KOMUNITAS SOGON

BNR MOJOAGUNG JOMBANG

LB Kartini Tak Bergairah, BNR Buka Kelas G 30

Nasib apes dialami Haruko, pemilik love bird Kartini yang dicekal di sejumlah gantangan di Jombang. Padahal Kartini adalah love bird fighter yang belum tentu mau jalan. Terbukti di BNR Mojoagung, Kartini tidak mau jalan meski naik dua kelas.

Gantangan BNR Mojoagung yang ada di Distrik Koramil Mojoagung, Jombang terus berbenah. Di gelaran hari Minggu, 27 September 2020, panitia mulai membuka kelas G 30. Kelas G 30 dibuka untuk Cucak Hijau, Murai Batu, dan Love Bird Fighter.

 

 

JUARA KELAS LOVE BIRD FIGHTER A

 

Tiga jenis burung itu memang saat ini lagi naik daun. Di banyak gantangan, pesertanya berjibun dan tentu memberi nilai plus buat panitia, baik dari segi prestis maupun provit. Kelas lombapun bisa dibuka tiga sampai empat sesi. Salah satunya adalah kelas G 30, kadang juga G 25 dan sebagainya.

BNR Mojoagung memang membuka kelas G 30 untuk ketiga jenis burung itu. Tapi, prestis dan provit bukanlah target panitia BNR Mojoagung yang dikomandani H Fatih Ajharudin.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

"Sebenranya dengan pembatasan jumlah peserta dengan istilah G 25 atau G 30, tujuannya untuk lebih memaksimalkan penilaian. Dengan G 30 seperti yang kita mulai hari ini, pesertanya dikumpulkan di tengah, jumlahnya juga terbatas, karena itu juri bisa lebih fokus," kata Gigik, Korlap juri BNR Mojoagung.

Setuju deh, di gelaran BNR Mojoagung kali ini memang tidak ada nada sumbang yang terlontar dari para peserta. Lomba pun relatif tertib karena dikondisikan tanpa teriak. "Alhamdulillah teman-teman pemain mematuhi aturan yang kami tetapkan. Lomba jadi kondusif dan bisa dinikmati," lanjut Gigik.

 

JUARA DI KELAS CUCAK HIJAU G 30

 

Di kelas Love Bird Fighter G 30, ada Kartini milik Haruko Wicaksono yang dikawal Adi dan Ifan. Gaco ini dicekal di sejumlah gantangan di Jombang, karena dianggap sudah juara nasional. Padalah, menurut Haruko, gaco andalannya itu belum pernah juara di even akbar di luar Jombang. "Baru Minggu kemarin juara di Doremi SF, itupun mainnya di Jombang," ujarnya merendah.

Dan lagi, lanjut Haruko, Kartini adalah tipe fighter bukan konslet yang langsung ngekek saat dibuka kerodong. "Bikin love bird fighter mau ngekek di atas gantangan itu susah ya, tidak seperti love bird konslet. Buktinya di sini, dua kali naik hanya mau ngekek sekali. Itupun cuma keluar durasi P1," imbuhnya.

 

JAWARA KELAS MURAI BATU G 30

 

Yup, Kartini memang tidak masuk line up juara. Jangankan meraih podium, juara di peringkat dasarpun tidak. "Tak apalah, toh hanya ada empat gantangan yang melarang Kartini naik. Masih banyak gantangan lain. Di Jombang ada tiga puluhan gantangan, jadi kami masih bebas memilih main di mana. Dan gaco kami juga bukan di kelas love bird saja, ada murai batu, cucak hijau, dan kacer," kata Adi, joki sekaligus perawat Kartini.

Gaco yang sukses meretas prestasi emas di kelas Love Bird Fighter di gelaran BNR Mojoagung kali ini adalah, di kelas Love Bird Fighter G 30, juara I direbut Nagato orbitan Rendra dari RGS Team, diikuti Oreo milik Idham dari Kopi RW di podium dua, dan Pipo milik H Sinyo di podium tiga.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Sedangkan di kelas Love Bird Fighter A, lagi-lagi Nagato yang jadi bintang. Podium dua direbut Sarmento andalan Saiku, dan podium tiga direbut Sabrina orbitan Setyo Riza dari TBC SF. Juara I di kelas Love Bird M2 A direbut Kinten milik Samer dari Morsel BC, diikuti Rambu milik Dapit dan Doraemon milik Riyan.

 

CUCAK HIJAU MERIAH

Dibukanya kelas Cucak Hijau G 30 menambah sengit persaingan di BNR Mojoagung. Kairo andalan Wiro dari Sakral SF menjadi kampiun di kelas ini. Tampil hiper dengan gaya jambul dan ngentrok, Kairo yang rajin membongkar suara kapas tembak dan srindit mampu membungkam lawan-lawannya.

 

PARA JAWARA KELAS KACER

 

Sayang, saat bertarung di sesi kedua, kelas Cucak Hijau A, penampilan Kairo jauh merosot. Aksinya tak segarang saat tampil di kelas G 30, dan prestasipun anjlok di peringkat dasar. Dragon yang kalahkan Kairo di kelas G 30, justru tampil elegan dan rajin membongkar suara roll tembak. Juara I pun direbut gaco milik Aldi dari Mojoagung ini.

Di kelas Murai Batu G 30, MZ Mitasi andalan Adinata Family bersaing dengan RX King andalan H Rudi dari Rosobo Mojoagung. Kedua gaco tampil dominan dan agresif menggelontorkan suara kasar yang terus memakasa tim juri berpaling memastikan kehebatannya.

 

JUARA KELAS CENDET

 

Namun, Mitasi mendapat nilai plus dari tim juri, hingga ada lima bendera merah tertancap di nomor MZ Mitasi. RX King andalan H Rudi harus puas mengisi podium dua, unggul dari Avatar andalan Joe dari WKT.

Tak putus asa, H Rudi menginstruksikan kepada perawat RX King untuk menurunkan di sesi kedua, kelas Murai Batu A. Di kelas inilah sengatan vokal kasar berdurasi mewah kerap dilontarkan RX King, hingga tim juri tak ragu memberi bendera A mutlak. Sementara MZ MItasi justru terpuruk di peringkat lima.

 

 

Di kelas Sogok Ontong yang dibuka dua sesi, podium teratas terbagi untuk dua gaco. Juara I di kelas A menjadi milik Mr Croot yang dikawal Ko Ferry Las dari PSI Nganjuk, sedangkan di kelas B menjadi milik Pascal yang diusung Teguh dari Diwek Jombang.

"Selamat kepada para jawara. Ikuti terus gelaran BNR Mojoagung setiap hari Minggu mulai jam 10.30 Wib. Lomba tetap dilangsungkan tanpa teriak. Pesan kami kepada para peserta, wajib mamatuhi protokoler kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19. Wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun ditergen sebelum masuk gantangan, dan jaga jarak minimal satu meter," kata H Fatih. [RAFF]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

JUARA DI KELAS KENARI

 

JUARA DI KELAS MURAI BATU A

 

VitaMix METABOLIS, atau lebih dikenal sebagai Metabolis Putih, cara baru, mudah, dan cespleng menggacorkan burung. Mudah didapat di kios-kios burung. Buktikan. Informasi produk Phoenix, hubungi (WA) Yovie di 0813-8378-3626.

 

JUARA DI KELAS CUCAK HIJAU A

 

JUARA KELAS CUCAK HIJAU B

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI: bnr mojoagung jombang lb kartini

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp