PUNGGAWA KAMBING HITAM BERSAMA AHIEN

DIKLAT JURI KAMBING HITAM

Ko Ahien Siap Pertajam Pemahaman & Penyamaan Persepsi, Ada Materi Karakter, Etika, & Attitude

Ko Ahien, juri senior “lulusan” PBI yang sempat bergabung kawah “Candradimuka” BnR, dikenal tegas dan berintegritas. Setelah beberapa tahun pensiun, akan kembali turun gunung untuk mempertajam pemahaman dan menyamakan persepsi para juri Kambing Hitam.

Pada 21-22 Juni besuk, Kambing Hitam siap memasuki babak baru sebagai EO, dengan menggelar diklat juri. Berbeda dengan EO lainnya, Kambing Hitam mengaku tidak akan jor-joran dalam membuka lowongan.

“Kami mengedepankan kualitas, bukan kuantitas. Parar calon juri Kambing Hitam sesungguhnya juga juri yang secara teknis atau kecakapan di lapangan sudah mumpuni. Mereka sudah melek kualitas burung, bisa membedakan mana yang kerja dan layak juara atau sekadar burung kerja asbun misalnya. Mereka sudah cukup matang dan berpengalaman bertugas di event-event independen,” ujar Sapta, komandan Kambing Hitam.


 

 

Dengan demikian, tugas Ko Ahien bisa dikatakan relatif lebih mudah. Tinggal mempertajam, atau lebih tepatnya lebih pada upaya mendekatkan persepsi untuk menentukan standar pakem yang hendak dipakai di Kambing Hitam, dan akan langsung dipraktekkan pada gelaran LBC Cup 3, 23 Juni 2019 di JEC Jogja.

“Untuk materi teknis memang akan kita serahkan pada Ko Ahien. Biar teman-teman yang sesungguhnya sudah senior itu bisa berdikusi, lalu menyepakati pakem. Mereka sudah punya banyak sekali bahan atau kasus untuk didiskusikan. Insya Allah, pakem yang akan berlaku di Kambing Hitam juga mengacu pada kualitas dan materi burung, bukan semata melihat burung kerja,” tandas Sapta lagi.

Apakah materi diklat lebih mengedepankan materi teknis?

“Oh tentu saja tidak. Bagi kami, kemampuan teknis memang penting, tapi bukan segala-galanya. Hal yang tak kalah penting dan harus bisa berjalan beriringan dengan kemampuan teknis adalah masalah karakter, etika, hingga atitude,” imbuh Sapta lagi.
 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Karakater, etika, dan atitude, diyakini akan menjadi penentu kemajuan dan masa depan Kambing Hitam. “Tiga hal itu juga tidak hanya saat bertugas, tetapi juga harus terbawa dan menjadi jiwa dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat tidak bertugas atau sedang di luar lapangan.”

Kambing Hitam sudah memutuskan bahwa setiap lomba, prinsip fairplay adalah harga mati. Maka para juri juga harus bisa menunjukkan hal itu dalam tindak tanduknya. Harus bisa menjadikan hal itu sebagai “budaya” Kambing Hitam. Tegas dan berintegritas, tetapi harus tetap rendah hati, sopan, ramah, dan bisa selalu menunjukkan rasa hormat dan menghargai pada pihak lain.

Diakui, ini bukanlah tugas yang mudah. “Tetapi, kalau kita memang benar-benar punya niat untuk berbuat yang terbaik, pasti itu bukan hal yang tidak bisa. Jadi, mari kita jalani dulu. Kita lihat dan ukur kendalanya di mana, pasti juga akan ketemu solusinya.”

BROSUR LBC CUP 3, KLIK DI SINI



 

Rutin memberikan jangkrik untuk burung Anda? Perhatikan tips memperlakukan jangkrik sebelum diberikan ke burung. Selama puluhan tahun menjadi resep rahasia, kini sudah bisa dirasakan khasiatnya untuk Anda. Lihat video tutorial, KLIK gambar berikut:

 

KATA KUNCI: lbc cup kambing hitam

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp