UDI (KANAN) DI DEPAN KANDANG

BALUNG BIRD FARM INDRAMAYU

Anakan Ring Merah Antri, Inden Rp 4 Juta

 

 

Dari 20 kandang yang berdiri di pekarangan rumah Udi Balung, di Jl. Mesjid Nurul Iman, Desa Pabean Udik, Indramayu, Jawa Barat, hampir 70% produksi. Materinya pasangan indukan pilihan.

Materi terbaik dan jadi favorit ada pada kandang nomor 2. Itu adalah pasangan terbaik yang dimiliki Balung BF. Jantannya burung jawara bernama Andalan, betina Medan muda hutan.

Kandang unggulan ini sudah menghasilkan anakan dengan kualitas merata. Hingga saat ini kandang Andalas sudah 16 kali produksi. Cukup hebat, rata-rata produksi bisa keluar 3 ekor.

 

INDUKAN DI BALUNG BF. PASANGAN JANTAN JUARA X MUDA HUTAN PILIHAN

 

Jadi, kandang ini sudah menghasilkan sedikitnya 40-an anakan. Sebagian besar anakannya muncul di lapang, yang sudah menyebar di Jaboedetabek dan Jawa.

Untuk membedakan keturunan kandang Andalas ini, kini setiap anakkannya diberi tanda khusus dengan ring berwarna merah.

 

 

Udi menyebutkan jika kandang Andalas antriannya cukup panjang. Jika ingin memiliki trah Andalas, konsumen harus pesan (inden) terlebih dahulu, dengan harga bookingan 4 juta rupiah. “Bahkan saya sendiri tidak kebagian, susah untuk nyimpen anakan Andalas,” ujar Udi.

Sementara untuk anakan dari pasangan indukan lainnya ia patok harga standar, yakni 2,5 juta rupiah. Meski begitu, bukan berarti anakan dari kandang lain tidak bagus.

 

ANAKAN BALUNG BF. SIAP JADI JADI GENERASI PENERUS JAWARA

 

Ini hanya menyesuaikan dengan banyaknya permintaan terhadap kandang Andalas, sehingga wajar jika harganya lebih tinggi.

“Pasangan yang lain juga indukannya bagus, karena masing-masing individu adalah pilihan terbaik, di antaranya dari Medan dan Kota Agung Lampung. Jantan burung kualitas lapang, sedangkan betina muda hutan,” tambah Udi, yang juga eksis di lomba, menurunkan anakan-anakan produk Balung BF sebagai ajang uji coba dan pemantapan.

 

MELOMBAKAN ANAKAN SENDIRI, SUDAH BANYAK YANG MAU TAMPIL DAN JUARA

 

Udi sudah dua tahun merintins Balung BF, dalam sebulan bisa menghasilkan sekitar 15 ekor anakan. Setiap telor yang sudah menetas, seminggu kemudian anakannya diangkat untuk diloloh.

Selama sebulan lebih, anakan tersebut diloloh. Memasuki usia dua bulan, jika pesanan bisa langsung diambil oleh konsumen. Namun jika akan dititipkan atau disekolahkan, anakan usia dua bulan dipindahkan ke kandang kuliar khusus untuk dikarantina. Kandang kuliar ini dikhususkan untuk burung yang akan disiapkan ke lapang.

 

BANYAK PERMINTAAN

Meski termasuk pemain baru di dunia breeding, namun tenyata Udi cukup berhasil menelorkan anakan murai berkualitas.  Terbukti, saat ini banyak permintaan dari luar kota yang menginginkan  anakannya.

Melihat permintaan yang tinggi, Udi kembali membangun kandang baru di halaman belakang rumahnya. Sekarang, jumlah total kandang menjadi 20.

 

KANDANG UMBARAN / KULIAR, MENYIAPKAN BURUNG LOMBA

 

Selain Andalas, indukan unggulan trah juara lainnya, antara lain Rencong, Hung, dan Dewa Ruci. Anakan dari kandang-kandang tersebut juga banyak diincar oleh murai batu mania, baik dalam kota maupun di luar kota. Meski harganya lebih mahal dari yang biasa, namun para penggemar pun rela antri untuk mendapatkannya.

Sebelum masuk ke kandang ternak, Andalas, Rencong, Hung, dan Dewa Ruci adalah burung mapan dan bekelas dengan segudang prestasi. Andalas misalnya, memiliki lagu mewah yang berisikan celilinan dan cucak jenggot dengan gaya ngeplay dan volume keras.

Begitu pun dengan Rencong, Hung, dan Dewa Ruci jika tampil di lapangan lagu yang dibawakannya selalu menonjol.

 

KANDANG KHUSUS UNTUK LOLOHAN

 

“Kini, keistimewaan-keistimewaan tersebut menurun kepada anak-anaknya. Kualitasnya merata. Generasi Andalas banyak yang moncer di lomba,” ujar Udi, yang bersama kicaumania Indramayu bersatu siap menggelar event bergengsi bertajuk “Indramayu Remaja Tiga Cup”, di Waduk Bojongsari (Hutan Kota) Indramayu, Minggu (29/5).

 

BALUNG BIRD FARM

Jl. Mesjid Nurul Iman, Desa Pabean Udik Indramayu, Jawa Barat. Contact Person: Udi Balung     087829296888

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp