KOMUNITAS KENARI SOLO RAYA. SUKSES JADIKAN BALEKAMBANG LAUTAN KENARI

BALEKAMBANG KUMANDANG #4

Sukses Jadikan Solo Raya Lautan Kenari, Ini Lho Peran Komunitas Dalam Even Besar

Tidak mudah mendatangkan dan menjaga soliditas komunitas dalam sebuah gelaran bergengsi. Berhasil menjadikan Taman Balekambang lautan kenari, begini cara komunitas mengkondisikan dan meramaikan gelaran.

Penuh dan ramainya dua kelas kenari komunitas di Balekambang Kumandang menjadi bukti betapa solid dan kompaknya kenarimania Solo Raya. Tak hanya didominasi oleh pemain-pemain Solo, sesi komunitas juga diikuti oleh kenarimania Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar bahkan Sragen.

 

 

FAUZI FRESHMIX. SUKSES GANDENG KOMUNITAS

 

“Kelas komunitas ini memang kita khususkan untuk kenari-kenari Solo Raya (eks karesidenan Surakarta). Dari awal pemesanan, kita sudah data siapa-siapa saja yang mau turun. Sebagian besar juga pakai t-shirt komunitas, jadi kalau ada pemain non komunitas yang ikut langsung ketahuan,” jelas Jeffry, koordinator komunitas kenari di gelaran kali ini.

Meski tak bisa menutupi kemungkinan burung nasional yang akan dibawa oleh peserta, Jeffry mengaku justru ini tantangan tersendiri bagi anggota komunitas. “Kalau kita mau tumbuh dan besar bareng, ndak boleh curang dong. Kan nanti ketahuan siapa yang bawa,” lanjutnya.

 

COSTA MENANG DI KELAS KOMUNITAS DAN UMUM

 

Keluarnya Costa milik MH Kecil / M89 Canary yang memperkuat Kambing Hitam SF sebagai pemenang di kelas Kenari Standar Allsize Komunitas Salam Lestari A memang sempat membuat pergunjingan diantara anggota. Secara kualitas dan kinerja, mereka mengakui kalau Costa memang layak dan mempunyai level lebih tinggi dibanding gaco-gaco lain.

Setelah sukses di Solo Vaganza Cup 2 dan Presiden Cup V beberapa pekan lalu, bisa dibilang Costa telah naik kasta jadi kenari nasional dan sebaiknya tidak turun di kelas komunitas. “Kebetulan Costa ini sudah pesan jauh hari, yang megang juga kita kenal. Biar sama-sama enak, Aku negosiasi buat main sekali saja, nggak enak sama temen-temen lain,” tandasnya.

 

 

Meski team Costa yang lain memaksa untuk turun, Jeffry secara tegas menolak dan mengatakan apabila alamat kenari yang turun di kelas komunitas akan dibuat sama. Meskipun dilarang naik di kelas B, Costa berhasil membuktikan kualitasnya sebagai kenari papan atas dengan meraih kemenangan nyeri setelah menduduki podium puncak di kelas Standar Allsize Salam Lestari.

Ketegasan komunitas kenari untuk menjaga kesolidan dan kekompakan anggota di gelaran kali ini layak diacungi jempol. Selain jadi ajang kopdar dan silaturahmi, metode ini bisa merangsang pemain-pemain pemula dan lokal untuk turun di even-even besar.

 

BABRIX TEAM. JAJAL ATMOSFER LOMBA BESAR

 

Babrix Team misalnya, pemain kenari asal Cemani yang mengaku puas bisa berpartisipasi dan bertemu dengan pemain-pemain lain dari berbagai kota. “Kalau di even-even besar kayak gini, kita nggak hanya adu gaco, kita bangun jaringan sekaligus tukar pikiran dengan pemain-pemain lain soal perawatan dan settingan kenari, bisa dibilang curi-curi ilmu dari yang lebih senior,” ujarnya.

Lain halnya dengan Hengky yang di lomba kali ini berhasil menempatkan Cooler, amunisi andalannya di urutan kedua kelas Komunitas A. “Bisa bawa pulang tropi Balekambang Kumandang itu rasanya bangga sekali, apalagi musuhnya juga nggak main-main. Ini jadi bukti kalau Cooler memiliki materi dan kualitas mumpuni,” ungkapnya.

 

HENGKY RAYA CELL. COOLER RAIH POSISI RUNNER UP KELAS KOMUNITAS

 

Selain di Balekambang Kumandang, punggawa Raya Cell ini mengakui kalau kelas kenari memang mulai tumbuh di beberapa gantangan. “Untuk Solo Raya sendiri saat ini yang lumayan kuat di Solo Baru sama Colomadu. Kalau pas datang semua bisa full gantangan, biasanya sih lebih dari 25 peserta,” ujarnya.

Penuh dan ramainya kelas kenari komunitas di Balekambang Kumandang menjadi bukti kalau Fauzi Solo sangat jeli dalam menggandeng komunitas. Setelah komunitas kacer di Piala Walikota Solo 2, komunitas kenari di Balekambang Kumandang, kita tunggu saja komunitas apa lagi yang akan digandeng di gelaran PBI selanjutnya.

KATA KUNCI: balekambang kumandang costa cooler

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp