DIPO TEAM. RIANO (kanan), FIRMAN (tengah) dan KIANO (kiri)

DIPO TEAM DEPOK

Perawatan Murai Batu Ramones Menjelang Royal Cup XVII

 

 

Murai batu Ramones merupakan salah satu murai batu papan atas di blok barat. Gaco andalan Riano dari Dipo Team ini kerap mendulang sukses di berbagai even penting, terutama di wilayah Jabodetabek. Salah satunya di Piala Panglima TNI, Oktober lalu.

Menurut Riano, sang pemilik, Ramones memulai debutnya sejak usia 7 bulan. Dan kini sudah lebih dari 2 tahun berada di tangan Riano. Murai batu ring hasil breeding salah satu penangkar di Majalengka, Jawa Barat ini memang memiliki materi isian lagu yang komplet. Mulai dari cililin, lovebird, cucak jenggot, kapas tembak, srindit, kenarian dan lainnya. Tidak hanya materi lagu, durasi kerja Ramones juga luar biasa hebat. Begitu juga kualitas volumenya, berada di atas rata-rata.

Bersama murai batu Arjuna Dipo, Ramones menjadi amunisi garda terdepan bagi Dipo Team. Arjuna Dipo sendiri adalah gaco milik Kiano, yang merupakan saudara kandung dari Riano. Prestasi moncer keduanya tak lain juga berkat polesan tangan dingin Firman, mekanik andalan Dipo Team.

Selama berada di tangan Riano, Ramones berhasil menyabet berbagai tropi juara. Sebelum akhirnya, harus istirahat mabung di awal tahun ini. Pasca mabung pada bulan Mei kemarin, Riano langsung dicoba di even Safari Voer Ronggolawe (14/5). Hasilnya, Riano sukses menjadi juara pertama di kelas Ebod Vit. “Setelah itu, beberapa kali diturunkan di even regional lainnya, sekadar untuk pemanasan pasca mabung. Ternyata juga berhasil menjadi juara,” tutur Riano.

Kali terakhir, saat diturunkan di gelaran Mahakarya Global Ebod Jaya (9/6) di kota Depok, Jawa Barat. “Setelah lebaran ini, Insya Allah kami akan turun di Royal Cup. Ramones akan turun di tiga sesi. Karena burung ini memang paling maksimal turun tiga kali dalam sehari,” tandas Riano mantap. Berikut perawatan Ramones menjelang turun pada even Royal Cup XVII, di Lapangan Banteng Jakarta, 16 Juli mendatang.

 

Setting Harian hingga Lapangan

Dalam kesehariannya, Ramones tetap mengandalkan kandang umbaran. Kandang sepanjang 6 meter menjadi sarana melatih staminanya. Namun, ada yang menarik dalam perawatanannya. Ramones menempati kandang umbaran dari pagi pukul 8 hingga sore sekitar pukul 6. Bahkan, terkadang ditambah hingga pukul 9 malam. Saat itulah Ramones baru masuk sangkar harian dan dikrodong.

Mandi jemur rutin setiap hari. Pagi hari krodong dibuka dan diangin-anginkan, kemudian dimandikan. Selesai mandi kembali dianginkan, lalu dijemur sambil diumbar. Penjemurannya tidak pernah lebih dari 1 jam.

Kebutuhan ekstrafooding berupa kroto segar yang diberikan 2 kali sehari, siang dan malam. Pemberian jangkrik pagi 7 ekor dan sore 7 ekor setiap harinya. Kecuali sehari menjelang lomba, jangkrik ditambah menjadi 10 ekor, pagi dan sorenya.

Untuk ekstrafooding ulat hongkong, biasanya diberikan saat di lapangan. Jumlahnya situasional, tergantung kondisi cuaca dan jadwal mainnya. Pada kondisi normal, cukup diberi 2 ekor ulat hongkong menjelang digantang. Sedangkan kalau cuaca dingin atau kondisi sedang hujan, ulat hongkong ditambah menjadi 3 ekor.

Penyesuaian juga dilakukan melihat jadwal mainnya. Kalau main di sesi-sesi awal dan kondisi cuacanya normal, biasanya hanya diberikan 1 ekor ulat hongkong. Di sesi berikutnya kembali diberikan 2 ekor. Kalau masih turun kembali di sesi ketiga, sebelum gantang diberi lagi 1-2 ekor. Lain halnya bila situasi cuaca hujan atau dingin, dosis ulat hongkong yang diberikan juga ditambah.

Untuk pemberian jangkrik, pagi hari sebelum berangkat ke lapangan diberikan 7 ekor. Tiba di lapangan, satu jam menjelang digantang diberi 2 ekor lagi. Kemudian di setiap sesi selanjutnya, sebelum naik gantangan jangkrik ditambah lagi 2 ekor. Ramones memang lebih nyaman disetel ekstrafood-nya saat di lapangan.

Dengan perawatan seperti inilah, nama Ramones semakin meroket. Hal ini pula yang membuat Mr. Prio, sang owner sangkar Radja, belum lama ini mengontak Riano. Tak lain guna menjalin kerjasama dengan Dipo Team, untuk menjadi Duta Sangkar Radja.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: dipo team depok ramones arjuna dipo riano kiano firman royal cup xvii

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp