ABUY DENGAN KANDANG BREEDINGNYA

ABUY KY BF BANDUNG

Rahasia Hasilkan Anakan Love Bird Warna Sekaligus Ngekek Durasi

Belakangan ini, banyak sekali pertanyaan yang ditujukan kepada Abuy, seorang Breeder Love Bird dari Bandung. Pasalnya, ia mampu menghasilkan love bird warna seperti Parblue, Euwing, dan lainnya tetapi juga bisa ngekek panjang hingga merebut juara.

Abuy, kicaumania asal Bandung pemilik ring KY BF memulai breeding sejak  tahun 2008.  Fokusnya sebenarnya lebih pada jenis warna lutino. Namun karena hasilnya kurang memuaskan, Abuy beralih ke trah ngekek sejak 2015. Indukan pertama dipilih dari love bird juara yang sering menang lomba di lapang, dan memiliki trah ngekek.

“Pertama saya sangat tertarik dengan love bird ngekek ketika liat ke gantangan lomba. Akhirnya love bird juara itu saya beli dengan harga dua juta rupiah. Itulah indukan pertama dari jenis ngekek yang saya miliki.”

 

INDUKAN TRAH NGEKEK EKS LAPANGAN

 

 

Love bird itu pun langsung diternakkan. Setelah menunggu sampai menetas, Abuy juga belajarr teknik perawatan mulai dari peracikan pakan lolohan hingga pemasteran.  “Akhirnya saya bisa mendapatkan anakan love bird yang mampu ngekek, meskipun usianya masih 2-3 bulan,” jelas Abuy.

Pada tahun 2016, ia kembali membeli sepasang love bird warna. Abuy mencoba berfikir, apakah love bird warna bisa ngekek di gantangan.Ternyata tidak bisa.

“Saya kembali berfikir, bagaimana jika love bird warna tersebut saya silangkan dengan love bird trah ngekek yang sudah saya miliki. Akhirnya kini saya pun bisa menghasilkan love bird warna durasi panjang yang terdiri dari jenis parblue, euwing, gs, bs, albino, batman, mouve, dan lain lain,” imbuhnya.

 

 

Namun menurut Abuy keberhasilannya mencetak love bird warna sekaligus juga mau ngekek panjang ditentukan banyak faktor. Selain masalah pemilihan indukan berkualitas trah ngekek, yang perlu diperhatikan adalah masalah pola rawatan lolohan dan racikan pakan lolohan.

“Anakan love bird mulai diambil dari indukannya sejak usia 2 minggu dari awal menetas . Hal itu dimaksudkan supaya memiliki sistem imun yang bagus lewat air liur indukannya. Jika diambil kurang dari dua minggu,  kurang bagus daya tahan tubuhnya,” jelasnya.

Proses berikutnya adalah pelolohan, yang dilakukan setiap 5 jam sekali  atau 4 kali sehari, dimulai dari jam 6 pagi. Sejak usia 2 minggu sudah mulai dimaster dengan menggunakan MP3 atau dengan masteran yang lainnya.

 

PEMBERIAN RACIKAN PAKAN UNTUK LOLOHAN LOVE BIRD USIA 2 MINGGU

 

Setelah diloloh sampai usia 2-3 bulan, kemudian mulai dikoloni dan diberi pakan racikan sendiri. Setelah belajar makan sendiri dengan milet putih, mulailah dijemur tiap pagi, sembari diberi tempat air supaya love bird bisa mandi sendiri. Abuy juga memiliki racikan khusus buatan sendiri baik itu untuk pakan lolohan, pakan paud, maupun vitamin untuk breeding.

Dengan pemasteran yang rutin, akan diketahui mana burung yang ngekek dan tidak. Kemudian dipisah-pisah ke dalam kandang soliter. Abuy lebih memilih menggunakan kandang soliter dibanding sistem koloni untuk tempat hasil breedingnya. Hal ini untuk antisipasi bila salah satu ada yang sakit, seperti saat cuaca tidak mendukung.

Penggunaan sangkar soliter juga memudahkan pengambilan. Setelah love bird dijodohkan dengan memperhatikan kualitas burungnya, akhirnya love bird beserta pasangannya ditempatkan di kandang soliter.

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan Abuy, bisa merapat ke jalan Cipedes Tengah nomor 23 Bandung, dengan terlebih dahulu menghubungi 082216433678.

 

 

PEMBERIAN PAKAN LOLOHAN DARI DEKAT

 

 

ANAKAN USIA 2 MINGGU

 

Pastikan gaco Anda selalu dalam kondisi terbaik. Berikan Moncer1, asupan paten para juara. Dari Super Kicau Grup yang terpercaya.

 

ANAKAN USIA 2-3 BULAN DIMASUKKAN KOLONI

 

ANAKAN GS USIA 2-3 BULAN

 

 

ANAKAN EUWING VIO DAN PB USIA 3 BULAN

 

ANAKAN LB EUWING VIO USIA 3 BULAN

KATA KUNCI: euwing vio abuy kandang soliter kandang koloni

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp