari-hari. “Burung yang tingkahnya atau perilakunya berubah dari biasanya, kita patut curiga ada yang kurang beres. Secara fisik burung masih kelihatan sehat, lincah, bugar, tapi biasanya pagi bunyi kok ini diam saja. Ini contoh tanda-tanda awal yang semestinya membuat kita pemilik atau perawatnya mulai waspada.”

Ada beragam tanda-tanda awal lain berdasarkan perubahan kebiasaan si burung, itu hanya bisa dipahami oleh mereka yang merawat burung secara rutin dan penuh perhatian. Misalnya, biasanya mau mandi ini kok seperti menghindar atau takut air. Biasanya dikasih makanan langsung mengejar ini kok responnya lebih lambat, atau hanya melihat saja.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Kondisi burung juga bisa dilihat dari kotorannya. Umumnya, burung yang sehat kotorannya kering, ukurannya juga relatif ajeg dengan asumsi pakan yang diberikan sama. Bila kita menjumpai kotorannya cenderung basah dengan ukuran dan warna yang berubah, padahal pakan yang diberikan masih sama, kita pun patut curiga ada yang tidak beres.

Ada pula sakit yang tampaknya tidak terlalu membahayakan tetapi tentu sangat tidak kita inginkan, misalnya suara yang serak atau sangat lemah/lirih, tidak sekeras biasanya. Padahal sebagian besar penghobi burung di tanah air, buat di dengar suara merdunya.

 

SANGKAR, TEBOK, KOLAK PAKAN-MINUM, HARUS RUTIN DIBERSIHKAN DAN DIKERINGKAN

 

Bila kita sudah mencurigai ada burung yang kurang sehat atau menuju ke arah itu, sebaiknya burung segera diisolasi, kita sendirikan, dijauhkan dari burung-burung lain, berikan lampu penghangat, kita taruh di tempat yang tenang. Pastikan pakan dan minum yang masih segar, bersih, dan sehat, dalam jumlah yang cukup. Bila kita belum bisa mendiagnosis sakitnya, pemberian vitamin bisa dilakukan sebagai treatmen awal.

Pada kondisi fase berikutnya, ada tanda-tanda yang lebih mudah kita kenali, bahkan oleh mereka yang tidak merawat sehari-hari sekalipun. Misalnya bulu yang menggembung, mata mulai sering terpejam dan mengantuk, nyekukruk, nafsu makan yang berkurang jauh, bahkan pada kondisi yang lebih parah burung sudah tidak kuat lagi nangkring.

Kondisi tersebut menunjukkan burung sudah sakit dan cenderung parah, sehingga perlu penanganan lebih serius. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan supaya mendapatkan diagnosis dan obat yang tepat pula.

 

 

BERAGAM PENYEBAB BURUNG SAKIT

Penyebab burung sakit banyak sekali. Cukup sering terjadi, karena terlambat memberikan atau mengganti pakan dan minum, lingkungan yang kurang sehat seperti kondisi lembab dan kurang bersih, keracunan makanan yang sudah basi atau kurang bersih, hingga tertular oleh burung lain.

Kualitas pakan memang menjadi hal penting untuk selalu diperhatikan. Untuk pakan seperti voer, pastikan kondisi masih segar, kalau sudah berjamur, sudah berubah bentuk, berubah warna, lembek, bau juga berubah jadi apek apalagi tengik, sebaiknya tidak diberikan. Selain rentan menyebabkan burung sakit dan bisa fatal akibatnya, pada burung tertentu juga akan menyebabkan bulu ambrol.

Biasanya burung awalnya tidak mau makanan yang kondisinya berubah, tapi bila lapar sudah tidak tertahan dan tidak ada pilihan lain, mau tidak mau dimakan juga.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

Pada burung-burung pemakan sayur dan buah juga harus benar-benar diperhatikan kebersihannya. Sayur yang kita beli seringkali tidak sepenuhnya bersih, meski tampak masih segar bisa saja masih terpapar sisa-sisa pupuk atau obat-obatan kimia lainnya. Demikian pula pada buah seperti pisang, banyak di antaranya yang matang karena dikarbit. Sayur-sayur dan buah sebaiknya dicuci/direndam dalam waktu tertentu sampai kita yakin sudah bersih dari kemungkinan-kemungkinan racun yang masih menempel.

Demikian pula untuk serangga seperti jangkrik, ular hongkong, kroto, dan lainnya. Pastikan kondisi masih segar, bersih, dan sehat. Pada jangkrik dan ular hongkong, ketika baru dibeli sebaiknya tidak langsung diberikan ke burung. Ingat, serangga seperti jangkrik dan ular hongkong selain agen nutrisi, juga bisa jadi agen penyakit.

 

 

Sebaiknya serangga-serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong itu dikondisikan dulu paling tidak sehari, taruh di tempat yang bersih, kita berikan makanan yang sehat, baik itu voer maupun sayur-sayuran. Kita tidak tahu, apakah sebelumnya jangkrik dan ulat hongkong itu mendapatkan asupan pakan yang sehat atau tidak. Sekarang bahkan tersedia pakan khusus untuk jangkrik berupa serbuk, yang bisa pula diberikan untuk ular hongkong atau serangga lainnya, sebagai treatmen sebelum serangga itu kita berikan ke burung.

Pada musim hujan, kita harus lebih memberikan perhatian lebih. Kasus burung sakit di musim ini biasanya lebih banyak. Hal ini karena lingkungan yang cenderung basah dan lembab, memang menjadi media yang mendukung untuk tumbuh dan menyebarnya sumber penyakit seperti bakteri dan virus. Pastikan sangkar dan lingkungan sekitarnya selalu bersih dan kering, burung juga harus lebih intensif penjemurannya. [busro, maltimbus]

(catatan redaksi: ejaan penulisan nama Dr. drh Edi Boedi Santosa, MP. sudah diedit sesuai konfirmasi dari yang bersangkutan pada Sabtu 3 Juli 2021 jam 20.00)

 

 

KATA KUNCI: dr drh edi boedi santosa mp tanda-tanda awal burung sakit obat burung obat serak super n leman s pakan jangkrik imun burung andri purworejo pisang kepok obat palsu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp