MURAI BATU DI LOMBA NASIONAL, SEMUA KELAS WAJIB MEMAKAI STIK

BREAKING NEWS

Mulai 14 November, Penilaian Murai Batu di BnR Pakai Stik, Ini Penjelasannya

Penilaian murai batu di BnR akan dibantu dengan menggunakan stik. Loh, seperti menilai lovebird? Ssst, jangan motong dulu, simak penjelasan berikut ini biar tidak gagal paham.

“Itu burung memang bagus, tapi beberapa kali nampar, kok juara,” komplain atau keluhan semacam ini tentu sering kita dengar, umum terjadi hampir di semua gelaran lintas EO, termasuk independen. Bagaimana sebenarnya aturannya?

BnR, salah satu EO yang mengatur sejumlah “pelanggaran” baru saja merilis aturan baru. Supaya juri memiliki rujukan yang tepat, apakah burung masih layak diberikan nominasi atau tidak, BnR akan menerapkan alat bantu stik.

 

MURAI BATU DI LOMBA LOKAL TIKET MAKSIMAL 300K, BELUM PAKAI STIK

 

Ngomong soal stik, mungkin di benak kita langsung tertuju pada penilaian lovebird. Penerapannya memang mirip, atau malah semacam mengikuti pola tersebut, tetapi beda peruntukkan.

“Pemakaian stik saat menilai murai batu di BnR bukan untuk menghitung bunyi atau durasi seperti pada lovebird, tetapi sebagai alat bantu untuk menghitung pelanggaran berupa nampar atau nempel jeruji tanpa bunyi. Tiap burung nampar (tidak sambil bunyi) dikasih stik. Jadi jelas ya bedanya, jangan sampai salah memahami,” terang Bang Boy saat dikonfirmasi terkait aturan anyar ini.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon/voucher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER (burung berkicau, lovebird, perkutut, merpati) dan/atau NICE (anjing, kucing). Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda MOTOR, hingga MOBIL baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021. (Kupon yang baru diterima setelah 31 Desember, tetap berlaku, hadiah bisa diurus lewat kios/agen tempat membeli pakan tersebut)

 

Mengacu pada semacam Surat Keputusan pemakain stik pada penilaian murai batu yang diteken oleh Ketua Juri Pusat, Guntur Suryo Kusumo, pemakain alat bantu stik ini hanya akan berlaku pada jenjang lomba tertentu. “Untuk lomba skala Latber dan Latpres dengan tiket maksimal 300 ribu, alat bantu stik belum digunakan,” begitu bunyi butir pertamanya.

Butir berikutnya menyebutkan, Alat bantu stik baru akan diberlakukan untuk lomba skala regional dengan tiket 500 ribu ke atas. Kemudian, untuk lomba skala nasional, aturan penggunaan alat bantu stik akan berlaku untuk semua kelas / harga tiket.

 

 

Pada butir terakhir, ditegaskan bila penggunaan alat bantu stik belaku sejak 14 November 2021 di seluruh tanah air. Untuk menguatkan itu, surat sudah ditembuskan kepada Penasehat BnR, Pembina BnR, Pendiri BnR, Ketua Umum BnR, Seluruh Pengurus BnR Indonesia, dan semua Jajaran Juri BnR Indonesia.

Sekali lagi, secara teknis, cara menggunakan stik memang mirip-mirip seperti orang menilai lovebird, tapi bukan bunyi atau durasi yang diberi stik. Stik hanya penanda untuk membantu menghitung jumlah pelanggaran berupa nampar, atau nempel jeruji yang tidak sambil bunyi.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

“Stik itu hanya alat bantu untuk menghitung pelanggaran. Setiap burung nampar dikasih satu stik. Sebenarnya di BnR ini bukan hal yang baru-baru amat, hanya sebelumnya memakai alat/tanda lainnya seperti bendera, diberlakukan pada skala lomba tertentu dan kelas tertentu, seperti BoB, ini cakupannya diperluas,” tegas Boy.

Batas maksimal burung boleh nampar atau nempel jeruji dan masih tetap berhak mendapatkan nominasi hingga juara adalah adalah 3 kali . Bila jumlah stik nampar sudah sampai 4, burung tidak akan mendapatkan nominasi.

 

 

Nah, ini yang penting. Burung yang turun ke bawah, atau nampar/nempel ke jeruji sambil bunyi, akan langsung didiskualifikasi. Cukup sekali saja burung terpantau turun ke bawah, atau nampar sambil bunyi, bendera diskualifikasi akan langsung ditancapkan, tidak perlu beberapa kali. Aturan ini berlaku untuk semua level lomba mulai Latber sekali pun.

Lalu bagaimana dengan lomba sekala Latber, Latpres, Lokal, Regional, dengan tiket maksimal 300 ribu, apakah nampar lebih 3 kali berarti masih bisa juara sepanjang memang masih sangat layak?

 

BANG BOY. ATURAN YANG JELAS DAN TERUKUR, HINDARI KOMPLAIN YANG TIDAK PERLU

 

“Kalau aku bilang, lomba dengan tiket maskimal 300 ribu itu di BnR adalah lomba toleransi. Artinya, mau nampar berulang kali kalau memang dianggap sangat layak, dalam arti musuh atau pesaing terdekatnya secara perfoma dan kualitas masih di bawahnya, dia masih bisa juara," jelas Bang Boy lagi.

Bang Boy meyakini para juri BnR sudah sangat bisa memutuskan soal ini. "Jadi, kalau di BnR, untuk lomba Latber, Latpres, Lokal, sampai lomba regional tiket maksimal 300 ribu, komplain seperti itu tidak perlu terjadi lagi kalau semua pihak baik panitia, team juri, dan peserta sama-sama tahu aturan main yang berlaku. Perlu sosialisasi supaya orang  tidak salah kaprah dalam memahami aturan ini, dianggapnya sama. Di BnR ada beberapa pengecualian atau toleransi itu tadi," tandasnya.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Toleransi itu juga menyangkut diberikannya kelonggaran pemakaian ranaju di bawah sangkar supaya burung tidak ngelantai. “Larangan pemaikan ranjau, apa pun bentuk dan modelnya, baru diharamkan di even Presiden Cup. Untuk lomba-lomba lainnya masih boleh. Ini juga perlu diketahui oleh semua kicaumania dan terutama jajaran pengurus dan para juri BnR.”

Mesipun begitu, Boy menegaskan bila “lomba toleransi” itu hanya untuk pelanggaran nampar. “Kalau burung turun ke tebok, mau level terkecil Latber, meskipun hanya sekali tanpa ampun langsung diskualifikasi.”

 

Agendakan dari sekarang! Tiket 1 juta, 500 ribu, 300 ribu, 200ribu, 100 ribu, dan 80 ribu

 

Bagaimana alat bantu stik akan digunakan, antara lain bisa dilihat pada beberapa lomba besar level nasional yang akan digelar BnR dalam waktu dekat, misalnya Bung Tomo Cup IV di stadion Gelora Deltras Sidoarjo pada 21 November 2021 besuk, Bandung Lautan Api Cup V pada 12 Desember 2021, yang waktu pelaksanaannya bertepatan dengan HUT BnR dan dan Koalisi OBI Magelang Feat OBI Semarang pada 12 Januari 2022.

Bagi Anda para pembaca burungnews.com, kabar gembira senantia disampaikan terus menerus. Saat ini, kesempatan semakin terbuka luas bisa meraih MOBIL, MOTOR, dan ratusan hadiah menarik lainnya, langsung tanpa diundi.

Beli terus TWISTER (burung berkicau, lovebird, merpati) dan/atau NICE (kucing, anjing). Perhatikan baik-baik saat membuka kemasan, siapa tahu Anda yang beruntung mendapatkan kuponnya. Kupon yang diterima setelah 31 Desember 2021 tetap berlaku.

BROSUR DAN JADWAL BUNG TOMO CUP, KLIK DI SINI

BROSUR DAN JADWAL LOMBA BANDUNG LAUTAN API CUP, KLIK DI SINI

REKOMENDASI ARTIKEL DAN VIDIO: Power dan Materi Lagunya AM Ra Umum Benar-Benar Kenceng, Jelas Sekali Terdengar Sampai Luar Lapang, Tonton VIDIO-nya

 

Segera dapatkan, KAOS PIALA RAJA KE-21 paling eksklusif dan terbatas. Dijamin TIDAK KECEWA! Segera selagi masih bisa kebagian.

 

 

PERTAMA di Surabaya dan Jawa Timur, lomba menyediakan DUA UNIT MOBIL! Siapkan jagoan Anda, tiket 3,5 juta (36-G) dan 5 juta (24-G). Tunggu brosur lengkapnya.

 

KATA KUNCI: penilaian murai batu bnr memakai stik dua kali nampar masih bisa juara lomba nasional semua kelas murai batu wajib pakai stik lomba reginal tiket 500 ribu up memakai stik bang boy bnr indonesia

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp