PARUH PENDEK MULUT LEBAR, SALAH SATU FAKTA BURUNG POTOO

ENAM FAKTA MENCENGANGKAN DARI POTOO: Burung Bertampang dan Bersuara Seram

Fakta Nomer Dua Paling Mencengangkan

Potoo, burung yang memiliki tampang dan suara menyeramkan asal kawasan Amerika Tengah dan Selatan ini ternyata memiliki beberapa fakta yang cukup mencengangkan yang jarang diketahui. Apa saja?

1. Selalu Dihubungkan dengan yang Menyeramkan. Potoo (baca : Potu) dianggap memiliki postur yang tidak lazim bagi seekor burung dan sering mengeluarkan suara mengerikan saat bulan purnama yang oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai suara dari roh-roh yang sudah meninggal. Matanya pun memerah saat terkena sinar, maka dia pun masuk dalam daftar burung-burung paling menyeramkan.

2. Melihat dengan Mata Tertutup. Saat berkamuflase, Potoo ternyata tetap bisa melihat sekelilingnya, ini karena ia memiliki celah yang sangat tipis dimana hanya dia yang bisa melihatnya untuk tetap memantau keadaan sekitarnya meski mata dalam kedaan tertututup atau mereka sebut sebagai closed eyes vision.

TETAP MELIHAT MESKI DENGAN MATA TERTUTUP

 

 

3. Pemburu yang Malas. Tidak seperti burung lainnya, Potoo tak terlalu aktif memburu mangsanya, dia hanya berdiam di dahan pohon sambil seperti "berdoa" dan akan menyambar mangsa yang lewat dalam keadaan berkamuflase. Mangsa utamanya seperti serangga, burung-burung kecil hingga jenis-jenis keleawar tertentu. Itulah makanya dia juga disebut sebaga the Lazy Hunter.

4. Bermulut Besar. Potoo tidak memiliki paruh yang panjang, namun paruhnya bisa dibuka sangat lebar hingga mangsa yang besar termasuk kelelawar jenis tertentu pun bisa ia lahap. Lebar mulutnya pun bisa mengeluarkan suara yang cukup keras dan mengerikan.

5. Burung Ceroboh. Entah karena ceroboh atau memang kebiasaanya, Potoo bisa meletakkan telurnya dimana saja, meski itu buka sarangnya. Bahkan pernah ditemukan burung Potoo yang bertelur dan meninggalkan telurnya disebuah tiang pagar kayu.

CEROBOH. BERTELUR DIMANAPUN, BAHKAN DI SEBUAH TIANG PAGAR.

 

6. Burung Kuno. Potoo kini memang lebih banyak ditemui di kawasan Amerika Tengah dan Selatan, namun dari beberapa penelitian, Potoo dipercaya sudah hidup cukup lama dan justru berasal dari kawasan Jerman dan Inggris, karena pada jaman dahulu beberapa jejaknya sempat ditemui di dua kawasan tersebut.

 

KATA KUNCI: burung potoo burung nerakakonservasi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp