PANITIA DAN JURI ANNIVERSARY BBC KLATEN

ANNIVERSARY BBC FANTASTIC 4 KLATEN

CH Petruk Hatrik, MB Samudono dan Raja Sakti Naik Podium, Pastol Cheetoz Sapu Bersih Gelar Juara

Cucak hijau Petruk keluar sebagai bintang lapangan di Anniversary BBC Fantastic 4 Klaten setelah meraih tiga kali juara pertama alias hatrik. Nama lain yang menjadi bintang di even kali ini adalah pastol Cheetoz yang berhasil sapu bersih gelar juara.

Anniversary BBC Fantastic 4 yang digelar pada Minggu, 5 Februari 2023 di Gantangan BBC Belang Wetan, Klaten berjalan ramai dan kondusif. Antusiasme kicau mania Klaten dan sekitarnya untuk mengikuti even kali ini terlihat dari ramai dan penuhnya kelas-kelas komunitas seperti Murai Batu Akaratu, Kenari Klaten Bersinar, Kenari Ghoib, Cucak Hijau Suka Suka, dan Love Bird LKB.

 

 

DUTA BALEMUNGGUR. CH PETRUK MENANG HATRIK

 

Salah satu bintang lapangan di even kali ini adalah Petruk, amunisi milik Herdi RGN yang berhasil meraih tiga kali juara pertama alias hatrik. Dengan senjata andalan materi lagu panjang dan dahsyat, Petruk tak terbendung oleh lawan-lawannya dan mampu meluluhkan hati juri dengan performanya yang stabil dan konsisten.

Keberhasilan Petruk memborong juara ini sontak mendapatkan sanjungan dari kolega-koleganya di RGN Klaten seperti Agus Jabrik, Ichsan, dan lain-lain. Dalam kesempatan ini, mereka meminta Herdi memakai alamat Duta Balemunggur. Sebagaimana kita ketahui bersama, Balemunggur merupakan tempat latihan RGN Klaten saat ini.

 

DANANG SRC TUNAS JAYA. CH AJI SAKA JUARA KELAS CUCAK HIJAU SUKA SUKA

 

Di kelas Cucak Hijau Suka Suka yang terisi penuh peserta (full gantangan), Aji Saka milik Mr. Danang SRC Tunas Jaya berhasil meraih podium pertama diikuti oleh Bahar (Top-X) dan Roger (Sandika). Pencapaian ini tentu terasa membanggakan mengingat menyisihkan 59 gaco lain adalah sesuatu yang tak mudah.

“Alhamdulillah, Aji Saka masih mau nampil di Anniversary BBC Klaten. Rasanya senang sekaligus bangga, apalagi tadi kelas Cucak Hijau Suka Suka full gantangan. Kalau mainnya bisa seperti tadi, sebenarnya aku pingin main ke even regional seperti Solo Kota Budaya,” ungkapnya.

 

RJT PUTRA GROUP. MB VRZ RUNNER UP KELAS MURAI BATU PASEDULURAN

 

Diikuti oleh gaco-gaco papan atas dari berbagai kota, laga kelas utama Murai Batu Paseduluran hadirkan pertarungan seru dan berkelas. Berikan perlawanan pada Ferrari (Bedjo SF), murai batu VRZ milik Wisnu Yudho RJT Putra Group berhasil menduduki posisi runner up.

Meski belum menjadi yang terbaik, hasil ini merupakan bukti kalau VRZ merupakan salah satu gaco yang sedang on fire dan harus diperhitungkan. Sebelum even ini, VRZ telah menorehkan prestasi di Launching Semar Independent Gawanan dan Navi Cup I Magetan. Secara kualitas, VRZ berani diadu dengan burung mapan langganan juara. Di kelas Murai Batu Pastol, RJT Putra Group juga berhasil menempatkan Gazelle Jr di peringkat ketiga.

 

KRESNO PUTRO SF. MB SAMUDONO COMEBACK

 

Turun perdana setelah mabung, murai batu Samudono milik P. Irul Kresno Putro SF akhirnya dinobatkan sebagai pemenang di kelas Murai Batu Anniversary 24G setelah menang tos dari Raja Sakti. Meski masih dorong ekor, tembakan panjang yang berulang kali dilesatkan oleh Samudono ternyata mampu mencuri perhatian juri.

“Samudono ini sebenarnya masih dorong ekor, sebenarnya agak dipaksakan. Nggak nyangka malah mau kerja maksimal. Pukulan panjangnya keluar, mainnya juga lumayan rapat. Kalau ada namparnya ya wajar to, namanya juga burung petarung. Kalau melihat dari hasil lomba kali ini, jadi semangat lagi untuk turun gunung,” tandasnya.

 

ONE SIS. MB RAJA SAKTI JUARA 1 DAN 2

 

Kurang beruntung di kelas Murai Batu Anniversary, kinerja maksimal kembali ditunjukkan oleh Raja Sakti milik One Sis di kelas Murai Batu BBC. Tampil mencolok dengan membawakan materi lagu variatif, murai batu ekor putih ini berhasil meluluhkan hati juri dengan durasi kerja nutup dari awal sampai akhir.

“Raja Sakti ini burungnya konslet, mbawa lagunya nerus dan gonta-ganti. Kalau sudah ndangak-ndangak, Raja Sakti biasanya bawain lagu kecil-kecil terus disambung dengan tembakan, jeda bentar langsung lagu kecil-kecil lagi. Kayak nggak punya capek,” terangnya.

 

MANDIRI SAKTI. MB ESSE JUARA KELAS MURAI BATU AKARATU

 

Suasana berbeda tersaji di kelas Murai Batu Akaratu yang mana dari 24 peserta semuanya menggunakan sangkar seragam. Meski baru pertama kali diuji coba, penggunaan sangkar seragam ini diharapkan dapat menghadirkan sebuah lomba dan penjurian yang berdasarkan kerja burung di lapangan.

Kinerja menjanjikan yang ditunjukkan oleh Esse di kelas Murai Batu Akaratu berhasil mengantarkan gaco milik Mandiri Sakti ini keluar sebagai pemenang. Dengan materi lagu yang lumayan variatif, Esse tampak mencolok dibandingkan rival-rivalnya karena kinerjanya yang nerus dan rapi.

 

BOS GIMBAL. MB PAKU MAS RAIH PREDIKAT MURAI BATU TERBAIK

 

Paku Mas, amunisi milik Bos Gimbal akhirnya dinobatkan sebagai murai batu terbaik setelah meraih poin tertinggi di akhir lomba. Setelah finish di posisi ketiga di kelas Murai Batu Anniversary, Paku Mas berhasil menambah poin setelah menduduki peringkat kedua Murai Batu BBC dan peringkat pertama Murai Batu Ebod Jaya.

Dibukanya kelas Murai Batu Pastol di event kali ini mendapatkan sambutan positif dari murai batu mania dari dalam dan luar kota. Cheetoz, gaco milik Theo Snack keluar sebagai bintang lapangan di kelas pastol dengan sapu bersih semua gelar juara.

 

THEO SNACK. PASTOL CHEETOZ CETAK DOUBLE WINNER

 

Meski masih pastol, Cheetoz langsung mencuri perhatian dan jadi tontonan dengan kinerjanya yang bisa dikatakan istimewa. Materi yang dibawakan gonta-ganti, power dan suaranya pun lumayan jelas, apalagi ditunjang dengan gaya tarung sujud menekan lawan tentu menjadi nilai plus.

Meski baru dimainkan beberapa kali, Theo mengakui sudah ada beberapa penawaran yang masuk untuk meminang Cheetoz tapi masih belum ketemu harga. Kehadiran Cheetoz dengan segala keistimewaannya ini tentu akan membuat pemain lain berlomba-lomba dalam mencetak pastol yang lebih berkualitas.

 

PEDET. KENARI SERDADU RAIH PREDIKAT KENARI STANDAR KECIL TERBAIK

 

Di akhir perlombaan, panitia mengumumkan burung terbaik untuk kelas murai batu, cucak hijau, kenari standar kecil dan kenari standar bebas. Predikat murai batu terbaik didapatkan oleh Paku Mas milik Bos Gimbal. Cucak Hijau Terbaik diraih oleh Petruk, amunisi milik Herdi RGN.

Serdadu, gaco milik Pedet Boyolali Canaries berhasil meraih predikat kenari standar kecil terbaik setelah meraih juara pertama dan kelima. Tampil ngedur, ngawet, dan goyang, Serdadu berhasil mengamankan podium pertama di kelas Kenari Standar Kecil Miltih. Bonex, amunisi milik H. Haris keluar sebagai kenari standar bebas terbaik setelah meraih juara pertama dan kedua.

 

H. HARIS. KENARI BONEX RAIH PREDIKAT KENARI STANDAR BEBAS TERBAIK

 

Mewakili seluruh juri dan panitia, Iput Tipeng mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran peserta di Anniversary BBC Fantastic 4. “Terima kasih atas kehadiran kawan-kawan semua, mohon maaf apabila ada kekurangan, sampai jumpa di even-even BBC selanjutnya,” pungkasnya. [asept]

 

SUASANA LOMBA CUCAK HIJAU SUKA SUKA

 

SANGKAR SERAGAM DI KELAS MURAI BATU AKARATU

 

KOMUNITAS AKARATU

 

KOMUNITAS KENARI GOIB

 

KOMUNITAS LKB

 

 

 

BROSUR SOLO KOTA BUDAYA:

 

KATA KUNCI: bbc

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp