SEBAGIAN PUNGGAWA KCS, BERTEKAD BULAT MAJUKAN CENDET

ANNIVERSARY KCS (KOMUNITAS CENDET SLEMAN)

Gelar Syukuran, Potong Tumpeng dan Dangdutan

Puluhan penggemar cendet yang tergabung KCS (Komunitas Cendet Sleman) berkumpul di BTS (Bengkel Tengah Sawah), Jumat 24 Februari 2023.  Ini adalah salah satu lokasi milik Hendri Gondrex yang terletak  di tengah sawah.

Mereka hadir dalam rangka merayakan ulang tahun KCS, yang didirikan satu tahun lalu. Acara dimulai jam 19.00, diawali sambutan oleh ketua KCS Arfan Arie. Dilanjutkan doa bersama yang dipimpin Jamal salah satu anggota KCS.

 

 

Berikutnya, ada pemotongan tumpeng oleh Arfan Arie, kemudian diserahkan kepada Hendri Gondrex yang kebetulan sedang berulang tahun ke- 25. “Alhamdulillah malam ini kita syukuran, KCS sudah berjalan satu tahun. Kebetulan salah satu anggota kita, Gondrex, juga berulang tahun. Potongan tumpeng kita kasih saja kepada Godrex,” jelas Arfan Arie yang sehari-hari berdinas di Polsek Kalasan.

Suasana benar-benar terlihat makin akrab dan penuh nuansa kekeluargaan. Mereka menikamati makanan tumpeng bersama, yang beralaskan daun pisang. Di usianya yang baru satu tahun, KCS rupanya sudah mampu mengikat persaudaran yang cukup erat.

 

PEMOTONGAN TUMPENG, ARFAN ARIE SERAHKAN KEPADA GONDREX

 

Selama ini, rutin setiap satu bulan sekali mereka mengadakan kopdar kumpul bersama. Sambil ngobrol santai, membahas beragam permasalahan perburungan, khususnya cendet. Mereka saling berbagi pengalaman, mulai cara merawat harian, hingga seting di lapangan.

“Sekaligus juga membahas kalau ada udangan dari EO. Tiap anggota ada iuran 10 ribu buat kas, digunakan sebagai dana sosial misalnya misal ada anggota yang terkena musibah, bisa membantu untuk meringantkan,” imbuh Arfan.

 

 

 

Saat ini anggota KCS 89 peserta. Malam menerima anggota, KCS cukup selektif, ada proses penyaringan. Dipilih yang benar-benar pemain cendet yang serius, tidak sekedar ikut-ikutan atau nimbrung.

Latar belakang terbentuknya KCS, karena keprihatinan melihat situasi kelas cendet khususnya di Sleman yang dari hari ke hari semakin sepi. Di Latber atau Latpres, pesertanya di bawah 10.

 

GUYUP, MAKAN KEMBUL  BERSAMA

 

Padahal cendet salah satu burung legendaris, pernah berjaya dan begitu bergensi pada masanya. Setelah berdiri KCS, dampaknya pun mulai terasa. Bila EO membuka kelas cendet pesertanya cukup ramai.

Mereka pun sudah bertekad bulat ingin kembali mengangkat pamor cendet seperti dulu. Setiap EO di Sleman bila membuka kelas cendet, KCS siap meramaikan. KCS kini juga sudah mengagendakan akan turun full di gelaran Cendeters Bantul dalam waktu dekat ini.

 

 

 

Berdirinya KCS memang sudah terbukti sangat berdampak positif bagi eksistensi cendet. Kini hampir setiap gantangan di wilayah Sleman bila membuka kelas Cendet, pesertanya selalu menggeliat.

Aan, pemain cendet lawas mengaku, sempat vakum main cendet 10 tahun, karena pesertanya sepi. Ia sempat beralih main murai batu dan kacer. Begitu ada KCA, dirinya pun langung masuk menjadi anggota. Sekarang kembali main cendet, selain murai batu dan kacer.

 

DANGDUTAN, JAMAL ANGGOTA KCS DUET BERSAMA BIDUAN

 

“Alhamdulillah, adanya KCS, cendet sekarang mulai ramai lagi,” terang Aan kepada burungnews.

Pemain lawas lainnya. Cak Safiri, juga menceritakan kenangannya. Bila dulu gantangan yang buka cendet hanya Sengkan dan Singosaren. Sekarang dengan adanya KCS, cendet mulai ramai lagi. Alhamdulillah banyak gantangan juga yang sekrang buka kelas Cendet.”

Terdekat event yang akan membuka kelas cendet di wilayah Sleman adalah event Super Semar Cup V, Minggu 12 Maret 2023 di gantangan Krajan. Panitia menyiapkan 3 kelas/sesi, yaitu Zeus A-B tiket 80 ribu dan Rampok 50 ribu rupiah.

Menurut Bay Saputra dari Gantangan Krajan, secara sistem penilaian dan skema hadiah masih sama dengan di gelaran Krajan sebelumnya (Anniversary), hanya pada penilaian akan lebih disempurnakan dengan tambahan waktu pantauan atau banding-banding bebas sebelum juri memutuskan ajuan dan koncer. [busro]

 

BROSUR SUPER SEMAR CUP V:

 

JADWAL OMBA SUPER  SEMAR CUP V:

 

KATA KUNCI: kcs komunitas cendet sleman arfan arie lomba lokal jogja super semar cup v bay saputra

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp