PARA PENGURUS DAN SEBAGIAN JURI RAJA PASAR, GANTANGAN LEGENDARIS

GANTANGAN RAJA PASAR KOTA MOJOKERTO

Gaco Anda Belum Afdol Sebelum Main di Sini, Sering Terjadi Transaksi dengan Nilai Fantastis

Gantangan Raja Pasar pernah mencapai zaman keemasan hingga kicaumania dari berbagai datang ke sini untuk melatih gaco atau membidik gaco. Sempat tenggelam karena banyaknya gantangan yang bermunculan, kini gantangan Raja Pasar kembali bergairah dan menjadi barometer baru. 

Gantangan Raja Pasar yang berada di Pasar Burung, Jalan Empunala Kota Mojokerto merupakan gantangan tertua. Gantangan ini pernah meraih zaman keemasan saat gantangan belum banyak berdiri seperti saat ini. Dulu, sebelum bos-bos pemilik gantangan itu punya gantangan sendiri, mereka ya mainnya di ini, begitu menurut keterangan beberapa orang.

 

 

GANTANGAN RAJA PASAR, SELALU RAMAI DAN FULL PESERTANYA

 

“Para pecinta burung dari luar kota juga banyak yang datang ke sini. Biasanya mereka datang untuk cari gaco, dan langsung pantau di atas gantangan,” ujar Bos Pras, yang saat ini menjadi salah seorang pengurus di gantangan ini.    

Menurut Bos Pras, dulu transaksi burung dengan nilai yang wah bukan hal aneh di gantangan ini. Gantangan Raja Pasar menurut Bos Pras seperti menjadi barometer atau ukuran burung itu baik, setengah baik, atau kurang baik. Gantangan ini bisa menjadi barometer karena pada waktu itu juri-juri yang bertugas di Raja Pasar cukup profesional dan terpercaya. Jadi mereka yang ingin membeli gaco dan pantau langsung di atas gantangan tidak ragu.

 

 

Seiring waktu dengan banyaknya gantangan yang tumbuh, Raja Pasar sempat redup cukup lama. Para juri banyak yang bertugas ke gantangan lain dan mereka yang dipercaya mengelola gantangan ini sibuk dengan pekerjaannya.

Cukup lama redup, gantangan Raja Pasar justru kembali bergairah saat lomba burung di tengah kondisi pandemi Covid19 mendapatkan sedikit kelonggaran. “Ramainya lomba burung di sini hampir setahunan. Dalam kondisi pandemi Covid19, gantangan Raja Pasar justru membludak pesertanya,” ucap Bos Pras, yang didampingi Pak Kirno, salah seorang yang sering melatih gaconya di gantangan tersebut.

 

SEBAGIAN PENGURUS GANTANGAN RAJA PASAR, BAROMETER BURUNG BAGUS

  

Raja Pasar menurut Bos Pras punya kegiatan lomba di Selasa sore dan Sabtu sore. Tiketnya biasanya cukup bersahabat, namun sesekali juga ada tiket dengan nilai yang sedikit besar. Juri-juri yang bertugas juga diambil dari berbagai EO. Juri-juri yang bertugas juga tidak hanya mereka yang sudah lama bertugas di penjurian, namun ada pula juri-juri muda.

Masih menurut Bos Pras, burung-burung papas atas juga banyak yang lahir  dari gantangan Raja Pasar. “Murai batu Gilang yang sempat mendapatkan penawaran yang fantastis, itu dulu latberannya ya di sini,” imbuh Bos Pras.

 

KICAUMANIA DAN JURI DARI BERBAGAI EO SERING KUMPUL DI SINI

 

Menurut Pak Kirno, salah seorang yang sering melatih gaconya di Raja Pasar. “Burung anda bisa juara di mana saja, tapi rasanya belum afdol sebelum juara di sini,” cetusnya.  

Penghobi lain menceritakan bahwa pernah ada burung dengan nilai pembelian yang tinggi di luar dan main di sini, namun tidak bisa berbuat apa-apa menghadapi gaco-gaco lain.

 

TWISTER BUBUR, cocok untuk meloloh piyik/baby burung pemakan bijian termasuk branjangan. Para breeder burung ocehan juga banyak yang cocok menggunakan TWISTER TROTOLAN. Selepas masa loloh/trotol, banyak yang mengaku cocok menggunakan Twister GoldSeaweed, atau Anti Stress.

Beli dan terus berikan TWISTER yang cucuk untuk burungmu, untungnya dobel-dobel. Untuk piyik lebih sehat dan cepat besar serta tidak mudah mati, untuk yang sudah mulai remaja sampai dewasa lebih sehat dan lebih gacor dengan suara lebih keras dan bening. Dapatkan ratusan voucher/kupon hadiah langsung tanpa diundi, seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku untuk pembelian 1 Januari – 31 Desember 2021.

 

“Burung anda bisa bagus di gantangan lain, namun di sini bisa tidak berbuat apa-apa. Mental burung anda harus teruji jika ingin menang di sini, karena posisi burung dan penonton cukup dekat, meski di sini jarang ada penonton yang berteriak,” ucap Pak Kirno.   

Mr Plencong, juri kawakan yang ada di Mojokerto mengaku senang dengan kembalinya gantangan Raja Pasar seperti menjadi barometernya kualitas burung. Kepercayaan itu harus dijaga dan juri-juri yang bertugas di sana harus memberikan yang terbaik tanpa harus tahu itu burung siapa atau milik siapa. [RANTO]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: gantangan raja pasar kota mojokerto

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp