SEEKOR BURUNG DILINDUNGI BERTELUR DI LAPANGAN BOLA


GARA-GARA ADA BURUNG BERTELUR

Lapangan Bola Ditutup Sebulan Lebih

Puluhan warga yang biasa memanfaatkan lapangan sepak bola di New Jersey, Amerika Serikat, harus rela mengalah dan mencari lapangan lain karena ada seekor burung dilindungi numpang bertelur di dekat gawang. Tidak bisa sembarangan memindahkan.

Lapangan itu ditutup sementara, sambil menunggu telur menetas, dan anaknya bisa terbang sendiri bersama induk betina. Keberadaan burung jenis Killdeer betina yang masuk spesies dilindungi di lapangan bola itu diketahui sudah sekitar 2 minggu.

 

 

Jangankan warga atau pengelola lapangan, Pemerintah Kota pun membutuhkan ijin dari Departemen Perlindungan Lingkungan (DEP) kalau mau memindahkannya. Mengurus ijin itu ternyata juga tidak sebentar, bisa memakan waktu 30 hingga 60 hari.

Karena itu pilihannya adalah menutup lapangan, memberi kesempatan sampai menetas dan bisa terbang sendiri meninggalkan lapangan. Diperkirakan itu juga akan memakan waktu sampai 60 hari ke depan atau lebih.

 

 

Agar warga yang penasaran tidak mendekat dan berpotensi mengganggu, petugas dari pemerintah kota sudah memasang pita pengaman sebagai batas. Hal ini memaksa warga hanya bisa melihatnya dari kejauhan, atau melihatnya dari siaran TV setempat agar bisa melihat dengan lebih jelas.

Bill Salomonsz, seorang penghobi burung dan dikenal sebagai ahli finch asal Belanda kelahiran Jakarta, ikut berkomentar terhadap artikel ini. "Burung ini namanya Kievit (vanellus vanellus), burung padang rumput. Termasuk burung yang dilindungi. Jadi kalo lagi ngeram di ladang, sering di lapangan bola, dia nggak boleh diganggu."

Begitulah kepedulian negara maju, baik dari pemerintah maupun kesadaran warganya dalam menjaga kelestarian burung. Bagaimana seandainya hal ini terjadi di Indonesia. Maukah kita mengalah seandainya ada burung, katakanlah seekor gelatik bertelur, di salah satu sudut lapangan? Sepertinya kita bakal ramai-ramai protes ke pengelola lapangan.

DISADUR DARI KOMPAS.COM, judul asli: Seekor Burung Bikin Sebuah Lapangan Sepak Bola di AS Ditutup

 

Gunakan selalu PRODUK yang ASLI, terjamin KUALITAS dan KHASIATnya.

 

KATA KUNCI: burung dilindungi pelestari burung indonesia breeding konservasi burung kelestarian burung desa ramah burung restocking burung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp