SAMBUTAN BANG BOY PADA PEMBUKAAN 8055 CUP

BANG BOY DI 8055 CUP

Tidak Puas Dengan Hasil Penilaian di BnR, Boleh Protes...

Bang Boy memilih hadir dan ikut membuka gelaran 8055 Cup di Kampus FEB Undip, Minggu 29 Oktober. Padahal di saat yang sama, ada sejumlah even BnR yang skala dan hadiahnya jauh lebih besar. Sebut saja ada Airin Cup di Tangerang.

“Tapi saya memilih hadir ke even yang skalanya oleh sebagian orang mungkin dianggap kecil, kurang penting. Saya punya pertimbangan lain, sehingga pagi ini memilih berada di sini,” ujarnya diiringi tepuk tangan para hadirin.

Kehadiran Bang Boy ke sejumlah even lokal di daerah, antara lain disebutkan untuk mencari dan mengumpulkan masukan. Pekan lalu misalnya, Bang Boy hadir dan mengawal jalannya lomba sampai rampung di Lembusuro Cup Boyolali.

“BnR sekarang punya tak kurang 1.800 juri. Bagaimana harus mengelola juri sebanyak itu, saya butuh masukan dari Anda-Anda semua yang secara langsung merasakan kinerja-kinerja mereka.”

 

 

PEMBACAAN SUMPAH JURI DI 8055 CUP

 

Menurut Boy, para juri itu tidak serta merta atau dengan tiba-tiba muncul lantas bertugas menilai burung. Semua sudah melalui proses diklat, di situ selain dilatih hal-hal yang paling mendasar berlaku di BnR, juga dinilai pengetahuan awal tentang burung.

Kalau sudah lulus dari diklat yang jadi semacam kawah candradimuka, secara teknis sudah kita anggap punya kemampuan menjuri burung. Lantas dinilai juga perjalanan karirnya mulai dari even latber, latpres, dan seterusnya. “Jadi tiap juri itu punya rapor, dari situlah kita bisa memberikan nilai, apakah yang bersangkutan pantas naik kelas, promosi, atau malah demosi.”

Boy juga menyebut sejumlah even akbar di akhir tahun maupun di tahun 2018. Ada yang aslinya even orang lain tapi dipercayakan kepada BnR, misalnya Sien Ronny Cup yang akan digelar 12 November di Malang.

Ada juga yang memang itu murni gelaran milik BnR, seperti even dua tahunan BnR Award yang akan jatuh pada 10 Desember 2017 di Cibubur, Jakarta Timur. Di tahun 2018, juga ada sejumlah gelaran seperti Presiden Cup di Jakarta, juga ada Soeharto Cup dan Bang Boy Cup yang keduanya ini akan digelar di Yogyakarta.

 

 

Even-even besar itu dalam pelaksanaannya butuh teamwork yang besar, mulai dari perencanaan hingga pada saat pelaksanaannya nanti. “Alhamdulillah, secara SDM dari BnR sudah mampu mengelola dan menjalankan even-even besar dan akbar dengan baik. Saya kasih tahu, BnR Award yang baru akan digelar pada 10 Desember besuk, sebagian besar tiketnya sudah lama habis. Setelah itu beres kita akan segera mulai buka untuk Presiden Cup 2018 dan seterusnya. Kalau sistem dan SDM ndak kuat, ndak akan bisa jalan. Orang tidak akan percaya masih jauh-jauh hari sudah mau membeli tiket. Saya sebut membeli, bukan hanya memesan, karena mau langsung membayar.”

Di daerah, sejumlah cabang pelan tapi pasti juga terus bertumbuh. “Semakin banyak even yang demen kalau pakai BnR. Jadi even lokal di daerah pun begitu, ada even orang luar tapi milih pakai juri BnR, selain ada pula even yang murni digelar oleh BnR Cabang. 8055 Cup ini salah satu contoh even memakai juri BnR, tapi penyelenggaranya bukan BnR Cabang. Karena Pak Wahyu kan bukan orang BnR, tapi dia mau percaya pada BnR.”

Bang Boy mengakui, BnR sudah berusaha membuat sistem dan pakem penilaian yang terus diperbaiki. Namun bukan berarti mengklaim yang terbaik apalagi sempurna. Kalau diketahui ada kekurangan, ya segera dilakukan perbaikan.

 

JURI BnR SEDANG MENILAI DI 8055 CUP

 

“Sistem itu supaya tolok ukurnya jelas. Burung juara itu harus begini. Kalau Anda merasa tidak pas dengan hasil kerja juri, silakan Anda boleh protes kok, tapi lakukan dengan cara yang baik, sopan. Lebih tepatnya bisa menanyakan hal-hal yang menurut Anda mungkin kurang pas. Nanti kami pasti akan bisa melayani dengan baik pula. Tidak perlu dengan cara keras, teriak-teriak apalagi sampai menantang-nantang segala. Tentu saya harus mengatakan bahwa juri itu manusia juga, mungkin saja ia salah. Sistem itu supaya berbagai kemungkinan dan peluang salah itu bisa diminimalisir, terutama kesalahan yang disengaja.”

Di 8055 Cup, Bang Boy memang tidak bisa menunggui jalannya lomba sampai rampung. Meskipun begitu, kehadirannya diakui membuat even menjadi lebih ramai dan semarak. Di hampir semua daerah, Bang Boy harus diakui masih menjadi magnet yang kuat.

KATA KUNCI: bang boy 8005 cup jbi juri bnr

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp