BEWOK DAN BRANJANGAN TUK UMBUL, KERAP JUARA LANJUT ANNIV KHI

ANNIVERSARY KE-6 PENY JAYA YOGYAKARTA, #1

Branjangan Tuk Umbul Unjuk Kebolehan

Banyak kicaumania luar kota merapat ke gantangan Peny Jaya Yogyakarta, Minggu 13 Juni 2021. Hari itu memang ada gelaran spesial dalam rangka Anniversary yang ke-6. Kemasan pun dibuat mewah, demikian pula dengan tropinya.

Para kicaumania dari Jogja dan sekitarnya pun tak mau ketinggalan, termasuk para branjesmania yang tergabung dalanm Komunitas Branjangan Jogja Istimewa (KBJI). Salah satunya adalah Bewok, branjes yang sehari-harinya mengelola kios burung di jalan utama Prambanan – Cangkringan, sebelum Tugu Watu Selomartani.

 

 

Andalan Bewok dalam mendulang poin adalan branjangan jenis Parva yang ia beri nama Tuk Umbul. “Kemarin Tuk umbul kita turunkan baik di kelas Parva maupun Campuran. Alhamdulillah, di kelas Parva nyantol juara 2 dan 3. Di kelas Campuran dapat apresiasi mauk ke-5,” ujar Bewok.

Tul Umbul sudah lumayan jam terbangnya, kerap masuk papan atas di berbagai lomba. Beberapa di antaranya saat turun di RGN Kulonprogo, KHI, hingga di Taman Kuliner. “Sudah banyak tropinya, tidak hapal,” tambahnya.

 

 

Bewok dan kawan-kawan branjes senusantara rupanya sudah bersiap untuk kembali berkumpul satu titik di  gantanghan New Gawanan, Colomadu, Solo Raya. (update terakhir, kelas branjangan di Anniversary KHI Istimewa tidak jadi).

Di sini, ada 8 kelas branjangan dengan tiket 30 ribu sampai 70 ribu. Kelas Campuran main 4 kali, kelas Parva juga dimainkan 4 kali. "Teman branjangan baik dari Jogja maupun kota-kota lain bakal merapat ke sini semua," jelas Bewok lagi.

 

 

Para calon peserta Anniversary KHI Istimewa yang sudah memesan dan mengamankan tiketnya, akan dikirimi pesan secara japri oleh panitia update informasi, seperti tentang pengambilan tiket, juga share lokasi lomba untuk menuntun rute menuju titik lokasi.

Dalam dunia burung, Bewok sesungguhnya bukan anak kemarin sore. “Dulu sewaktu merantau di Jakarta, tepatnya seputar Tanjung Priok, juga sudah mainan burung. Dulu mainnya murai batu. Saya awal-awal di sini merawat cukup banyak murai batu, tropi juga banyak sekali,” terangnya.

 

 

Demikian pula urusan jual beli burung, Bewok yang asli Imogiri pun sejak kecil sudah tumbuh di lingkungan yang banyak dari masyarakatnya adalah bakul burung. Banyak penduduk di kampungnya yang mobilitasnya sangat tinggi dalam melakukan aktivitas jual beli burung. Tak hanya di Jawa saja, tapi jua meluas hingga luar pulau.

Kios burung milik Bewok termasuk ramai. Banyak dipilih untuk belanja kebutuhan  hobi burung, antara lain karena barangnya lengkap. “Di sini apa-apa ada. Yang di tempat lain kosong pada saat tertentu, misalnya kroto, di sini hampir selalu ada, tidak pernah kosong,” ujar salah satu pelanggannya.

 

TWISTER BUBUR, cocok untuk meloloh piyik/baby burung pemakan bijian termasuk branjangan. Para breeder burung ocehan juga banyak yang cocok menggunakan TWISTER TROTOLAN. Selepas masa loloh/trotol, banyak yang mengaku cocok menggunakan Twister GoldSeaweed, atau Anti Stress.

Beli dan terus berikan TWISTER yang cucuk untuk burungmu, untungnya dobel-dobel. Untuk piyik lebih sehat dan cepat besar serta tidak mudah mati, untuk yang sudah mulai remaja sampai dewasa lebih sehat dan lebih gacor dengan suara lebih keras dan bening. Dapatkan ratusan voucher/kupon hadiah langsung tanpa diundi, seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku untuk pembelian 1 Januari – 31 Desember 2021.

 

Tak semata jadi tempat membeli kebutuhan hobi burung, kios Bewok juga jadi tempat kumpul dan ngobrol para kicaumania di kawasan Jogja timur. Kalau sore sampai malam banyak yang kumpul di sini. Ada yang sambil beli kebutuhan terus lanjut ngobrol, ada juga yang datang semata buat ngobrol, ya semacam diskusi, tukar pengalaman dan informasi.

"Selain di sini barangnya lengkap, Bewok juga ramah dan selalu hangat menyambut kehadiran kita, selalu ringan mengeluarkan teh, kopi, dan camilannya,” kata Nanang, salah satu kicaumania yang kerap ngobrol di tempat Bewok. [maltimbus]

 

JUARA ANNIVERSARY KE-6 PENY JAYA, KLIK DI SINI

BROSUR DAN JADWAL TERBARU ANNIVERSARY KHI ISTIMEWA, KLIK DI SINI

BROSUR KONTES NEW GAWANAN ( 8 KELAS BRANJANGAN), KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: anniversary ke-6 peny jaya yogyakarta tuk umbul bewok bf

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp